Syarat & BIAYA Kuliah PROGRAM SARJANA (12) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Universitas Atma Jaya merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta, kota yang dikenal dengan sebutan kota Pelajar. Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau dikenal dengan UAJY ini memiliki banyak jurusan kuliah yang sudah berakredikasi A dari BAN PT serta memiliki 6 fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Teknologi Industri
  2. Fakultas Bisnis Ekonomi
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Teknobiologi
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Mungkin banyak yang bertanya-tanya berapa sih biaya kuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Biaya kuliah pendidikan selalu mengalami peningkatan atau inflasi maka bisa dikatakan biaya kuliah terus bertambah mahal. Untuk mengetahui peningkatan biaya kuliah dari tahun ketahun kita harus menganalisa peningkatan biaya kuliah dari tahun-tahun sebelumnya.

Biaya kuliah Universitas Atma Jaya Yogyakarta 2 tahun terakhir (Sumber: biayakuliah.net)

Itu dia kisaran kenaikan biaya kuliah kuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kalian bisa mengetahui perkiraan biaya kuliah ditahun berikutnya dengan tabel diatas. Dibawah ini perkiraan biaya kuliah Universitas Atma Jaya Yogyakarta 2020/2021

Program Penerimaan Mahasiswa Baru

1. Jalur Unggulan

Jalur unggulan adalah program penerimaan mahasiswa baru yang penerimaannya didsarkan pada prestasi yang pernah diraih oleh calon mahasiswa baru. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui program ini tidak perlu mengikuti ujian tulis dan mendapatkan pengurangan uang gedung / Sumbangan Pengembangan Universitas (SPU).

2. Jalur Antara

Jalur antara adalah program penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi ujian tulis. Materi ujian meliputi tes kemampuan belajar dan bahasa inggris. Tes dilakukan sebelum kelulusan SMA/SMK/sederajat yang dapat dilakukan di sekolah yang ditunjuk atau UAJY.

3. Jalur Reguler

Jalur reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru yang melalui seleksi ujian tulis dengan kemampuan belajar dan bahasa inggris. Program ini memiliki jadwal tertentu dan dilaksanakan setelah UN SMA/SMK/Sederajat. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui internet atau bisa juga datang langsung ke UAJY.

4. Program PSBB Beasiswa

Program ini akan memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa bebas uang gedung atau SPU dan biaya kuliah selama 8 semester. Biaya yang dibayarkan hanya uang buku dan uang kemahasiswaan. Seleksi dilakukan 2 tahap. Bagi mahasiswa yang lolos seleksi administrasi akan lanjut seleksi wawancara.

5. Program Bidikmisi

Program ini merupakan program dari pemerintah. Bidikmisi untuk lulusan SMA/SMK/sederajat yang memiliki potensi akademik baik dan tidak bisa atau mampu secara ekonomi. UAJY merupakan salah satu PTS yang ditunjutk dan dipercaya untuk mengelola program bidikmisi ini.

Kelebihan dan Kekurangan Beriklan Melalui Internet (Digital Advertising)

Iklan mungkin kalian sudah sering melihatnya baik di TV atau iklan yang muncul di internet yang kalian lihat saat ini. Iklan tetap saja iklan sama-sama menawarkan produk atau jasa, namun iklan di TV dan di internet cukup berbeda.

Jika iklan di TV harga untuk iklannya ditentukan oleh rating sedangkan iklan di internet ditentukan oleh faktor yang lain. Iklan di TV muncul bisa ketika jeda acara, dibawah acara yang sedang tampil atau kapanpun, sedangkan iklan di internet muncul menempel dalam artikel atau melayang.

Dari perbedaan tersebut maka kita sudah bisa menarik kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan iklan yang tampil di televisi atau yang tampil di internet. Berikut ini kelebihan dan kekurangan iklan melalui internet:

Kelebihan Iklan Melalui Internet

1. Murah
Jika dibandingkan dengan beriklan di TV, radio dan surat kabar, beriklan di internet dengan media Google Adsense, Facebook Ads, Instagram Ads dan marketplace ternyata bisa lebih murah. Hal ini karena iklan memiliki cara kerja sendiri serta bisa lebih tertarget kepada siapa iklan ditujukan.

2. Gratis
Selain murah, melalui internet kita bisa beriklan dengan gratis. Seperti dengan menggunakan sosial media facebook/intagram/pinterest. Terkadang advertiser seperti Facebook ads dan Google Adsense juga memberikan kredit untuk beriklan gratis.

3. Akses Yang Luas dan Tertarget
Beriklan secara online memiliki akses yang luas sampai belahan ujung dunia. Serta lebih tertarget kepada siapa iklan ditujukan. Pernah kalian mendapatkan peringatan cookies browser? Itu adalah cara supaya iklan yang ditampil sesuai dengan keinginan anda dan relevan.

Kekurangan Iklan Melalui Internet

1. Sulit Menargetkan Pasar Bagi Pemula
Iklan melalui internet diperlukan pengetahuan periklanan untuk bisa menargetkan pasar supaya tepat sasaran sehingga tidak merugi atau iklan tidak menghasilkan apapun. Misalkan jika iklan muncul dan menuju situs anda melalui iklan hanya untuk melihat tanpa membeli produk maka anda sudah kehilangan target pasar bayangkan jika ribuan pengunjung melakukan hal yang sama.

2. Lebih Cocok Untuk Produk Digital
Memanfaatkan internet untuk beriklan lebih cocok jika memasarkan produk digital karena pengunjung bisa lebih tertarik. Apalagi jika sediakan trial untuk produk yang dipasarkan.

3 Sulit Untuk Memaksimalkan Iklan
Kurangnya pengetahuan untuk mengembangkan iklan membuat sulitnya mengembangkan iklan yang sudah dibuat atau akan dibuat untuk iklan selanjutnya. Maka diperlukan analisa untuk iklan yang sudah tayang atau analisa data yang diberikan oleh penyedia jasa periklanan digital.

Media Jaringan Supaya Bisa Terhubung Dengan Internet

Supaya dapat terhubung dengan layanan internet maka kita harus menghubungkan perangkat kita, smartphone atau komputer dengan jaringan-jaringan yang tersedia. Selain menggunakan jaringan internet kita juga bisa menggunakan media lain seperti kabel telepon atau fiber.

Jaringan-jaringan tersebut tentunya adanya berbayar namun ada juga yang gratisan, seperti jaringan Wifi. Untuk bisa mendapatkan Wifi gratis kalian bisa mengunjungi tempat-tempat umum yang biasanya menyediakan wifi gratis, seperti cafe, mall, dll. Berikut ini jaringan internet supaya kalian bisa terhubung dengan internet.

1. Melalul Jaringan

Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang dijadikan server dihubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut.

Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah ISP melalui kabel telepon atau melalui antena. Adapun untuk menghubungkan komputer ke komputer saver dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel UTP.

Biaya akses internet dengan jaringan relatif lebih murah karena biaya koneksi ditanggung oleh beberapa komputer. Itulah sebabnya biaya yang kita keluarkan untuk mengakses internet dari warnet lebih murah daripada biaya akses dari rumah dengan menggunakan kabel telepon.

2. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up)

Cara termudah untuk menghubungkan komputer kita ke internet adalah dengan menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dial up. Cara ini memiliki keunggulan karena mempunyai jaringan yang luas. Asal kita memiliki kabel telepon, modem, dan ISP maka kita dapat mengakses internet.

Saat ini koneksi internet dengan dial up telah didukung oleh teknologi kompresi data sehingga kecepatan akses dapat ditingkatkan menjadi 4-5 kalinya dari biasanya. Teknologi tersebut dikenal dengan teknologi Power Surf Dial Up.

3. Menggunakan Jaringan GPRS

GPRS (General Packet Radio Service) memiliki mampuan untuk mengomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi sedang bergerak. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. Kebutuhan industri akan komunikasi yang bergerak menyebabkan GPRS menjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini.

Sistem pentarifan layanan GPRS dilakukan bukan berdasarkan lamanya penggunaan, tetapi besarnya data yang ditransfer. Teknologi GPRS memungkinkan kita mengakses internet dari mana saja, yang penting adalah kita memiliki sebuah komputer, telepon selular yang dilengkapi fasilitas GPRS dan sebuah SIM card yang menyediakan jasa layanan GPRS.

4. Melalui WiFi

WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spektrum 2, 4 GHz. Kita dapat terhubung ke internet dengan WiFi menggunakan sebuah notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi card).

Dengan menggunakan WiFi, kita dabat mengakses internet dengan cepat. WiFi mempunyai kemampuan akses internet dengan kecepatan hingga 11 Mbps. Kita tidak membutuhkan kabel untuk terhubung ke jaringan WiFi. Namun, kita harus. berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi. Dengan Wifi kita juga bisa mendapatkan akses internet gratis yang bisa ditemui ditempat-tempat umum.

Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain sebagai berikut:

  1. Access point (titik akses) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan ethemet yang terdapat di komputer.
  2. Access controller (pengendali akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi untuk mengecek, apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
  3. Internet link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Intemet link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps.

5. Menggunakan Jaringan TV Kabel

Menggunakan jaringan TV kabel untuk menghubungkan komputer ke internet telah banyak dilakukan. Cara ini dinilai pas terutama bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga. Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.

Biasanya biaya yang dikeiuarkan untuk akses internet dengan TV kabel merupakan satu paket dengan layanan TV kabelnya. Oleh karena itu, pengguna jaringan TV kabel bebas berinternet tanpa harus menambahkan biaya pengeluaran.

Peran Internet Service Provider (ISP) dan Penyedia ISP di Indonesia

Internet tidak hanya sebuah mesin atau server jaringan kerja yang dapat dihubungi setiap orang. Internet adalah sebuah kumpulan jaringan kerja yang semuanya dihubungkan dengan melalui gerbang khusus (gateway) yang memungkinkan berbagai macam jaringan kerja saling berkomunikasi.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, kita tidak sekedar mempunyai alat atau hardware komunikasi ke internet tetapi kita harus mempunyai ijin akses. Hal ini disebabkan seluruh pemakai Internet ataupun server diorganisasi secara maksimal, antar lain pemberian account oleh subnet atau provider berupa user name dan password.

Setelah masuk ke dalam koneksi ISP, selanjutnya kalian bebas menggunakan layanan yang tersedia. Untuk dapat terhubung ke internet maka kita harus memiliki komputer, modem, jaringan telepon, dan mendaftar pada sebuah perusahaan penyedia jasa layanan intemet (Internet Service Provider).

Penyedia ISP di Indonesia

Cara yang paling mudah bagi kita untuk memperoleh akses ke internet adalah dengan menghubungi Penyedia ISP. Sebuah penyedia ISP umumnya mengoperasikan sistem jenis papan buletin yang berisi informasinya sendiri atau infomasi layanan lain di seluruh dunia. Berikut adalah penyedia ISP di Indonesia.

  • Biznet
  • First Media
  • MNC Play Media
  • MyRepublic
  • Telkom

Jenis-Jenis Jaringan Internet Beserta Dengan Penjelasan dan Fungsinya

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan.

Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan dapatanya terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya, misalnya CDROM, printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling ber. komunikasi secara elektronik.

Komputer yang terhubung tersebut dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah. Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu sebagai berikut:

Macam-Macam Jaringan Internet

  1. Local Area Network (LAN)
    Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrlk-pabrik untuk memakai bersama sumber daya dan saling bertukar informasi.
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
    Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya rnenggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel..
  3. Wide Area Network (WAN)
    Wide Area Network (WAN) memiliki jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, sering kali mencakup sebuah negara, bahkan benua. WAN terdiri atas kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program pemaka.
  4. Jaringan Tanpa Kabel
    Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak dapat dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabell. Misalnya, orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di dalam mobil atau pesawat terbang maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan.

Hal ini karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini, jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan.

Alasan Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Infomasi

  • Dapat selalu berhubungan dengan teman, relasi, keluarga, kolega yang berada di seluruh dunia dengan biaya murah
  • Dengan banyak news group internet, Anda dapat bergabung dan berdiskusi mengenai berbagai topik yang sangat komplek macamnya
  • Ribuan database teks, suara, gambar dimanapun berada, dapat anda lihat dan dengar dengan mudah.
  • Dapat membuka segala jenis dokumen, file, baik dari cerita biasa sampai dengan dokumen intelektual dan aktual secara gratis dan bebas.
  • Dapat bermain game secara interaktif, bahkan dengan teman surfing internet yang berada di tempat lain.

Deskripsi Cara Mengakses dan Menggunakan Internet

Bagaimana cara menggunakan internet? Deskripsi menggunakan internet seperti apa? Untuk menggunakan internet hal pertama adalah menyiapkan perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses internet, perangkat tersebut meliputi perangkat keras dan lunak.

Ada tiga tahapan utama dalam rangka instalasi program untuk menyiapkan diri sebagai pemakai atau user dalam hubungan jenis sistem PPP (Point-to-Point Protocol), yaitu:

1. Menginstal Modem
Untuk cara menginstal modem di komputer/laptop sangatlah mudah. Silakan kalian cari file drive untuk instal modem. Klik 2x drive instaler modem lalu pilih bahasa dan lokasi penyimpanan file modem, lalu tinggal klik next saja.

2. TCP/IP
Program atau Software yang menyediakan hubungan PPP menggunakan protocol jaringan kerja khusus, yang disebut dengan Transmition Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/ IP). TCP seting Anda lalui saat menggunakan internet. TCP/lP ini harus disiapkan dahulu hubungannya saat kita akan melakukan Dial-up Networkin.

3. Program Dial-Up Networking
Untuk menyediakan program yang menyebabkan kita dapat menghubungi ISP dengan nomor IP DNS yang ditentukan oleh TCP/IP, dilakukan dengan menggunakan Modem sesuai spesifikasi yang ditentukan dan sambungan telepon yang tersedia.

Daftar Perangkat Untuk Bisa Terhubung Dengan Internet | Kegunaan dan Fungsinya

Untuk bisa menggunakan internet anda membutuh perangkat yang sudah didesain supaya bisa digunakan untuk berinternetan. Zaman sekarang ini kita sudah bisa mudah berinternetan dengan smartphone tanpa harus menggunakan laptop atau pc.

Di zaman yang maju akan teknologi ini kita dipermudah dalam mengakses internet terlebih lagi dengan biaya yang cukup terjangkau. Tidak zaman dulu yang membutuhkan perangkat bermacam-macam. supaya dapat terhubung internet. Berikut ini perangkat yang diperlukan agar dapat berinternetan.

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Akses Internet

A. Perangkat keras (Hardware)

1. Komputer/Laptop
Komputer/laptop adalah hal yang utama dan mutiak sebagai syarat untuk mengakses internet. Spesifikasi komputer/laptop yang digunakan dan koneksi melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja dalam mengakses internet

2. Smartphone
Selain menggunakan komputer kini berinternetan bisa menggunakan smartphone yang sudah canggih-canggih. Sekarang ini semua smartphone pastinya sudah didesain agar bisa digunakan untuk mengakses internet.

3. Modem
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator (modulasi demodulasi), yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai proses perubahan denyut elektronis komputer menjadi suara atau audio (modulasi) sehingga dapat dikirim melalui telepon.

4. Kabel Telepon
Saluran telepon merupakan salah satu syarat yang paling utama untuk akses internet. Saluran telepon ini digunakan jika anda ingin berlangganan paket internet untuk rumahan, seperti Indihome, Biznet, dll.

5. ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah sebuah badan atau organisasi yang menyediakan pelayanan jasa internet. Jika kita ingin mengakses internet dan terhubung dengan jaringan telepon melalui modem atau kartu internet maka anda harus mendaftarkan diri kepada penyedia internet. ISP di Indonesia seperti: Telkom, Indosat, XL, Smartfren, dll.

B. Perangkat lunak (Software)

Software dibutuhkan untuk berhubungan dengan internet. Tanpa software yang sesuai, kita tidak dapat mengakses internet. Kebutuhan software sangat ditentukan oleh kebutuhan hardware yang digunakan

1. Browser
Browser adalah software yang digunakan untuk berselancar di internet. Browser digunakan untuk mengakses url situs internet yang ingin dikunjungi. Sekarang ini sudah banyak browser yang bisa digunakan, seperti Mozilla, Microsoft Edge, UC Browser, Chrome, dll.

2. Aplikasi Sosmed
Nah mengakses internet dengan browser, kalian juga bisa mengakses internet dengan menginstal aplikasi sosial media supaya terhubung dengan internet. Aplikasi sosmed yang cukup banyak digunakan saat ini ialah Facebook, Instagram, WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Berbagi Sesuatu Yang Dapat Dibagikan

css.php