MELIANA

managing data and information

Posted: October 15th 2012

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Sedangkan, informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi,ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Data diproses kemudian menjadi sebuah informasi.

Dasar dari penyusunan data:

Hirarki data : basis data yang mengandung file, file mengandung records, record mengandung fields, field mengandung characters.

–          Field : pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata,kalimat, atau angka

–          Record : pengelompokan logis dari field yang terkait

–          File : pengelompokan logis dari records yang terkait

–          Database : pengelompokan logis dari files yang terkait

File processing system adalah masing masing department atau  area dari organisasi yang memiliki kumpulan file sendiri  dan Records dari satu file dapat tidak terkait dengan records dari file lainnya.

Struktur Traditional file menimbulkan banyak data management problems karena :

  1. Data redundancy (data yang sama ditemukan dibeberapa tempat)
  2. Data inconsistency(salinan berbagai data tidak lagi sama)
  3. Data integrity(data harus akurat dan besar)
  4. Security (sulit membatasi akses ke berbagai data pada berbagai aplikasi)
  5. Data isolation(data pada file data dari beberapa aplikasi sulit di akses data integrasikan)
  6. Application/data dependence( aplikasi dikembangkan berdasarkan bagaimana data di simpan).

Databases Management System adalah software yang menyediakan akses ke database, data yang disimpan pada satu lokasi,dapat di ambil atau di update. DBMS melindungi pengguna dari keharusan untuk mengetahui physical location data; user hanya cukup mengetahui bagaimana data di organisasikan secara logika. DBMS membantu menyelesaikan masalah dari struktur traditional file yang menimbulkan banyak data management problems. Pengguna lebih di arahkan pada logical view dari data. Logical view-menampilkan data dengan format yang dipahami.

Saat organisasi membangun struktur DB yang baik, pengambilan keputusan dan pengetahuan akan meningkat melalui data warehouses  dan penggunaan data mining tools .Dalam data warehouse,sistem basis data yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan, penekanan pada pengorganisasian data yang baik dan mudah dipahami sehingga pengguna bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan(queries), data yang disimpan adalah data saat ini,masa lalu, detil dan rangkuman data,dan terdapat metada(data tentang data) untuk membantu melacak isi dari data warehouse. Dalam data mining, mengekstrak pengetahuan dari data warehouse,menggunakan algoritma tingkat tinggi untuk menemukan pola tersembunyi,korelasi,dan relasi.

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

computer software

Go to post

Telecommunications and Networks

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php