Michael a.k.a Survivor #9

Computer Software

Posted: October 4th 2012

Naaaah,,,,, setelah beberapa saat lalu kita bertemu dengan Computer Hardware, sekarang saya akan membahas bagian yang tidak kalah penting dalam bagian komputer, yaitu “Computer Software”. Langsung saja . . . . Computer software dibagi dalam 2 bagian, yaitu “System Software” & “Application Software”.

  • System software : Instruksi y ang mengelola sumber daya perangkat keras/hardware.
  • Application software : Aplikasi atau instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna.

System software sendiri adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem komputer, yang mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari komputer, memfasilitasi pengembangan program,pengujian dan debugging, dan independen dari semua jenis aplikasi. Sementara itu, system software juga dibagi menjadi 2 lagi, yaitu :
System control program : berfungsi untuk mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data), serta sistem operasi.
System support program : berfungsi untuk mendukung secara khusus kemampuan program pada system software itu sendiri.

Application software adalah sebuah program yang berfungsi untuk menjalankan aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas bagi para pengguna ini. Application software juga terdiri dari 2, yaitu :
Proprietary application software : lebih mengarah pada kebutuhan bisnis yang lebih spesifik atau bahkan yang unik dari sebuah perusahaan.
Off-the-shelf application software : mengembangkan program yang dijual ke banyak perusahaan serta mendukung jenis pengelolaan yang lebih umum.

Saat ini sangat banyak pembajakan software yang terjadi di lingkungan umum. Saya sendiri pun cuma bisa membajak, karna dulu merasa sulit mendapatkan yang berlisensi… #ups

Selain bahasa manusia, di dunia ini juga terdapat bahasa pemrograman yang hanya ada di dalam komputer tetapi bagi seorang IT bisa mengerti akan bahasa tersebut. (makanya, kuliah masuk jurusan informatika supaya bisa bahasa itu juga 😀 ).

Bahasa pemrograman adalah dasar dari pengembangan sebuah aplikasi. Ada 5 generasi bahas pemrograman, yaitu :

  1. Bahasa mesin
    Bahasa mesin merupakan generasi pertama dari bahasa pemrograman yang hanya terdiri dari 2 bilangan biner yaitu 0 & 1.
  2. Bahasa assembly
    Bahasa assembly adalah generasi kedua setelah bahasa mesin yang merupakan korespondensi satu satu dengan bahasa mesin serta lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin.
  3. Bahasa prosedural
    Bahasa prosedural merupakan generasi ketiga dari bahasa pemrograman dan satu instruksi diterjemahkan kedalam banyak instruksi bahasa mesin, serta menggunakan kata yang umum. Contohnya : Cobol, C, Fortran, dll. Ada 2 bagian dari generasi ketiga ini :
    – Compiler -> menterjemahkan keseluruhan program sekaligus.
    – Interpreter -> menterjemahkan dan mengeksekusi satu sumber program pada satu waktu.
  4. Bahasa nonprosedural
    Bahasa ini adalah generasi keempat yang memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil akhir, bahasa ini juga bisa digunakan untuk technical users.
  5. Bahasa alami bahasa pemrograman

    Menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin.

Mungkin cukup itu saja yang dapat saya jelaskan dalam “Computer Software”. Semoga materi ini dapat bermanfaat terutama bagi kita yang semakin dekat dengan UTS . . . .
God Bless Us . . . 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php