MELIANA

computer software

Posted: October 15th 2012

Dalam dunia teknologi informasi kita sering mendengar kata software. Sebenarnya apa sih software itu? Ada yang mengatakan bahwa tanpa software, maka suatu komputer tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software dapat dikategorikan sebagai perangkat lunak dan perangkat lunak system aplikasi. Sistem software melakukan instruksi yangg mengelola sumber daya perangkat keras/hardware sedangkan application software melakukan instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna. Systems software menyediakan antar muka antara hardware dan application software. Application software menjalankan fungsi bisnis yg spesifik. Tipe dari software aplikasi :

  • Proprietary application software
    • Mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik dari perusahaan
  • Off-the-shelf application software
    • Vendor mengembangkan program yang dijual kebanyak perusahaan
    • Bisa dalam paket yang standar atau customizable

Bahasa pemrogramaan menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan perintah ke komputer. Berbagai bahasa pemrogramaan memungkinkan orang untuk  memberitahu komputer apa yang harus dikerjakan.dan bahasa pemrograman juga adalah dasar dari pengembangan aplikasi. Komputer memahami program :

Program ditulis menggunakan bahasa pemrograman→Translator program→Program di tulis pada bahasa mesin.

Perusahaan mencari solusi perangkat lunak enterprise yang luas untuk menyediakan sistem organisasi yang terintegrarsi yaitu dengan paket software dan modul fungsionalitas yang terintegrasi (i.e.,human resource,operations,marketing,finance,accounting,etc.), menggunakan middleware untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda dan enterprise software yang mengelola semua operasi di dalam organisasi.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

computer hardware

Go to post

managing data and information

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php