Technology information_Mothya widyani

Data, Pengetahuan,& Pendukung Keputusan

Posted: December 8th 2012

Data, Pengetahuan,& Pendukung Keputusan

Tugas Manager

Manager bertugas  membuat keputusan untuk mencapai tujuan. Secara umum manager memunyai 3 peran utama diantaranya

  • Peran interpersonal. Manager adalah figure yang ditiru, pemimpin dan penghubung
  • Peran informational. Manager bertugas untuk mengawasi, menyebarkan informasi, dan juga juru bicara
  • Peran pengambil keputusan.  Entrepreneur , orang yang menangani masalah, penentu alokasi sumber daya dan negosiator.

Mengapa manager membutuhkan dukungan IT ?

Sulit untuk membuat keputusan yang baik, tanpa informasi yan g valid dan relevan. Apalagi informasi dibutuhkan untuk setia tahap dan aktivitas dalam pengambilan . namun hal itu dapat diatasi dengan adanya IT yang memberikan banyak informasi yang dibutuhkan. Manager membutuhkan IT karena beberapa hal diantaranya :

  • Jumlah informasi yg tersedia sangat banyak
  • Pengelolaan informasi secara manual semakin sulit
  • Komputerisasi membantu mengelola hal yg kompleks , seperti:
    • Menguji berbagai alternatif dgn cepat
    • Memberikan analisa resiko yg sistematik

Bagaimana data di dapat?

Sumber data terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Internal
  • Personal
  • Eksternal

Ada beberapa cara untuk dapat mengumpilkan data, diantaranya:

  • Manual
  • Dengan sensor dan peralatan
  • Scanning atau electronic transfer

Kualitas sebuah data

Kualitas menentukan kegunaan data dan keputusan yg diambil dari data tersebut. Data yang baik data yang memuat isu utama dan berkualitas, berkualitas dalam arti akurat,relevan(sesuai kebutuhan),aman, tepat waktu, lengkap, dan konsisten.

Manajemen dan Penyimpanan Data

Data dalam disimpan dalam bentuk

  • Database
  • Data warehouse
  • Data mart

Intelegensi bisnis

  • Tujuan mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis
    • Semua data yg dibutuhkan untuk mengambil keputusan
    • Data ditarik dari data warehouses atau data marts
    • Menggunakan tools analisis data
    • Penentuan pengambil keputusan diperkuat dengan fakta, analisa, dan prakiraan

Decision Support Systems (DSS)

DSS adalah Sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Terdapat 3 jenis keputusa yaitu:

  • Keputusan terstruktur (structured decision),
  • Keputusan  semiterstruktur (semistructured decision)
  • Keputusan tak terstruktur (unstructured decision)

 

  1. Keputusan terstruktur adalah keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan bersifat rutin, Prosedur untuk pengambilan keputusan sangat jelas . Keputusan ini terutama dilakukan pada manajemen tingkat bawah .Contoh keputusan yang terstruktur adalah Keputusan pemesanan barang dan keputusan penagihan piutang.
  2. Keputusan semiterstruktur adalah keputusan yang mempunyai sifat yakni sebagian keputusan dapat ditangani oleh komputer dan yang lain tetap harus dilakukan oleh pengambil keputusan. Pengevaluasian kredit, penjadwalan produksi, pengendalian ketersediaan merupakan beberapa contoh keputusan ini
  3. Keputusan tak terstruktur adalah keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi . Keputusan ini menuntut pengalaman dan berbagai sumber yang bersifat eksternal .Keputusan ini umumnya terjadi pada manajemen tingkat atas . Contoh keputusan yang tak terstruktur  seperti Pengembangan teknologi baru, keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain,  dan perekrutan eksekutif

 

Enterprise Decision Support

  1. 1.       Executive Information Systems

Merupakan suatu sistem pendukung yang khusus untuk eksekutif. EIS melayani kebutuhan informasi dari eksekutif tingkat atas dengan menyediakan akses yang cepat terhadap informasi dan akses langsung ke laporan manajemen, user interface yg mudah dipahami, berbasis tampilan grafik ,sering terkoneksi dengan layanan informasi online dan terintegrasi dengan email .

Kemampuan EIS:

  • Drill down
  • Criticala success factors and key performance indicators
  • Analisa stren
  • Analisa ad hoc (permasalahan spesifik)
  • Exception reporting
  • Intelligent EIS
  • Integrasi dengan DSS;
  • web accessibility

 2.       Group Decision Support Systems

  • Menfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
  • Mendukung pekerjaan kelompok dengan mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, penerapan tools analisa yg dibutuhkan.

Implementasi GDSS

  • Pertemuan Face-to-face meetings – menggunakan komputer  dan aplikasi GDSS yang saling terhubung,
  • Corporate ‘war room’ – Informasi di analisa dan tampilkan secara grafis kepada semua anggoyta
  • Support for virtual teams – mendukung proses kolaborasi untuk team yg terpisah secara geografis

Apa yg bisa dilakukan dengan stored data?

  • Analytical Processing – kegiatan menganalisa data yg sudah terakumulasi
  • Online analytical processing (OLAP)
  • Dilakukan oleh end-user
  • Melibatkan kumpul data besar dengan relasi yg kompleks

Apa yang dapat dilakukan dengan stored data?

  • Data mining – Pencarian cerdas pada data yg tersimpan di data marts/ warehouses
  • Menemukan predictive information
  • Menemukan pola baru (unknown patterns)
  • Memerlukan mining tools yg powerful
  • Mining tools menerapkan teknik komputasi cerdas (learning, intelligence)

Visualisasi data

  • Hasil analisa data bisa lebih berguna jika ditampilkan menggunakan teknik Data Visualization
  • Visual Interactive Modeling – berbasis grafik
  • Visual Interactive Simulation – menggunakan simulasi/animasi
  • Geographic Information Systems – menampilkan data mengunakan peta digital

Pengetahuan manajemen

Istilah-istilah yang terdapat dalam manajemen:

  • Knowledge assets – terkait pasar, products, teknologi, dan organisasi yg dimiliki atau perlu dimiliki oleh bisnis
  • Best practices – koleksi dari solusi /studi kasus sukses
  • Intellectual capital – koleksi pengetahuan yg dikumpulkan perusahaan
  • Knowledge system –  mengumpulkan pengetahuan, menyimpan di basis data, memelihara db, dan menyampaikan pengetahuan ke pengguna
  • Competitive intelligence – koleksi dari informasi kompetitif

Dukungan IT dalam hal Pengetahuan manajemen

  • Knowledge identification – untuk mengetahuai apa yang sedang menjadi isu
  • Knowledge discovery and analysis – menemukan & mengorganisir pengetahuan
  • Knowledge acquisition – mengumpulkan pengetahuan yg dibutuhkan
  • Establishment of organizational knowledge bases – menyimpan dan mengorganisasikan pengetahuan perusahaan
  • Knowledge distribution and use – memastikan siapa saja yg membutuhkan pengetahuan bisa mengaksesnya

Implementasi pengetahuan manajemen

  • Meregorganisasi menjadi perusahaan berbasis pengetahuan
  • Membuat jabatan baru, chief knowledge officer (CKO)
  • Menciptakan infrastruktur dari knowledge management
  • Membangun  knowledge culture
  • Membuat sistem baru ini menjadi berguna/ making it pay off
  • Memfasilitasi  pembelajaran organizational
    • Belajar dari pengalaman sebelumnya untuk digunakan di masa depan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php