Kehidupan Mahasiswa

Polda Tetapkan 3 Mahasiswa Tersangka Kerusuhan Demo

Polda DIY mengambil keputusan tiga orang peserta tindakan dimuka universitas Kampus Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang selesai dengan kerusuhan serta pembakaran pos polisi di dekat tindakan jadi tersangka. Penetapan ini, hasil pengembangan kontrol 69 peserta tindakan (59 lelaki serta 10 wanita) yang terlebih dulu diamankan Polda DIY.

Namun demikian, tidak tutup peluang jumlah peserta tindakan masih tetap selalu jadi bertambah. Sebab petugas masih tetap lakukan pengembangan kontrol. Baik tersangka ataupun peserta tindakan yang diamankan sampai saat ini masih tetap ditahan di Mapolda DIY. Untuk kebutuhan itu, Polda DIY juga mengamankan tanda bukti yang diketemukan di lapangan, seperti bom molotov, spanduk, batu serta tongkat.

Baca juga: Biaya Kuliah UNIKOM

” Dari hasil pengembangan penyelidikan dari 69 peserta tindakan yang diamankan, 3 orang diputuskan jadi tersangka, ” kata Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri masalah perubahan penyelidikan masalah kerusuhan tindakan dimuka universitas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selasa (1/5/2018) di Mapolda setempat, Rabu (2/5/2018).

Dofiri menerangkan 3 peserta tindakan yang diputuskan jadi tersangka itu ada yang bertindak jadi provokator, pelempar molotov serta mengakibatkan kerusakan fasiliras umum. Hal tersebut di ketahui dari video waktu mereka lakukan tindakan.

Dari pengembangan penyelidikan juga di ketahui tindakan itu juga telah disiapkan terlebih dulu, baik yang menyangkut dengan provokasi, perlengkapan, seperti molotov, batu, petungan, solar, termasuk juga skenario tindakan itu berbuntut chaos. ” Karenanya kami juga akan mengusut selesai serta siapa saja yang ikut serta juga akan ditindak tegas, ” kata bekas Kapolda Banten ini.

Terutama tindakan itu juga sudah melenceng dari tindakan awal, yakni tuntutan hari buruh internasional (may day) 1 Mei. Dapat dibuktikan yang di sampaikan problem beda, termasuk juga provokatif yang punya potensi menyebabkan bentrok antar massa serta gesekan antar daerah dan tidak sepengetahuan universitas serta pemberitahuan pada polisi.

Baca juga: Biaya Kuliah Telkom University

” Karenanya, saya terima kasih pada orang-orang yg tidak terpancing tindakan itu serta memercayakan pada polisi, ” katanya.

Direktur reserse kriminil umum (Dir reskrimum) Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo memberikan tiga tersangka, itu yakni, MC, asal NTT serta MI, asal Kalimantan barat keduanya mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan AM asal Bandung mahasiswa Kampus Sanata Darma (Sadar).

Dari ke-3 tersangka ini MC di ketahui jadi koordinator umum (kordum) tindakan. ” Mereka dijerat dengan pasal 160, 187, 170 serta 406 KUHP dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara. Karenanya mereka kami tahan, ” ujarnya.

Blog Terbaru

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php