Nikolas Mario

IT dan Bisnis

Posted: September 10th 2012

Pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informatika pertemuan kedua ini membahas tentang kegunaan IT dalam bisnis. Di mana pada jaman sekarang IT sangat berguna dan dibutuhkan dalam kehidupan berbisnis. Dalam berbisnis, terdapat banyak masalah yang dihadapi seperti perkembangan global yang sangat cepat dan persaingan yang sangat ketat. Di sinilah IT dapat menjadi keuntungan yang besar dalam berbisnis, dan IT tidak jarang menjadi satu-satunya solusi yang ada untuk meningkatkan presentase keberhasilan suatu usaha.

Saya mengambil contoh yang sederhana misalnya penjual sayur atau daging keliling yang biasa nya kita temui pada pagi hari. Hal ini kurang efektif karena sang penjual tidak mengetahui apakah dagangannya akan laku atau tidak. Maka dalam hal ini IT dapat membantunya dengan menggunakan Handphone, penjual dapat memberikan nomor handphonenya pada setiap orang yang mau membeli dagangannya. Hal ini memudahkan bagi penjual mengetahui pesanan pelanggannya dan memudahkan pembeli sekalipun karena mereka dapat menghubungi penjual tersebut jika ingin membeli.

IT di jaman sekarang sangat bermanfaat dan saya kira perlu kita pelajari. Kita dapat mengakses hampir semuanya dengan internet, transaksi lebih mudah, bekerja lebih cepat, informasi yang sangat luas dapat dengan mudah diperoleh. Untuk itu agar mengoptimalkan kegunaan IT kita perlu mempelajarinya lebih dalam. Dengan mencari informasi, pengalaman dan pengertian serta strategi bagaimana IT digunakan dalam bisnis, kita akan mendapatkan ilmu yang sangat berharga yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer merupakan hasil perkembangan IT yang pada saat ini hampir di miliki semua orang di dunia. Komputer berdasarkan sistem informasi terdiri dari hardware, software, data, dan membutuhkan manusia untuk mengoperasikannya dengan baik. Maka komputer akan menghasilkan informasi berkualitas yang berguna bagi masyarakat. Komponen perangkat keras(hardware) dari komputer antara lain input, proses, output, storage, network. Komponen perangkat lunak(software) dari komputer terdiri dari aplikasi software, system software, GUI. Beberapa kategori komputer mencakup personal computer, mobile computer and mobile device, midrange server, mainframe computer, supercomputer.

Yang membuat infomasi sangat berguna antara lain akurat, lengkap, fleksibel, dapat dipercaya, bersangkutan, tepat waktu, dapat dibuktikan, dapat diakses, dan aman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php