Michael a.k.a Survivor #9

Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 8th 2012

Yaa,, ketemu lagi sama saya dalam blog saya  kali ini. UAS tinggal menghitung hari, semoga bisa suskes ujian nanti. amin.. 😀

Sekarang saya akan membahas Data, Knowledge, and Decision Support yang telah dibahas dalam perkuliahan Selasa 27 November 2012 yang lalu. Sekarang, sumber data ada yang internal, eksternal dan personal. Seseorang dapat mengumpulkan data menggunakan teknik tertentu, misalnya Manual, dengan sensor dan peralatan, dan scanning atau electronik transfer. Dalam mengumpulkan data, tentunya seseorang harus mengetahui kualitas data

  • Kualitas menentukan kegunaan data dan keputusan yg diambil dari data tsb
  • Karakteristik high quality data: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten

Penyimpanan data ada beberapa macam, misalnya : basis data, data warehouse, dan data mart. Akan tetapi  permasalahan dalam manajemen data juga sering terjadi, masalah-masalah itu diantaranya :

  • Volume data terus meningkat.
  • Banyaknya metode dan alat mengumpulkan data.
  • Data mentah terletak di banyak tempat.
  • Terkadang hanya sebagian data yang dibutuhkan.
  • Lebih banyak data eksternal.
  • Requirements yang berbeda beda terkait data.
  • Kesulitan memilih data yang banyak.
  • Keamanan, kualitas, dan integritas data.

Data-data yang dikumpulkan tentu memiliki tujuan tertentu, yaitu sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis.

Decision Support Systems mempunyai 3 keputusan :

  1. Keputusan terstruktur
    Yaitu keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan bersifat rutin.
  2. Keputusan semiterstruktur
    Yaitu keputusan yang mempunyai sifat yakni sebagian keputusan dapat ditangani oleh komputer dan yang lain tetap harus dilakukan oleh pengambil keputusan.
  3. Keputusan tidak terstruktur
    Yaitu keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi.

 

Hasil analisa data akan lebih mudah akan lebih berguna jika ditampilkan dengan menggunakan teknik visualisasi data, yaitu berbasis grafik (Visual Interactive Modeling), menggunakan animasi/simulasi (Visual Interactive Simulation), dan menggunakan peta digital (Geographic Information Systems).

Setelah mendapat data, kita pasti mendapatkan pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi kita. Tetapi, bagaimana sistem manajemen pengetahuan yang baik ? Yaitu mengumpulkan pengetahuan, menyimpan di basis data, memelihara database, dan menyampaikan pengetahuan ke pengguna. Dalam, hal ini IT juga mendukung sistem manajemen pengetahuan, yakni dengan menemukan dan mengorganisir pengetahuan melalui internet, mengumpulkan pengetahuan yang dibutuhkan, dan memastikan bahwa ada pengguna IT maupun yang membutuhkan pengetahuan dapat mengakses pengetahuan tersebut. Sumber kunci dari pengetahuan adalah ide kreatif yang dimunculkan dari individu atau grup.

Demikian yang dapat saya bahas, semoga dapat materi yang saya ringkas ini dapat membantu dalam menambah pengetahuan kita.

Terima kasih ..

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php