Technology information_Mothya widyani

WIRELESS, MOBILE COMPUTING, DAN MOBILE COMMERCE

Posted: December 3rd 2012

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Wireless Device (Perangkat nirkabel) merupakan perangkat yang cukup kecil, mudah membawa atau memakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain.
contohnya : PDA, telepon selular, Smart Phone.
Wireless device membutuhkan sebuah protocol yang disebut Wireless Application Protocol (WAP) . WAP merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.

MICROBROWSER

adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory menjadi yang  kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.

Pager

adalah pesan sistem tanpa tanpa kabel yang bersifat satu arah, fungsinya adalah mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.

Wireless Transmission Media

  • Microwave transmission system merupakan media transmisi yang banyakdigunakan untuk volume tinggi, dapat menjangkau jarak jauh, dan komunikasi point-to-point.
    Point-to-point memiliki dua karakteristik:

    • pertama, pemancar dan penerima harus dalam saling berhadapan (dalam satu titik) satu sama lain (disebut line-of-sight), dan
    •  kedua, transmisi itu sendiri harus secara pasti diarahkan dari pemancar ke penerima.

     

  • Satellite transmission menggunakan satelit komunikasi . Terdapat  tiga jenis satelit, yang masing-masing berada orbit yang berbeda,diantarannya:

Geostationary (GEO): 22,300 mil dari atas permukaan bumi,  digunakan untuk sinyal TV
– Medium-earth-orbit (MEO); 6.000 mil dari atas permukaan bumi – cocok untuk GPS
– Low-earth-orbit (LEO); 400 sampai 700 mil dari permukaan bumi, digunakan untuk telepon

  • Footprint, area yang dapat dijangkau oleh satelit
  • Transmisi Broadcast; memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.
  • Delay propagasi adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.
  • GPS(Global Positioning Systems) adalah sistem pelacak yang menggunakan satelit yang memungkinkan pengguna untuk menentukan lokasi dimana ia berada.
    IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari sebuah alat yang terpasang pada sisi rumah mereka.
  • Gelombang Radio:
    • Radio Transmission menggunakan frekuensi gelombang radio untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.
    • Satellite Radio (radio digital), menggunakan satelit
    • Cahaya inframerah adalah gelombang merah yang tidak biasa terlihat mata  manusia.

Jaringan Komputer Wireless dan Akses Internet

  • IEEE merupakan Standart untuk jaringan komputer nirkabel meliputi:
    • IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk nirkabel jaringan wilayah pribadi (PANS) dan 802.15.4 (Zigbee).
    • IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN)
    • IEEE 802.16 (Wi-Max) untuk area jaringan nirkabel metropolitan (WMANs)
    • IEEE 802,20 (diusulkan) untuk nirkabel wide area network (WWAN).
  • Bluetooth, memungkinkan koneksi jarak pendek antara peralatan yang satu dan yang lainnya. Bluetooth frekuensi radio  2 arah.
  • Personal  Area Network(PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) yang berdekatan.
  • Zigbee, hamper sama seperti Bluetooth akan tetapi tidak bisa digunakan untuk pengiriman data yang lebih besar. Zigbee digunakan untuk pengirimiman data secara wireless yang membutuhkan  transmisi data rendah, dan konsumsi daya yang rendah.

WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN)

WLAN memerlukan pemancar dengan antena, yang disebut titik akses nirkabel, yang menghubungkan ke kabel LAN atau piringan satelit yang menyediakan koneksi internet.

  • Wireless network interface card (NIC) yang diperlukan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan memiliki radio built-in dan antena.
  • Hotspot titik akses nirkabel yang menyediakan layanan ke sejumlah pengguna dalam perimeter geografis yang kecil (hingga seratus meter beberapa).

Kebanyakan dari WLAN saat ini berjalan pada s tandar yang disebutt 8020.11 atau lebih dikenal denga Wi-Fi ( wireless fidelity).

Masalah pada Wi-Fi

  • Roaming – pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot tersebut menggunakan layanan jaringan Wi-Fi yang berbeda.
  • Keamanan – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk melindungi.
  • Biaya – Wi-Fi yang komersial layanan biaya rendah tetapi tidak gratis dan masing-masing layanan memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna.

WiMax

Worldwide Interoperability untuk Microwave Access, dikenal sebagai WiMax, adalah nama untuk standar IEEE 802.16. Jarak Akses nirkabel hingga 31 mil,kecepatan transfer data 75 Mbps dan Aman sistem yang menawarkan suara dan video.

Mobile Computing and Mobile Commerce

Mobile computing mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet serta  memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk komputasi lainnya, Yaitu:

  • Mobilitas – pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time / langsung dengan sistem lain dari mana pun mereka berada yang memiliki koneksi dengan internet.
  • Jangkauan luas – pengguna dapat di jangkau langsung ketika mereka membawa perangkat mobile terbuka.

Kedua karakteristik ini, yaitu mobilitas dan jangkauan yang luas menciptakan lima atribut yang bernilai tambah yang menghilangkan batas geografis dan waktu. Kelima atribut itu adalah

  • Ubikuitas
  • Kenyamanan
  • Konektivitas instan
  • Personalisasi
  • Lokasi produk dan layanan

Mobile Commerce

M-commerce mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui internet. Pengembangan m-commerce adalah didorong oleh faktor-faktor berikut:

  • Meluasnya ketersediaan perangkat mobile
  • Tidak perlu untuk PC ; karena internet dapat diakses melalu smartphone atau mobile yang terhubung dengan internet jadi PC tidak diperlukan.
  • Budaya telepon seluler
  • Penurunan harga
  • Bandwidth peningkatan; untuk melaksanakan M-commerce dengan baik dibutuhkan bandwidth yang baik

Aplikasi mobile commerce diantarannya

  • Jasa keungan
  • Mobile Banking
  • Wireless Electronic Payment Systems( pembayaran eklektronik wireless)
  • Micropayments
  • Mobile (Wireless) Wallets
  • Wireless Bill Payments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php