Technology information_Mothya widyani

E-COMMERCE

Posted: November 25th 2012

E-Commerce

E-Commerce (perdagangan elektronik) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet.

  • Definisi EC di ambil dari sudut pandang

–        komunikasi

–        Proses bisnis

–        layanan

–        Online

–        kolaborasi

–        komunitas

Untuk melajutkan pembahasan tentang E-Commece, perlu diketahui sejarah dari E-commerce itu sendiri. E-Commerce dimulai pada tahun 1970-an yaitu jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas. E-commerce pada saat itu mempunyai beberapa inovasi seperti transfer dana secara elektronik. Akan tetapi, aplikasi tersebut terbatas pada perusahaan besar. Kemudian diperkenalkanlah  Electronic Data Interchange (EDI) yang mengotomatiskan berbagai pemprosesan transaksi rutin dan menyebarkan EC ke semua industry. Pada tahun 1990an, aplikasi EC meluas dengan cepat,bersamaan dengan komersialisasi internet serta diperkenalkan Web. Dan pada tahun 2003 karena E-C menunjukkan kemajuan yang stabil, kini banyak perusahaan menengah maupun kecil mempraktikan EC.

  • Ruang lingkup EC saat ini

–        Iklan

–        perbankan

–        Jual beli alat elektronik

–        Jual beli saham

–        Pencarian pekerjaan

–        lelang

–        Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia

–        Menyediakan layanan konsumen

Konsep EC (Bentuk E-Commerce):

  • Traditional commerce : semua dimensi terkait fisik

Merupakan Brick-and-mortar organizations artinya perusahaan yang produk,proses, dan pelaku pengirimannya bersifat fisik. Barang harus ada pada tempatnya, operasinya dilakukan secara tradisional yang ditandai dengan adanya toko yang menyediakan barang tersebut.

  • Pure EC: semua dimensi adalah digital

Pure EC dijalankan secara online( Perusahaan Online (virtual) ), artinya barang dan jasa yang dijual atau dibeli membutuhkan koneksi via internet.

  • Partial EC: perpaduan antara dimensi digital dan fisik

Merupakan Click-and-mortar organizations, artinya perusahaan yang menjalankan bisnis secara online maupun melalui toko tradisional. Contohnya gramedia ada yang dijalankan secara online dan ada juga tokonya. Pada konsep Partial EC ini bisnis utama dilakukan di dunia nyata.

 

E-Business

E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput:

–        Layanan konsumen

–        Kolaborasi dengan rekan bisnis

–        Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan

Tipe E-Commerce :

  • Business-to-business EC (B2B): dalam transaksi B2B, baik penjual maupun pembeli adalah organisasi bisnis.
  • Collaborative commerce (c-commerce): EC dimana para mitra bisnis berkolaborasi secara elektronik.
  • Business-to-consumer EC (B2C): EC yang penjualnya adalah perusahaan dan pembelinya adalah perorangan.
  • Consumer-to-businesses (C2B): EC dimana pelanggan memberitahukan kebutuhan atas produk atau jasa tertentu, dan para pemasok bersaing untuk menyediakan suatu produk atau jasa ke pelanggan.
  • Consumer-to-consumer (C2C): EC dimana seorang menjual produk ayau jasa ke orang lain.
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce: dalam situsi ini EC secara internal untuk memperbaiki operasinya.
  • Government-to-citizens (G2C) and others: pemerintah menyediakan layanan ke para warganya melalui teknologi EC.
  • Mobile commerce (m-commerce): EC yang dilakukan dalam bentuk nirkabel

E-Marketplaces

Fungsinya sama seperti pasar yaitu sebagai tempat jual beli, namun secara elektronik atau via internet.

Electronic Markets vs.
Inter-organizational Systems

  • Elektronik market merupakan tempat dimana Pembeli dan penjual bertemu(secara online) untuk bertukar
    • barang
    • Layanan
    • uang
    • informasi
    • Sedangkan, Inter-organizational Systems(IOS),merupakan transaksi yang dilakukan antara dua perusahaan atau lebih. Proses dari transaksi dilakukan Rutin/harian.

Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas, diantarannya:

  • Orang
  • Kebijakan public
  • Standar teknik dan protocol
  • Patner bisnis
  • Layanan pendukung

Mekanisme Pembayaran Electronic

  • Electronic checks, hamper sama dengan kertas cek biasa, namun dilakukan secara elektronik.adapun langkah-langkah menggunakan cek elektronik untuk membeli diantaranya:
    • Konsumen membuka rekening di bank
    • Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital
    • Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual

     

  • Electronic credit cards, memungkinkaqn untuk membebankan pembayaran secara online ke rekening kartu kredit seseorang.
    • Unencrypted payments – Pembeli meng email kan nomer CC ke penjual di internet
    • Encrypted payments – detil credit card di enkripsi untuk keamanan.

Electronic cash in PC

  • bank menyediakan aplikasi khusus kepada konsumen
  • Konsumen membeli “uang elektronik” dari bank melalui aplikasi
  • Bank mengirim  catatan uang elektronik ke konsumen, disertai tanda tangan digital
  • Uang  disimpan pada PC pembeli dan bisa digunakan pada setiap electronic store yg menerima e-cash
  • Aplikasi juga digunakan untuk mentransfer e-cash dari komputer pembeli kekomputer penjual seller’s
  • Penjualan bisa menabung e-cash di bank atau  menggunakannya untuk melakukan trnasaksi lainnya
  • Pembayaran Electronic dengan e-cash

Uang merupakan pembayaran paling umum dalam transaksi offline. Kebanyakan pedagang lebih menyukai pembayaran tanpa harus membayar komisi ke perusahaan kredit cards. Namun sekarang ada e-cash. e-cash muncul dalam 2 bentuk diantaranya

    • Smart cards

Kartu dengan microprocessors, bisa menyimpan lebih banyak informasi, kartu ini juga multi guna, bisa digunakan sebagai kartu kredit, atau juga debit. Selain itu, ketika digunakan di supermarket, kartu ini dapat menyimpan informasi para pembelian.

    • Person-to-person payment systems

Merupakan suatu bentuk elektronik yang memungkinkan transfer dana antara 2 orang, atau antara individu dengan perusahaan tanpa harus menggunakan kartu kredit.perusahaan yang pertama menawarkan layanan ini adalah PayPal.

  • Electronic Funds Transfer (EFT)

Transfer uang secara Electronic dari dan kepada  financial institution menggunakan jaringan telekomunikasi.

  • Electronic wallets( dompet elektronik/digital)
  • Purchasing cards

Keamanan

Untuk keamanan, maka digunakanlah mekanisme enkripsi yaitu proses membuat pesan tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan suatu kunci. Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan. Selain itu juga untuk pelindungan keamanan ada Electronic Certificates dan Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php