MELIANA

Telecommunications and Networks

Posted: November 10th 2012

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ketempat lain. Sedangkan Jaringan (network) adalah peralatan, media, dan perangkat lunak komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer.

Komponen dari sistem telecomm adalah

v  Hardware

v  Media

v  Networks

v  Software

v  Data communication providers

v  Protocols

v  Applications

Jenis media komunikasi yang digunakan dalam sistem Telecomm adalah

  • Transmission speed
    • Bandwidth – rentang frekuensi yang tersedia  dalam saluran
    • More bandwidth, more channel capacity
  • Transmission mode
    • Character by character (asynchronous)
    • Streams of characters (synchronous)
  • Transmission accuracy
    •  Accuracy controls di tambahkan pada messages
    •  Error detection dan correction diperlukan

Jenis-jenis jaringan:

  • Local Area Network (LAN) : jaringan yang jarak cakupan geografis nya relatif kecil. Menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan resource sharing.Berbagai topologi dapat digunakan, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan .Beberapa LANs bisa dihubungkan melalui bridges. LANs bisa dihubungkan ke external networks melalui gateways.
  • Wide Area Network (WAN) : jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. Layanan di sediakan oleh operator. Internet adalah WAN yg bersifat public .Value-added networks (VAN) – private, data-only networks, dikelola oleh pihak ketiga diakses melalu berlangganan .Virtual private network (VPN) – secure gateway antara corporate systems dan Internet.

Cara untuk mengatur pemrosesan jaringan adalah Manajer IS berupaya menyediakan network response time  yang baik dan network availability.Proses terdistribusi memungkinkan komputer di berbagai lokasi untuk berkomunikasi melalui links telekomunikasi

  • Terminal-to-host processing
  • File server processing
  • Client/server architecture and processing

Cara untuk memanfaatkan jaringan dalam bisnis saat ini adalah pada bidang bisnis perusahaan, manfaat yang dapat dirasakan adalah proses transaksi yang terintegrasi dengan baik, mempercepat pendistribusian data dan informasi untuk pengambilan keputusan, perlindungan keamanan data dan informasi lebih terjamin. Selain itu  perusahaan telah belajar untuk menggunakan jaringan sosial untuk meningkatkan penjualan, membangun daftar kontak bisnis, memperluas batas-batas geografis dan berkonsultasi dengan para ahli lainnya di lapangan. Pemilik bisnis rumahan dapat berhasil berpartisipasi dalam jaringan sosial selama mereka tetap sederhana, konservatif dan profesional setiap saat.

 

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

managing data and information

Go to post

INTERNET, INTRANETS DAN EXTRANETS

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php