Michael a.k.a Survivor #9

Computer Hardware

Posted: September 27th 2012

Yaah, walaupun keadaan sedikit kurang nyaman karna flu & batuk tetapi harus tetap semangat dan rajin dalam mengerjakan tugas yang sudah harus atau bahkan wajib dikerjakan…
Cemungudh eaaa #HunaBilang –”

Dalam pembahasan ini, saya akan mencoba me-review (ce’ileh sok bahasa inggris, bahasa indonesia aja gagap-gagap) tentang Computer Hardware yang telah dijelaskan oleh seorang vokalis Band di Indonesia yang bernama asli Sigit Purnomo (ups, peace pak :D) padahal beliau adalah seorang Dosen UAJY yang mengerti akan semua hal tentang IT (ehem, nambah nilai nih udah dipuji, hahaha).

Oke deh, cukup basa basinya dan langsung saja kepada pembahasan……
Computer Hardware terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

  1. CPU (Central Processing Unit)
  2. Memory
  3. Perangkat Input/Input Devices
  4. Perangkat Output/Output Devices

 

  • CPU
    CPU atau yang sering dikenal sebagai ‘otak’nya komputer adalah ” perangkat keras dalam sistem komputer yang melaksanakan instruksi dari sebuah program komputer dengan melakukan aritmatika dasar, logis, dan operasi input / output dari sistem” (http://en.wikipedia.org/wiki/Central_processing_unit). CPU juga memiliki beberapa komponen penting dalam susunannya, yaitu :

    1. Processor
    2. Memory
    3. Adapter Cards
      – Sound Card
      – Modem Card
      – Video Card
      – Network Card
    4. Ports
    5. Drive Bays
    6. Power Supply

Yang harus diketahui adalah bahwa CPU merupakan salah satu dari 2 bagian komponen Motherboard.

  • Memory
    Memory adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan data-data yang telah kita kerjakan. Memory juga terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

    1. Primary Storage
      Primary storage adalah tempat penyimpanan sementara yang memiliki kapasitas penyimpanan yang tinggi/besar yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja sistem komputer itu sendiri.
      Contoh : RAM, ROM, Cache Memory, dll.
    2. Seconday Storage
      Secondary storage hampir sama dengan primary storage, akan tetapi secondary storage lebih lambat penyimpanannya daripada primary storage.
      Contoh : FlashDisk, dll.

    Memory juga merupakan bagian komponen dari Motherboard.

  • Perangkat Input/Input Devices
    Perangkat input/input devices adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam memori komputer yang akhirnya menjadi perangkat output.
    Contoh : keyboard, mouse, joystick, dll.
  • Perangkat Output/Output Devices
    Perangkat output/output devices adalah perangkat lanjutan dari perangkat input yang merupakan sebuah data yang diolah menjadi sesuatu data yang berguna atau yang dapat disampaikan.
    Contoh : monitor, speaker, teks, dll.

 

Yaaaaaaaa,,,, berhubung saya sedang dalam kondisi yang kurang sehat, kurang istirahat, kurang duit dan kurang makan (maklum anak kost akhir bulan) jadi itu saja yang dapat saya bahas dalam pembahasan Computer Hardware ini. Memang kurang maksimal dan kurang sempurna (karna kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, naaah kena wejangan deh :D) jadi harap dimaklumi. Segala sesuatu kekurangan dan salah-salah kata mohon dimaafkan dan sesuatu kelebihan (apa lagi kelebihan duit) boleh dibagi-bagikan. Jangan kemana-mana, tetap tongkrongin terus blog Michael. Terima kasih. 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php