Kehidupan Mahasiswa

164 Peserta Ikuti Tes Khusus CPNS SM3T di Unnes

Sekurang-kurangnya 164 peserta yang adalah alumni program Sarjana Mendidik di Daerah Paling depan, Terluar, serta Ketinggalan (SM3T) ikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kampus Negeri Semarang (Unnes).

Keseluruhnya peserta yang ikuti tes itu dibagi ke empat shift yang diselenggarakan saat dua hari, yaitu mulai Senin-Selasa (19-20/1) di laboratorium Tubuh Peningkatan Tehnologi Info serta Komunikasi (BPTIK) Unnes. Di hari pertama, peserta yang ikuti tes adalah alumni SM3T dari semua jurusan, sedang hari ke-2 peserta yang ikuti adalah alumni yang datang dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Basic (PGSD).

Baca juga: Biaya Kuliah IKJPendaftaran IKJ

“Secara nasional ada 1. 000 konstruksi yang disiapkan. Ini adalah terobosan Kemendikbud pada Kemenpan karena sampai kini, di masa otonomi daerah (pengangkatan PNS) ada di kewenangan bupati serta wali kota masing- masing (saja), ” kata Kepala Pusat Peningkatan Pendidikan Profesi Guru Unnes Ngagiyanto tempo hari.

Ngagiyanto mengatakan, spesial untuk daerah 3T Kemenpan membagikan pengangkatan spesial serta dikerjakan tes dengan terpusat dan dikelola secara langsung oleh Kemenpan ataupun Kemendikbud. “Nanti yang lolos baru diletakkan di daerah 3T sama dengan pilihan mereka. Jadi, mereka yang turut tes itu, telah pilih serta telah memastikan akan diletakkan di daerah mana. Biasanya mereka ingin diletakkan di daerah dahulu waktu mengabdi di 3Tnya, ” tuturnya.

Pihaknya menyongsong baik dengan pelaksanaan tes itu. Hal tersebut menjadi bentuk perhatian pemerintah pada mereka yang telah bertahun tahun mengabdi di lokasi terpencil saat ikuti program SM3T. “Jika mereka mendapatkan perhatian spesial, saya duga lumrah. Untuk tes ini sendiri, sebetulnya ada 17 LPTK yang ditunjuk menjadi tempat tes termasuk juga Unnes, ” tuturnya.

Baca juga: Biaya Kuliah ATMIPendaftaran ATMI

Tes itu, lanjut dia, sebetulnya cuma untuk menolong Kemendikbud serta Kemenpan untuk melakukan tes Computer Assisted Test (CAT), yaitu tes untuk mengambil CPNS yang dikerjakan dengan on-line.

“Karena jadi pegawai negeri saat ini kan mesti meniti prosedur itu. Walau ini ada alokasi spesial masih diseleksi menurut standard serta tes CAT mesti lolos, mesti masuk diatas passing grade, sesudah lolos baru diolah administrasinya. Keinginan saya ya lolos semua di tes CAT ini. Bila tidak lolos ya tidak dapat diolah untuk diusulkan, ” pungkasnya.

Blog Terbaru

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php