MELIANA

computer hardware

Posted: September 30th 2012

Dalam pertemuan ini membahas tentang computer hardware. Kita tahu bahwa Komputer itu memiliki perangkat keras. Komponen perangkat keras dalam sistem informasi adalah

  • CPU (central processing unit)/system unit
  • Memory (primary and secondary storage)
  • Input devices
  • Output devices

Dalam CPU ada dua komponen utama pada motherboard yaitu CPU yang juga disebut prosesor(Melaksanakan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan), dan Memory yang bertugas untuk menyimpan dan memegang data dan instruksi. Peran CPU memang sangat penting dalam computer, CPU  adalah memproses data yang diterima dari masukan (input), seterusnya akan menghasilkan keluaran (output) atau  melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak . Bisa dibilang CPU merupakan sebuah kalkulator.  Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika  terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.  Komponen dari CPU yaitu:

–          Control Unit (Mengakses,menafsirkan,mengontrol sebuah data).

–          Arithmetic-Logic Unit- (Melakukan perhitungan dan perbandingan data).

–          Registers (Penyimpanan data)Primary Storage(Penyimpanan sementara dalam menyimpan information,application software dan operating systems. Selain, primary strage ,Sekunder strorage juga merupakan penyimpanan (lebih murah, memori dapat dihapus secara elektronik, kapasitasnya besar).

Input devices adalah komponen hardware yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi. Ada dua jenis input devices yaitu data yang berisi teks yang belum diolah,gambar,audio dan video dan yang kedua Instruksi yang berisi Programs, Commands, User responses. Alat-alat input devices adalah yang dioperasikan manusia (Keyboard ,Mice / trackball ,Touch screens ,Stylus, Joystick, Microphone) sedangkan yang  Otomatis (ATMs, POSs, Optical Scanners, Voice recognition, Sensors, dan Cameras)

Output devices adalah komponen  hardware yang  menyampaikan/menginformasikan kepada pengguna. Data yang telah diolah berbentuk, lalu disebut informasi.

Strategis untuk kemajuan teknologi hardware yaitu :

  1. Produktivitas(karyawan meningkat kekuatan mikroprosesor dan meningkatkan kecepatan)
  2. Mengubah gaya kerja(gaya kerja baru akan menguntungkan karyawan dan perusahaan secara keseluruhan)
  3. Produk yang baru dan layanan(organisasi siap dan mampu mengambil keuntungan dari produk dan layanan baru bahwa kemajuan perangkat keras dapat memungkinkan untuk bisnis)
  4. Peningkatan Komunikasi(organisasi siap untuk menggunakan multimedia untuk berbagi pengetahuan)

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

IT IN MODERN ORGANIZATIONS

Go to post

computer software

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php