naninuneno

IT dalam Organisasi Moderen

Posted: September 10th 2012

Konsep IT ada 2 yaitu

1. Infrastuktur Informasi yaitu mendefinisikan bagaimana sumber komputasi tersebut disusun, dioperasikan, dan diatur.

adapun 5 elemen penting yang menyusun SI dalam suatu perusahaan, yaitu :

  • Hardware
  • Software
  • Jaringan dan fasilitas komunikasi
  • Database
  • dan Personal manajemen informasi

2. Arsitektur Informasi, mencakup :

  • Kebutuhan informasi
  • Menggabungkan informasi yang dibutuhkan
  • Memastikan organisasi IT saling berhubungan

Macam-macam IS :

  1. Transaction Processing System, berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan transaksi data. cth : sistem transaksi jual beli (point-of-sale)
  2. Management Information System, berfungsi untuk mengelola data-data yang sudah ditransaksikan pada sistem dibawahnya atau dengan kata lain mengorganisasikan, meringkas, dan menampilkan data-data. cth : Aplikasi persensi mahasiswa untuk mengetahui siapa saja mahasiswa yang dapat mengikuti UAS dan yang tidak dapat mengikuti UAS.
  3. Support System
  4. Inteligent Support System, yaitu suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mempelajari histori dari awal sistem dipraktekkan sampai dengan sistem membuat keputusan.
  5. Office Automation System untuk melakukan pemeriksaaan atau pengecekan.
  6. Decission Support System untuk membantu dalam pengambilan keputusan. ada 2 jenis yaitu Excekutive Information System dan Group Support System.
  7. End User Computingadalah yang menggunakan sistem secara langsung atau orang yang menggunakan hasil proses sistem.
  8. Knowledge Management System adalah suatu hasil pekerjaan yang diukur secara kualitatif dan kuantitatif dan ada suatu kriteria tambahan yang tidak dapat diukur secara pasti.
  9. Data Warehouse yaitu gudang data yang datanya tersimpan di database yang akan digunakan di SI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php