Mitha Aprianti K

Spend some time to observe life Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii)!

Posted: December 5th 2014

Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii) termasuk merpati-merpatian (suku Columbidae) yang merupakan suku yang tersebar luas di dunia. Makanan utamanya adalah buah-buahan dan biji-bijian. Hampir semua jenis memiliki tubuh yang padat gemuk dengan paruh yang pendek, tetapi kuat. Sarang terbuat dari ranting-ranting yang tampak rapuh, tempat meletakkan telurnya yang putih di dalamnya. Kicauan berupa suara berirama yang diulang-ulang.
Delimukan Wetar hanya dijumpai di Pulau Timor dan Pulau Wetar. Di Wetar keberadaannya diketahui dengan adanya 20 spesimen yang dikoleksi dari lokasi yang tidak spesifik pada tahun 1900. Adanya 8 spesimen burung yang dikoleksi selama 5 hari pada tahun 1902 mengesankan bahwa burung ini cukup umum terlihat di Wetar.
Perusakan hutan di Timor Barat dan Timor Leste yang telah meluas dianggap merupakan ancaman yang paling utama. Sejak awal abad ke 20, hutan monsun tropis praktis telah menghilang dari Timor untuk dibuat daerah pemukiman dan perladangan. Kini hutan monsun yang tersisa di Timor Barat hanya 4 persen, itu pun terbagi atas tujuh blok yang tidak dilindungi dan ukurannya pun terus mengecil sebagai akibat dari kegiatan penggembalaan dan pembakaran.

90701d02ae3da0e5a21abbd900c25748_S
(Gambar: Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii))

Upayah konservasi:
Di era modern ini semua serasa serbah cangih dengan adanya suatu jaringan internet dan adanya elektronik yaitu sebuah kamera. Saya berpikir untuk melakukan pengamatan pada burung Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii) dengan memanfaatkan kedaua hal tersebut, yaitu sebuah webcame yang dipasang dibeberapa tempat habitat burung Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii) yang rekamannya dapat langsung diakses dijejaring social. Dari hasil rekaman menggunakan webcame tersebut kita dapat langsung mengamati gerak-gerik dari burung Delimukan Wetar. Selain itu, dengan webcame ini dapat mendeteksi dan mengawasi pola hidup dan perkembang biakan dari burung Delimukan Wetar. Dari hasil rekaman yang disebarkan melalui jejaring social sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung dan dapat langsung ikut mengamati dari kelangsungan hidup burung Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii).Harapan bahwa dengan adanya fasilitas ini daya tarik masyarakat dapat lebih meningkatkan lebih khusus pada yang bernilai edukasi tentang konservasi. Dengan adanya wabcame yang dapat langsung berhubungan dengan jejaring sosial kemudian waktu dapat dikembangkan sebagai pusat studi untuk merumuskan tindakan pembinaan habitat dari waktu ke waktu.

Dari rencana ini semoga banyak yang lebih peduli dengan kelestarian burung Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii) tidak hanya masyarakat lokal tetapi juga dengan masyarakat yang ada diluar indonesia bisa lebih menjaga spesies Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii) sehingga perkembangan Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii) dapat kembali berkembang di alam, jadi ayo kita luangkan waktu untuk mengamati kehidupan Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii).

Sumber:

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/delimukan-wetar-terancam-punah


5 responses to “Spend some time to observe life Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii)!”

  1. yunicefemilia says:

    Upaya konservasi yang bagus Mith, jadi dari kamu sendiri kapan kira-kira upaya ini akan direalisasikan.? 😀

  2. Alan Batkormbawa says:

    Faktor – faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup merpati bagaimana ? Apakah ada solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut ?

    Kunjungi Blog Saya : http://blogs.uajy.ac.id/alanpeter/2014/12/05/seaweed-seaweed-truuulaaalaaa-seaweedforlife/

  3. Sartika Laraswati says:

    Hai Mitha,,,saya ingin bertanya bagaimana pola hidup dan perkembang biakan dari burung Delimukan Wetar sendiri ?
    Mksh 😀

  4. Sartika Laraswati: dari sumber yang saya dapatkan Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii)memiliki musim berbiak mulai dari April-November dengan menghasilkan 2 buah telur. Sarang dibuat di atas
    pohon, semak, ataupun rumpun dengan ketinggian2-8 m dari aras tanah.Delimukan Wetar (Gallicolumba hoedtii)Mencari makan di permukaan tanah berupa biji-bijian dan inverteberata kecil.

  5. Lia: Saya berharap upayah ini dapat berlangsung secepatnya doakan saja semoga upayah ini dapat berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php