Just Another Blog of UAJY

Uniknya Roti Buaya Untuk Dijadikan Seserahan

Posted: January 28th 2019

Roti Buaya – Bagi orang betawi, roti buaya sudah tidak asing lagi. Roti buaya adalah roti yang berbentuk buaya, dan biasanya dijadikan sebagai salah satu seserahan pada saat seorang laki-laki mempersunting calon pengantin perempuan. Pada mulanya, roti buaya dibawa ke Indonesia oleh seorang berkebangsaan Eropa yang memutuskan untuk menetap di Jakarta, sehingga karena keunikannya, roti ini diterima oleh masyarakat dan kini kerap disebut sebagai roti betawi.

Buaya jantan adalah binatang yang dikenal hanya satu kali saja kawin dengan pasangannya dan tidak pernah bergonta-ganti pasangan selama hidupnya, sehingga roti buaya dijadikan sebagai simbol karakter yang diharapkan oleh calon mempelai pria kepada wanitanya. Roti buaya sudah dianggap lumrah dijadikan seserahan pada saat hari pernikahan tiba, dan roti yang dibawa pun berjumlah sepasang karena melambangkan pasangan buaya jantan dan betina yang dipersatukan. Di samping digunakan sebagai simbol kesetiaan, banyak juga yang berpendapat bahwa roti ini juga dijadikan sebagai simbol perekonomian yang mapan.

Baca juga : Harga Snack Box

Roti buaya biasanya dibuat dari bahan roti yang tahan lama, sehingga tidak masalah bila dibungkus dengan plastik selama momen pernikahan berlangsung karena tidak akan basri dalam kurun waktu beberapa hari. Rotinya pun empuk dan lezat, serta lekukan pada tubuh roti akan sangat rapi dan menarik untuk dijadikan sebagai salah satu seserahan pernikahan. Umumnya, pembelian roti buaya ini harus dipesan sejak beberapa hari sebelum hari pernikahan tiba, karena pembuatan roti buaya umumnya adalah pre order. Sehingga, pembuatan roti buaya hanya didasarkan pada jumlah pemesan saja, dan tidak dipajang di dalam toko seperti jenis roti yang lainnya. Ukuran roti buaya juga bisa disesuaikan dengan permintaan, ada yang berukuran besar dan ada pula yang berukuran kecil maupun sedang. Dalam memilih ukuran roti ini biasanya disesuaikan dengan selera dan tidak terikat dengan ketentuan adat. Selain ukuran, roti buaya juga memiliki isi yang bisa disesuaikan dengan selera, seperti strawberry, coklat, maupun rasa keju.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php