naninuneno

Electronic Commerce

Posted: November 26th 2012

Definisi E-Commerce

adalah semua bentuk transaksi yang berbasis internet, tidak terbatas hanya jual dan beli tetapi semua transaksi bisnis yang dilakukan pada waktu submit. E-Commerce juga bisa disebut proses membeli, menjual, layanan, memberikan informasi, pertukaran produk, layanan yang menggunakan komputer yang berbasis internet.

Aspek-aspek E-Commerce meliputi :

1. Komunikasi

2. Proses Bisnin

3. Layanan

4. Online

5. Kolaborasi

6. Komunitas

Istilah Brick and Mortar berarti bisnis yang dilakukan secara offline, bertemu langsung untuk bertransaksi  dan dapat melihat fisik barang, proses jual beli dilakukan secara langsung.

Pure EC : semua dimensi adalah digital

1. perusahaan online (virtual)

2. new-economy organization

3. menjual barang dan jasa secara online

E-Bisnis yaitu tidak hanya sebatas transaksi, tetapi menjangkau customer service, kolaborasi dengan partner bisnis, human resourcenya, dll.

Tipe E-Commerce meliputi :

1. Business-to-business EC (B2B)

2. Collaborative commerce (c-commerce)

3. Business-to-consumer EC (B2C)

4. Consumer-to-businesses (C2B)

5. Consumer-to-consumer (C2C)

6. Intrabusiness (intraorganizational) commerce

7. Government-to-citizens (G2C) and others

8. Mobile commerce (m-commerce)

Elektronik Marketplace yaitu menyediakan suatu tempat dimana ada pertukaran suatu produk, layanan, atau payment. adapun manfaat ekonomi yang bisa didapatkan yaitu :

1. pembeli

2. penjual

3. market intermediaries (perantara)

4. sosial

 

5 hal yang mendukung EC yaitu :

1. orang yang melakukan transaksi

2. kebijakan publik

3. teknikal standard dan protokol

4. partner bisnis

5. layanan pendukung

EC Requirements :

1. Infrastuktur : hardware, software, dan jaringan dibutuhkan untuk transaksi, komunikasi, dan kolaborasi.

2. Mekanisme elektronik payments yaitu Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen

Elektronik (digital document).

Kontrak online dalam e-commerce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martines Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu :
Kontrak melalui chatting dan video conference;
Kontrak melalui e-mail;
Kontrak melalui web atau situs.

Keamanan E-Commerce meliputi :

– Enkripsi – proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai
– Single-key encryption
– Public/private key encryption
– Public key infrastructure
– Electronic Certificates
– Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan
– Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php