MELIANA

Electronic Commerce

Posted: November 19th 2012

merce Definisi dan Konsep

Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet

EC didefinisikan dari perspektif :
– komunikasi
– proses bisnis
– layanan
– online
– kolaborasi
– masyarakat

 

Tradisional commerce: semua dimensi yang fisik
Brick-and-mortar organizations:

–          Lama-ekonomi organisasi (perusahaan)

–          Lakukan semua bisnis off-line

–          Menjual produk fisik dengan cara agen fisik

Pure EC: semua dimensi adalah digital
– Murni secara online (maya) organisasi
– Baru-ekonomi organisasi
– Menjual produk atau jasa hanya online

Partial EC: campuran dimensi digital dan fisik
– Klik-dan-mortir organisasi
– Melakukan kegiatan EC
– Apakah bisnis utama mereka di dunia fisik

EC Sejarah
Dimulai pada awal 1970-an (jauh sebelum Internet terbuka untuk penggunaan komersial)
Terbatas untuk perusahaan besar awalnya
Dana Elektronik Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

Scope Today Includes

-pengiklanan
-rumah perbankan
-berbelanja di toko-toko elektronik dan mal
-membeli saham
-mencari pekerjaan
-melakukan lelang
-berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia
-menyediakan layanan pelanggan
Jenis EC

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

EC Kerangka

EC aplikasi yang didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan
– Orang-orang(buyers,sellers, Intermediaries, services, IS People,and Management)
– Kebijakan publik (Taxes, Legal, Privacy Issues, Regulations, and techincal standards)
– Standar teknis dan protokol
– Mitra bisnis
– Dukungan layanan

Electronic Markets vs. Inter-organizational Systems

E-markets

  • Pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar
    -barang
    -layanan
    -uang
    -informasi

Inter-organizational Information Systems (IOS)

– Antara dua atau lebih organisasi
– Rutin pemrosesan transaksi
– arus informasi

Pada zaman sekarang penggunaan E-Markets sangat berguna, dimana sekarang sudah modern dan cara yang efektif dalam dunia bisnis adalah E-markets. fungsi perdagangan utama dan fitur yang ditemukan pada bisnis-ke-bisnis platform internet, seperti e-markets . Dalam lelang, produk tertentu atau jumlah tertentu dari produk sedang ditempatkan untuk dijual. Lelang dimulai dan berakhir pada waktu yang telah ditetapkan. Pembeli kemudian dapat mengajukan tawaran selama periode waktu

Catalogue
Sebuah daftar produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Beberapa daftar katalog produk informasi pada tingkat umum, yang lain sangat rinci. Beberapa cukup informatif sementara yang lain lebih promosi. Beberapa membawa gambar dan yang lainnya tidak. Katalog memudahkan pencarian produk dan pemasok dalam industri dengan berbagai macam produk dan produsen. Harga dipublikasikan dalam katalog umumnya tetap dan sering tidak diungkapkan kepada pelanggan sebelum pendaftaran sejak pembeli yang berbeda mungkin telah menyepakati harga yang berbeda.
Iklan baris
Iklan Baris menampilkan tawaran produk tertentu untuk dijual atau diinginkan oleh pembeli. Iklan diurutkan menurut jenis produk, merek atau perusahaan. Mereka sangat mirip dengan “dijual” bagian di koran atau majalah perdagangan dan sering terfokus pada industri atau berbagai produk tertentu. Fungsi ini juga bisa disebut sebagai papan pengumuman, di mana pembeli dan penjual posting hal-hal yang mereka ingin membeli atau menjual.
Order online
Ketika order dapat ditempatkan secara online untuk artikel terdaftar untuk dijual dalam katalog atau iklan baris. Perintah untuk penjual berbagai bisa dengan cara ini ditempatkan langsung pada pasar .
Reverse pelelangan
Juga disebut sumber lelang atau lelang pembeli, membantu uyers untuk menemukan pemasok termurah untuk kontrak. Dalam lelang pemasok potensial mengajukan penawaran, menurunkan harga jual untuk setiap penawaran yang diajukan. Mereka harga lebih rendah satu sama lain sampai pemasok dengan penawaran terendah memenangkan kontrak. Lelang terbalik sering terjadi pada platform Internet dedicated, tetapi mereka juga dapat ditemukan sebagai bagian dari yang lebih besar platform internet B2B atau sebagai elemen dalam perusahaan perangkat lunak untuk manajemen pasokan.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

INTERNET, INTRANETS DAN EXTRANETS

Go to post

Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php