naninuneno

Internet, Intranet, Extranet

Posted: November 26th 2012
Internet dapat diartikan sebagai :
  1. Jaringan komputer terbesar di dunia (sebuah jaringan).
  2. Pertukaran informasi dengan menggunakan modus terbuka, non-eksklusif standar dan protokol, dalam jaringan interkoneksi.
  3. Sebuah demokrasi sejati forum komunikasi menghasilkan demokratisasi informasi.
  4. Semangat berbagi informasi dan mendasari membuka akses Internet.
Layanan yang ditemukan di Internet adalah
  1. E-mail.
  2. Transfer file.
  3. Obrolan.
  4. Message board.
  5. Instant messaging.
Internet saat ini sudah sangat berkembang, buktinya :
  1. Internet adalah internasional, dengan pengguna di semua benua.
  2. Jaringan besar yang menghubungkan komputer jaringan usaha, organisasi, lembaga pemerintah, dan sekolah-sekolah di seluruh dunia dengan cepat, mulus, dan murah.
  3. Biaya komputer pribadi dan koneksi internet yang sangat tinggi untuk sebagian besar populasi dunia.
  4. Hambatan politik, budaya, dan peraturan telah memperlambat tingkat adopsi internet internasional.
  5. Sebagian besar situs dalam bahasa Inggris.
  6. Sebagian besar konten yang dihasilkan di Amerika Serikat.
Infrastruktur Internet meliputi :
  1. Komersial komunikasi perusahaan penyedia utama dari jaringan backbone fisik Internet.
  2. Pemerintah AS menyumbang sejumlah dana untuk proses administrasi penting.
  3. Infrastruktur internet disediakan oleh penyedia layanan jaringan.
  4. Sambungan antara dan aliran informasi antara penyedia backbone telah terbuka dan gratis
Inisiatif Masa Depan Internet terdiri dari :
  1. Internet :
  • Sebuah kolaborasi antara lebih dari 180 universitas AS untuk mengembangkan terdepan jaringan dan aplikasi canggih untuk pembelajaran dan penelitian.
  • Sekelompok jaringan bandwidth yang sangat tinggi di Internet.
  • Kemitraan antara universitas, industri, dan pemerintah.
  • Sebuah baru yang lebih cepat jaringan telekomunikasi dengan akses terbatas yang ditujukan khusus untuk tujuan penelitian. Next Generation Internet (NGI) meliputi :1.Pemerintah Federal dipimpin inisiatif untuk memajukan teknologi Internet dan aplikasi. 2.Multiagency A, pemerintah federal AS penelitian dan program pembangunan yang sedang mengembangkan aplikasi revolusioner yang memerlukan jaringan canggih. 3. Internet Service Provider di Malaysia :
  1. Internet Service Provider ISP: Broadband, Kabel, Fiber, Wi-fi, Wireless & Dial-Up Access.
  2. Airzed.
  3. ARCNET.
  4. Celcom.net.
  5. Digi’s Mobile Internet dengan GPRS & EDGE (Enhanced Data Rates untuk Evolution Global).
  6. iDiGi Layanan Internet.
  7. Jaring.
  8. Jaring Sistem Online (Top-Up Rekening, Kelola Sandi, Dukungan & FAQ).
  9. Time Net.
  10. TMnet Hotspots – Wireless Broadband Internet Access.
  11. Webbit – Time Wireless Broadband.
  • Operasi Internet adalah
  1. Paket arus informasi antara mesin diatur oleh aturan umum (protokol):
    • Internet protocol (IP).
    • Transportasi control protocol (TCP).
  2.  Internet adalah jaringan packet-switching.
    • Pesan yang membusuk menjadi paket-paket, yang berisi bagian dari pesan, ditambah informasi tentang pengiriman dan penerimaan mesin dan bagaimana paket berkaitan dengan paket lainnya.
    • Paket perjalanan secara independen dan mungkin pada rute yang berbeda melalui Internet.
    • Paket dipasang kembali ke dalam pesan di mesin penerima.
  1. Setiap komputer di Internet diidentifikasi oleh alamat IP.
  2. Sebagian besar komputer juga memiliki nama domain.
  3. Network Solutions, Inc memiliki monopoli atas pendaftaran nama domain sampai 1999.
  4. Saat ini,ada 82 perusahaan dapat mendaftarkan nama domain.
  5. Cybersquatting – pembelian nama domain dengan maksud untuk menjualnya kembali. November 2000 mengakibatkan Tindakan legislatif.
  6. Baru tingkat atas zona domain: Pada bulan November 2000, penambahan pertama dari top-level domain global untuk Internet sejak tahun 1980-an terjadi.
  • .aero (untuk industri transportasi udara).
  • .biz (untuk bisnis).
  • .coop (bagi koperasi).
  • .museum (untuk museum).
  • .name (untuk perorangan).
  • .pro (untuk profesi).
  1. Mengakses Internet :
  • Hubungan melalui LAN Server.
  • Terhubung melalui Internet Protocol Serial Jalur Protokol / Point (SLIP / PPP).
  • Hubungan melalui Layanan Online (AOL, MSN).
  • Layanan Internet – Komunikasi adalah
  1. E-mail – pesan elektronik.
  2. Newsgroup USENET – forum yang mengumpulkan kelompok pesan dari pengguna berdasarkan tema-tema umum.
  3. LISTSERV – mendistribusikan pesan email ke semua pelanggan.
  4. Chatting – hidup, interaktif, percakapan tertulis berdasarkan kelompok topik.
  5. Instant messaging – teks pesan instan antara pengguna internet.
  6. Telnet – pengguna pada satu komputer melakukan pekerjaan di komputer lain.
  7. Internet telephony – melakukan percakapan suara melalui Internet.
  8. Internet faks – waktu pengiriman dokumen nyata.
  9. Streaming audio dan video.
  • Layanan Internet – Information Retrieval meliputi :
  1. File Transfer Protocol (FTP) – transfer elektronik file dari satu komputer ke komputer lain.
  2. Archie – alat untuk memungkinkan mencari file pada situs FTP.
  3. Gophers – menu informasi berbasis alat pencarian.
  4. Veronica – teks pencarian melalui situs Gopher.
  5. Wide Area Information Servers (WAIS) – database alat pencarian.
  • Layanan Internet – Layanan Web meliputi :
  1. Pengiriman komponen perangkat lunak melalui situs web daripada melalui cara tradisional (disk, CD).
  2. .NET – Platform baru Microsoft untuk layanan XML Web. Mengintegrasikan situs web dan program untuk memberikan aplikasi.
  • Layanan Internet – World Wide Web berarti :
  1. Sebuah aplikasi yang menggunakan fungsi transportasi internet.
  2. Sebuah sistem dengan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, memformat, dan menampilkan informasi melalui arsitektur client / server.
  3. Berdasarkan HTML – standar hypertext bahasa yang digunakan di Web.
  4. Menangani teks, hypermedia, grafik, dan suara.
  5. Halaman – teks dan tampilan layar grafis, pertama, halaman pengantar dalam situs web.
  6. Web Site – semua halaman dari sebuah perusahaan atau individu.
  7. Hyperlink – cara untuk menghubungkan dan menavigasi di sekitar halaman di situs web.
  8. Webmaster – orang yang bertanggung jawab dari sebuah situs Web.
  9. Uniform Resource Locator (URL) – menunjuk ke alamat sumber tertentu di Web.
  10. Hypertext Transport Protocol (HTTP) – komunikasi standar yang digunakan untuk mentransfer halaman di bagian WWW Internet.
  11. Browser – software grafis yang memungkinkan pengguna WWW untuk meminta dan melihat dokumen web.
  12. Offline Browser – software yang mengambil halaman dari situs web secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.
  13. Search Engine – program yang mengembalikan daftar situs web atau halaman yang cocok dengan beberapa kriteria yang dipilih pengguna.
  14. Mesin metasearch – secara otomatis memasukkan permintaan pencarian ke sejumlah mesin pencari lain dan mengembalikan hasil.
  15. Untuk dimasukkan dalam database mesin pencari :
  • web crawler.
  • Pendaftaran.
  1. Delapan tipe dasar dari situs Web adalah
  • Portal.
  • News.
  • Informational.
  • Business / marketing.
  • Educational.
  • Entertainment.
  • Advocacy.
  • Personal.
  1. Informasi Filter – metode otomatis menyortir / penyaringan konten WWW
  2. Kliping Jasa – pengambilan otomatis artikel dan berita dari publikasi
  3. Personalized Web Services – kemampuan untuk menghasilkan konten web pribadi
  4. Web Authoring (untuk halaman dan desain situs)
  • Standar HTML adalah common denominator.
  • CompuServe Graphics Interchange Format (GIF) dan Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format umum file grafis.
  • Browser dapat diperpanjang melalui perangkat lunak plug-in.
  • Tantangan Internet adalah
  1. Teknologi Baru
  • Diadopsi oleh vendor, lebih cepat dari pengguna dan pelanggan dapat menerapkannya.
  • Pengembang web tidak bisa berasumsi bahwa pengguna dapat menjalankan inovasi mereka berhasil.
  1. Internet Peraturan
  • Organisasi teknis (misalnya, World Wide Web Consortium) mengembangkan standar yang mengatur fungsi Internet.
  • Organisasi-organisasi ini tidak secara resmi dibebankan dalam arti hukum atau operasional dengan tanggung jawab untuk Internet.
  • Bagaimana mengontrol konten kontroversial di Web?
  1. Ekspansi Internet :
  • Pertumbuhan lalu lintas Internet yang luar biasa tergantung beberapa elemen jaringan : lambat pengambilan waktu; transmisi diandalkan data; penolakan layanan oleh server overload.
  • Pendekatan untuk mengatasi kemacetan ini termasuk : peningkatan teknologi perangkat keras dan web peningkatan manajemen software.
  1. Internet Privasi – situs Web mengumpulkan informasi dengan dan tanpa sepengetahuan konsumen :
  • Cookie – kecil file data ditempatkan pada hard drive pengguna bila sebuah situs pertama kali dikunjungi. Mengumpulkan data pada halaman yang dikunjungi dan konten dilihat.
  • Tiga potensi pendekatan untuk masalah privasi :1.  Pemerintah memungkinkan kelompok mengembangkan standar privasi sukarela, tidak mengambil tindakan apapun saat ini kecuali masalah nyata timbul. 2. Pemerintah merekomendasikan standar privasi untuk Internet, tidak lulus undang-undang saat ini. 3. Pemerintah melewati hukum sekarang untuk bagaimana informasi pribadi dapat dikumpulkan dan digunakan di Internet.
  • Transaksi keuangan keamanan juga menjadi perhatian.
  • Intranet adalah
  1. Jaringan internal yang menggunakan teknologi internet.
  2. Membuat diakses oleh karyawan informasi.
  3. Biasanya termasuk koneksi ke Internet.
  4. Extranet memungkinkan pelanggan atau pemasok untuk mengakses? Bagian dari perusahaan intranet.
  • Intranets adalah Sebuah jaringan pribadi yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP / IP :
  • Menyediakan karyawan dengan akses mudah ke informasi perusahaan.
  • Digunakan untuk menyebarkan aplikasi perusahaan.

 

  • Extranets adalah Perpanjangan intranet untuk dipilih mitra bisnis di luar, seperti pemasok, distributor, dan pelanggan utama :
  • Menyediakan mitra bisnis dengan akses mudah ke informasi perusahaan dan kolaborasi mudah.
  1. Keamanan :
  • Kritis untuk mencegah masuknya yang tidak diinginkan ke dalam sistem internal.
  • Jaringan pribadi virtual (VPN) yang sering digunakan untuk menambah keamanan untuk komunikasi internet.
  1. Extranet konfigurasi :
  • Salah satu perusahaan set up Extranet untuk dealer, pelanggan, atau pemasok.
  • Perusahaan dalam suatu industri mendirikan Extranet kolaboratif untuk saling menguntungkan.
  • Beberapa perusahaan berkolaborasi melalui Extranet untuk usaha patungan
  1. Manfaat meliputi –
  • Lebih rendah biaya komunikasi, komunikasi yang lebih baik, peningkatan order entry dan layanan pelanggan, peningkatan efektivitas bisnis.
  • Aplikasi lain berbasis Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php