Cristina Evi Natallia

BATUBARA, SUMBER DAYA ALAM TAK TERBARUKAN DI BUMI RAFFLESIA

Posted: February 20th 2017

Batubara adalah bahan bakar fosil yang dalam proses terbentuknya berasal dari sisa tumbuhan yang  terakumulasi di rawa atau lahan gambut dan terkubur jutaan tahun pada kedalaman tertentu dan mengalami perubahan suhu dan tekanan yang tinggi sehingga sisa tumbuhan tersebut mengalami proses perubahan baik fisika maupun kimia.

Sumber gambar: http://bentengekspres.blogspot.co.id

Bengkulu atau biasanya orang menyebut Bumi Rafflesia karena kekhasan bunga rafflesia merupakan salah satu provinsi penghasil tambang batubara yang ada di Indonesia. Provinsi Bengkulu berada pada pesisir pulau Sumatera, hal ini tentu menguntungkan dalam bidang transportasi khususnya transportasi melalui perairan. Tambang batubara yang ada di Sebagian besar wilayah di Bengkulu dahulu adalah perkebunan seperti perkebunan sawit dan karet, namun dengan ditemukannya potensi sumberdaya alam berupa batubara, perkebunan telah berubah fungsi menjadi lahan pertambangan batubara.

Provinsi Bengkulu memiliki sumberdaya batubara dan cadangan batubara. Sumberdaya batubara adalah keseluruhan endapan batubara yang terdapat di permukaan bumi, Sumberdaya batubara di Bengkulu menurut Statistik Batubara dan Mineral DGSDM per Januari 2004 sebesar 62,18 juta ton, sedangkan cadangan barubara merupakan bagian sumberdaya yang telah terukur, adapun jumlah batubara yang telah terukur di Provinsi Bengkulu sebesar 51,389 juta ton.

Batubara merupakan bahan tambang unggulan pada subsektor pertambangan di Provinsi Bengkulu. Data terbaru pada tahun 2014 produksi batu bara mencapai 6,29 juta ton dan pada bulan Juni 2014 merupakan produksi batubara tertinggi yakni sebesar 756,5 ribu ton sedangkan produksi paling rendah pada bulan November 2014sebesar 234,6 ribu ton. Saat ini sebagian besar batubara Provinsi Bengkulu diekspor, lalu sisanya dijual di pasar dalam negeri. Volume ekspor batubara Provinsi Bengkulu tahun 2014 sebesar3,26 juta ton (58,19 persen dari total keseluruhan penjualan batubara).

Sumber: BPS – Bengkulu Dalam Angka 2015

Pertambangan ini menjadi keuntungan bagi Bengkulu, namun pengelolaan yang baik perlu dilakukan agar pertambangan batubara ini berkelanjutan dan menguntungkan serta memajukan bengkulu.

Sumber:

http://bengkuluprov.go.id/potensi/pertambangan/

Heryanto, R dan Suyoko. 2007. Karakteristik batubara di cekungan Bengkulu. Jurnal geologi Indonesia, 2(4):247-259

Widodo, H. 2008. Potensi batubara daerah Seluma dan sekitarnya Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, Jurnal ilmiah MTG. 5(2):1-11


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php