Timothy Ryan's Blog

IT In Modern Organization

Posted: September 8th 2012

Pada jaman yang semakin modern ini, IT semakin dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan kita, tak terkecuali dalam suatu organisasi mau pun perusahaan. Peran IT tersebut berupa suatu Sistem Informasi (IS) yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat membantu segala aktivitas dari suatu organisasi. Nah, apa sebenarnya Sistem Informasi (IS) itu?

Sistem Informasi (IS) adalah sistem yang dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menganalisa data untuk suatu tujuan tertentu. Sistem Informasi (IS) itu sendiri ada 2 (dua) bagian: Information Infrastructure dan Information Architecture.

Information Infrastructure adalah fasilitas dalam bentuk fisik yang berfungsi untuk memfasilitasi, me-manage, dan men-support proses kinerja suatu organiasai dalam hal komputasi. Fasilitas-fasilitas ini dapat berupa: Computer Hardware  (perangkat keras komputer), software (perangkat lunak komputer), Networks and Communication facilities (fasilitas jaringan dan komunikasi komputer), database, dan Information management personnel.

Information Architecture agak sedikit berbeda dengan Information Infrastructure. Apabila pada Information Infrastructure lebih mengarah pada fasilitas-fasilitas, Information Architecture lebih mengarah bagaimana data-data itu disusun, diolah, dan di-managed untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya: kita anggap data-data itu semen yang akan digunakan untuk membangun rumah. Semen tersebut tidak hanya semua digunakan untuk membuat tembok saja, melainkan ada yang digunakan untuk membuat fondasi rumah, sebagai plester tembok, dll.

Sistem Informasi (IS) itu ada berbagai macam tipe:

  • TPS (Transaction Processing System)
  • MIS (Management Information Systems)
  • Support System
  • Intelligent System
  • End-user Computing
  • KMS (KnowledgeManagement System)
  • Data Warehouse
  • Mobile Computing

TPS (Transaction Processing System)

Sistem Informasi tipe ini digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan melakukan transaksi-transaksi data.

MIS (Management Information Systems)

Sistem Informasi tipe ini digunakan untuk mengatur dan mengolah data-data yang ditransaksikan.

Support System

Suatu sistem yang membantu untuk membuat suatu keputusan.

Intelligent System

Sistem Informasi yang dapat menyimpan jejak rekam sejak sistem mulai berjalan dan memiliki kemampuan untuk mempelajari keputusan-keputusan yang telah dibuat sebelumnya.

End-user Computing

Pengguna sistem atau orang yang menggunakan hasil proses sistem.

KMS (Knowledge Management System)

Sistem yang dapat mengukur semua hasil pekerjaan pada suatu organisasi atau perusahaan baik secara kualitatif mau pun kuantitatif.

Data Warehouse

Gudang data. Data akan tersimpan dalam bentuk database.

Mobile Computing

Melakukan proses komputasi yang dapat dilakukan di mana saja.

sekian review materi dari Pengenalan Teknologi Informasi ( 4 September 2012) dari saya. Semoga Bermanfaat dan selalu semangat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php