Tulisan Sederhanaku

MENGERTI BERBAGAI BENTUK PERANG AGAR NEGARA AMAN

Posted: April 4th 2020

Ketika tentara marinir amerika sebanyak 19.000 pasukan di deploy di port darwin australia maka pejabat militer indonesia heran lalu bertanya kepada pihak amerika apa maksudnya marinir dengan jumlah sebegitu besar ada di pangkalan militer amerika di autralia.

Maka jawaban amerika adalah untuk berjaga-jaga jika ada perang di laut china selatan dengan china. Dan pejabat indonesiapun senang mendapat informasi tersebut, ternyata hal ini mebuat pengamat pertahanan internasional bingung .
Kok pejabat tersebut senang sih? Apa dia ngak faham ya.

Apa mungkin karena mindset nya pejabat tadi tentara itu di mana mana sama. Sama dengan bentuk kemilteran di negaranya. Padahal tentara di china dan tentara di amerika beda bentuknya, karena misi dan visi negaranya dan tentaranya beda setiap negara.

Tentara bukan hanya pertahanan namun tentara di jaman modern mengerti apa itu perang noncombatan. Juga sebagai penjaga pertahanan kita seharusnya faham formasi setiap negara.

Ketika marinir di letakan di port darwin lalu di katakan untuk menjaga laut china selatan itu jawaban DIPLOMATIS, bukan jawaban sebenarnya. Dan yang salah adalah mindsetnya memahami bentuk organisasi perang sebuah negara.

Kalau perang di laut china selatan terjadi kira kira itu perangnya bentuknya perang apa? Perang laut apa perang darat atau perang udara? Maka jawabnya adalah perang laut pastinya, kalau di indonesia angkatan laut yang menghendlenya.

Namun di armada perang amerika, perang laut itu atau NAVAL WAR adalah peranganya NAVY. Sementara marinir, di amerika sendiri, adalah angakatn perang sendiri di sejajar NAVY dan memiliki komandannya sendiri. Marinir adalah perang daratnya angkatan laut.masuknya dari laut dulu.

Maka marinir di port darwin harusnya di curigau bukan perang laut, tetapi perang masuk dari laut di darat. Dan mana daratan yang bisa di masuki paling delkat dengan port darwin? Wis sudahlah ngak usaha di bahas. Mau inflitrasi kemana ya bukan urusan kita khan? Lah wong pejabat pertahanan jangan jangan ngak faham apa lagi kita.

Yang kita maksud dalam informasi kali ini, hanya mau mengingatkan bentuk perang itu banyak, biological warfare seperti pandemic corona, itu masuk ancaman, nation threat harus nya kondisinya saat ini.

Ini semua kalau mengerti tata titi titis bernegaranya yang setiap saat selalu tumbuh sesuai jamannya. Kalau mikirnya dan mindsetnya masih kayak jaman revolusi ya berat. Apa lagi saat ini china membangun angkatan perang baru mengkounter angkatan perang ke 6 amerika.

Amerika china itu membangun angkatan perang apa sih?
Saat ini, Amerika membentuk angkatan perang ke 6 angkatan perang luar angkasa. Hal ini disahkan setelah Trump menandatangani Undang-undang yang melegalkan Pentagon untuk menyiapkan pasukan untuk melakukan perang di luar angkasa.

Ini adalah angkatan militer keenam dari Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) setelah Angkatan Darat, Laut, Udara, Marinir, dan coast guard pejaga pantai . Militer AS sendiri tidak pernah membuat angkatan baru dalam tujuh dekade terakhir.

Angkatan Luar Angkasa ini merupakan wujud dari ambisi amerika menguasai dunia yang tertera dalam Undang-undang Pertahanan Nasional amerika.

“Ketergantungan pertahanan pada kemampuan berbasis luar angkasa semakin berkembang dan saat ini luar angkasa telah berevolusi menjadi domain perang sendiri, “Angkatan Luar Angkasa AS akan melindungi kepentingan nasional Amerika dengan fokus tunggal pada antariksa. Amerika memiliki ketajaman strategi luar angkasa terbaik di dunia. Angakat luar angkasa ini menitikberatkan pada teknologi, sehingga membutuhkan lebih sedikit orang. “Ini portofolio yang berbeda dari apa yang umumnya kita pikirkan tentang mesin perang,”
” kata Menteri Pertahanan Mark Esper.

Angkatan baru ini akan terbagi jadi dua bagian, Komando Luar Angkasa dan Angkatan Antariksa. Komando akan berfokus pada pengaturan strategi pertempuran perang. Sementara Angkatan Antariksa akan mencakup misi yang lebih luas seperti pelatihan, pengadaan, perencanaan jangka panjang, dan fungsi-fungsi lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php