Cara Melatih Suara Burung Kicau Lebih Panjang

Cara Melatih Suara Burung Kicau Lebih Panjang – Bagi pecinta burung berkicau, suara kicauan burung adalah hal pertama yang harus terdapat di teras rumah tempat tinggalnya. Bahkan bagi para pencinta burung yang lain mereka tidak hanya memelihara satu burung saja melainkan ada banyak jenis burung yang suara kicauannya begitu indah. Salah satunya burung lovebird.

SUARA BURUNG

Baca juga artikel lain di : https://blogs.uajy.ac.id/medikom/

            Burung lovebird memiliki suara kicauan yang begitu indah juga napasnya yang panjang hal inilah yang menarik minat para pecinta burung untuk memeliharanya. Di samping kicauannya yang bagus burung lovebird juga memiliki banyak variasi yang akan menambah keanggunan dari burung tersebut. Serta burun g lovebird ini juga termasuk burung yang bisa dijinakkan sehingga tidak akan terbang jauh ketika di letakkan diluar sangkar.

            Banyak pecinta burung di Indonesia yang tertarik memeliharanya sejak kecil. Karena jika memelihara burung lovebird dari sejak kecil para pecinta burung bisa menentukan suara burung kicau tersebut dengan cara pemasteran. Pemasteran adalah salah satu cara untuk melatih burung yang Anda pelihara dengan metode menirukan suara burung lainnya.

Proses pemasteran pada burung pun tidak membutuhkan waktu yang begitu lama. Jika Anda memeliharanya dari sejak kecil, mungkin dapat diperkirakan lima bulan kemudian pemasteran tersebut akan berhasil.

            Suara burung kicau yang hendak Anda jadikan bahan tiruan pun bervariasi  karena sifat alamiah burung Adalah meniru apa yang dia dengar. Jika Anda hendak memaster burung lovebird dengan suara burung murai batu dalam jangka waktu tertentu, maka burung lovebird Anda akan berkicau layaknya kicauan burung murai.

            Disamping itu, selain Anda bisa membuat burng lovebird berkicau sesuai yang Anda inginkan, anda juga dapat mendengar suara kicauan lovebird lebih panjang dari biasanya. Adapun metode- metodenya adalah sebagai berikut :

Merawat dan Menjaga Kebersihan

Kebersihan pasti  akan sangat menentukan terhadap kesehatan burung serta kualitas suara yang dihasilkan. Bagi Anda pecinta burung hendaklah menjaga kebersihannya baik kandang ataupun bdan dari burung tersebut. Bagaimana mungkin burung dapat bergerak aktif dan menghasilkan suara yang bagus jika keadaannya tidak bersih.

Memandikannya

Mungkin bagi Anda yang pemula akan sangat tabu mendengar sesseorang yang memandikan burung peliharaannya. Tapi penting bagi Anda untuk mengetahuinya bahwa memandikan burung peliharaan akan membuat burung tersebut lebih fresh dan juga akan menghilangkan bakteri- bakteri yang melekat pada tubuhnya. Dengan keadaan burung yang sehat dan bersih pasti akan menghasilkan suara burung kicau Anda tampak lebih panjang. Coba simak di link http://mahkotailmu.com/ .

Perdengarkan Baginya Suara Kicauan Burung Lainnya Yang Berdurasi Panjang

Memang, untuk menghasilkan suara burung yang berkualitas dan merdu dibutuhkan keuletan dalam pemasterannya. Anda dapat meletakkan audio suara burung berkicau didekat sangkar burung yang anda pelihara hal ini akan membuat burung tersebut menirukan suara kicauan burung yang di dengarkan itu.

Dari beberapa langkah- langkah diatas dapat Anda mencobanya sendiri. Jika burung lovebird yang hendak Anda jadikan peliharaan karenasuara burung kicau nya yang merdu dan dapat dilatih lebih panjang lagi, alangkah baiknya Anda juga menambahkan burung betina untuk melancarkan selama proses pemasteran. Karena dialam bebas burung lovebird dapat berkicau sepanjang hari ketika ia berada didekat sang betina.

Pengertian, Kelebihan dan kelemahan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface)

Pengertian, Kelebihan dan kelemahan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface)

Pengertian Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface)

Operasi GUI atau Graphical User Interface adalah sistem operasi komputer yang menggunakan antar muka atau tampilan grafis. Tampilan ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses dan menjalankan komputer. Cursor pada layar yang sangat mudah digerakkan menggunakan mouse, sistem operasi jenis ini sangat cocok untuk pemula. Pada layar desktop juga disediakan berbagai macam tool dan shorcut yang memudahkan kita untuk mengakses aplikasi tertentu. Pada antarmuka GUI terdapat jendela, menu, tombol, icon, dll yang didesain supaya pengguna lebih mudah, nyaman, dll (user friendly) dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi.

Sistem operasi berbasis GUI merupakan sistem operasi primadona dijaman sekarang. Para pengembang sistem operasi berlomba-lomba untuk menyempurnakan tampilan agar lebih mudah digunakan dan lebih menarik.

Contoh sistem operasi berbasis GUI yang paling banyak digunakan adalah sistem operasi keluarga windows, linux dan Mac OS:

Sistem Operasi Microsoft Windows:

  • Windows Xp
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 10

Sistem Operasi Linux:

  • Debian
  • Ubuntu
  • Kubuntu
  • Xandros
  • Mandrake
  • Fedora Core
  • Knoppix
  • Redhat

Sistem Operasi Mac OS:

  • Macintosh Versi PowerPC
  • Mac OS X

Kelebihan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface)

  • User friendly dan tampilan lebih menarik
  • Tidak perlu menghafalkan perintah untuk bisa menjalankan sistem operasi
  • Lebih mudah digunakan

Kekurangan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface)

  • Membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang tinggi telebih pada VGA Card
  • Performa lebih lambat
  • Mudah terserang virus


beranda

Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer

Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer

Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (HTTP Secure)

Ketika kita mengakses website tertentu pada browser tentunya sebelum nama domain maka pada url akan terdapat tulisan http://namadomain atau https://www.namadomain. Sekarang yang menjadi pertanyaan apa perbedaan antara http:// dan https://? karena kalau kita lihat website-website profesional dan cenderus besar hampir semua menggunakan https://.

Sebelum kita mengetahui perbedaan antara http:// dan https:// kita wajib tahu terlebih dahulu apa itu http dan https. Berikut ulasan http dan https secara singkat:

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protocol dalam jaringan komputer yang digunakan untuk pengiriman paket data kedalam www (world wide web). Selain itu HTTP adalah sebuah protocol jaringan yang digunakan sebagai komunikasi data dalam dunia internet untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif dan menggunakan hypermedia.

Pengertian HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)HTTPS atau HTTP Secure adalah protocol http versi aman atau protocol komunikasi yang aman dalam jaringan karena http Secure membuat perintah atau data yang melalui protocol ini akan  dilindungi dengan sistem encryp (enkripsi data) melalui berbagai format sehingga akan menyulitkan para hacker untuk mencuri informasi.

Perbedaan HTTP dan HTTPS Pada Jaringan Komputer

1. Port yang digunakan oleh http dan https
Perbedaan utama antara http dan https adalah terletak pada port yan digunakan. Pada dasarnya port yang digunakan oleh protokol http adalah port 80 sedangkan port yang digunakan untuk protokol https adalah port 443.

2. Cara Kerja dari HTTP dan HTTPS
Selainport yang digunakan perbedaan juga terdapat pada cara kerja dari kedua protocol tersebut dalam mengirimkan paket data. Pada dasarnya HTTP dan https sama-sama protokol yang digunakan untuk mengiriman paket data akan tetapi https adalah versi aman dari http sehingga bisa diartikan HTTP tidak memberikan pengamanan komunikasi anatar komputer server dan komputer client sedangkan https menambahkan pengamanan yang lebih dengan menggunakan sistem enkripsi sehingga antara client dan server dapat berkomunikasi dengan aman.

3. Kelebihan HTTP dibandingkan HTTPS

  • Para pengguna akan merasa lebih aman karena data mereka akan terlindungi dengan baik yang mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung.
  • Mengamankan transaksi yang ada di website dengan enkripsi termasuk data kartu kredit, password, dll.
  • Website yang menggunakan https akan mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Seal di website.

beranda

Cara Membuat Margin Skripsi 4 4 3 3 di Microsoft Word

Cara Membuat Margin Skripsi 4 4 3 3 di Microsoft Word

Cara Membuat Margin Skripsi 4 4 3 3 di Microsoft Word

Ukuran Paper dan Margin untuk skripsi

Margin merupakan jarak tepi kertas / halaman yang ada di microsoft word. Biasanya jika kita ingin membuat skripsi sudah ada ukuran standar yang digunakan. Pengaturan margin dilakukan pada saat sebelum kita menuliskan skripsi sehingga hasilnya akan akan lebih baik. Untuk pembuatan skripsi dan makalah bisanya menggunakan kertas A4.

Pengaturan Margin Skripsi

Skripsi biasanya memerlukan pengaturan margin khusus sehingga tidak bisa disamakan dengan pembuatan artikel atau pembuatan surat menyurat. Ukuran paper yang digunakan pun harus menggunakan A4 sehingga hampir semua ukuran kertas dan margin untuk pembuatan skripsi sama.

Ukuran margin yang digunakan untuk membuat makalah dan skripsi adalah sebagai berikut:

Top: 4 cm ; Left : 4 cm ; Bottom : 3 cm ; Right : 3 cm

Langkah-langkah membuat margin skripsi 4 4 3 3

Ada beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk membuat mengatur margin skripsi menjadi 4 4 3 3. Berikut adalah langkah-langkah mengatur margin skripsi:
1. Langkah pertama kita masuk ke menu page setup di ms word
2. Caranya klik Menu Page Layout pada Menu Bar
3. Selanjutnya pilih Menu margin, maka akan muncul pop up margin, kemudian pilih Custom
4. Maka akan muncul jendela Page Setup

5. Pada menu Margin atur margin sebagai berikut: Top: 4 cm ; Left : 4 cm ; Bottom : 3 cm ; Right : 3 cm
6. Selanjutnya masuk ke menu Paper

7. Pada menu ini atur paper size menjadi A4
8. Selanjutnya adalah klik OK untuk membuat margin skripsi 4 4 3 3

beranda

Cara Mudah Menuliskan Ayat Al Qur’an Di Dalam Ms. Word

Cara Mudah Menuliskan Ayat Al Qur’an Di Dalam Ms. Word

Cara Mudah Menuliskan Ayat Al Qur’an Di Dalam Ms. Word

Menampilkan Ayat Al-Quran di Microsoft Word

Cara paling mudah dan sederhana untuk memasukan dan menuliskan ayat Al Quran di dalam dokumen microsoft word baik itu ms word 2007, 2010 dan 2013 akan kita bahas pada tutorial Microsoft Word kali ini. Beberapa orang akan kesulitan ketika ingin memasukan tulisan arab atau ayat tertentu dalam Al Quran apalagi seorang guru bahasa arab atau guru agama islam akan lebih sering untuk membuat tulisan didalam microsoft word yang memuat ayat-ayat Al Quran, baik itu untuk membuat soal pada pelajaran Agama ISlam atau membuat artikel atau tulisan dan karya tulis mereka.

Aplikasi Untuk Menuliskan Ayat Al-Quran di Ms. Word

Untuk itu mungkin ini akan bisa sedikit membantu untuk memudahkan kita untuk memasukkan ayat-ayat al Quran didalam dokumen ms word. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Quran In Word yang dikembangkan oleh Muhamad Taufiq. Semoga aplikasi yang anda buat bisa bermanfaat dan bisa menjadi amal baik untukmu. Quran In Word bisa didownload secara di situs http://taufiqproduct.com

Fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi Quran In WOrd

  1. Menampilkan Arab dan terjemahannya
  2. Menu pilihan surat dan ayat tertentu
  3. Automatic Replace
  4. Menampilkan ayat dan terjemahannya berdasarkan ayat atau diterjemahkan per ayat
  5. Didukung banyak bahasa yang meliputi: Indonesia, Malaysia, Perancis, German, Inggris, Rusia dan lain-lain
  6. Mampu Menampilkan Unicode Text

Cara Menuliskan ayat al Quran di Ms Word
1. Instal terlebih dahulu aplikasi Quran In Word
2. Selanjutnya buka ms word anda
3. Klik Menu Add-Ins pada menu bar
4. Maka akan muncul menu Al-Quran
5. Pilih Get Arabic atau Get Arabic + translation untuk ayat dan terjemahannya
6. Maka akan muncul jendela Choose Surah dan Ayat

7. Pilih nama surat nya dan Ayat yang akan ditampilkan
8. Klik OK untuk menuliskan ayat al Quran dalam ms word

beranda

Cara Membuat Header Footer Berbeda Tiap Halaman ganjil Genap Di Ms Word – Tutorial Ms Word

Cara Membuat Header Footer Berbeda Tiap Halaman ganjil Genap Di Ms Word – Tutorial Ms Word

Cara Membuat Header Footer Berbeda Tiap Halaman ganjil Genap Di Ms Word – Tutorial Ms Word

Membuat Header dan Footer berbeda pada tiap halaman

Header dan footer adalah kolom atas dan kolom bawah yang ada di ms word dimana pada kolom ini bisa diisi dengan tulisan atau keterangan dari halaman atau dokumen. umumnya header dan footer biasanya berisi keterangan dokumen atau nomor halaman pada dokumen di ms word. Saat kita menambahkan header atau footer pada dokumen ms word maka jika kita memberi satu keterangan pada halaman maka semua halaman akan mengikuti. Untuk itu pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi cara membuat header dan footer berbeda pada tiap halaman ganjil genap.

Langkah Membuat Header dan Footer berbeda pada tiap halaman

Untuk membuat header dan footer pada halaman ganjil dan genap berbeda-beda, kita bisa melakukan pengaturan pada menu design. Berikut langkah-langkah paling mudah untuk membuat Header dan Footer berbeda pada tiap halaman:

1. Buka dokumen ms word yang akan di berikan header dan footer yang berbeda
2. Klik Insert pada menu bar3. Pada menu Header dan Footer pilih header atau footer
4. Selanjutnya berikan keterangan pada Header atau Footer pada halaman ganjil
5. Pada halaman selanjutnya (halaman genap) klik menu Design

6. Selanjutnya pada menu Option centang pada menu Different Odd & Even Pages
7. Maka semua dokumen ganjil dan genap akan mengikuti pengaturan diatas
8. Selanjutnya klik menu Close Header and Footer

beranda

Pengertian dan Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang cakupan areanya sangat besar dan luas sehingga bisa mencakup wilayah antar negara, benua, atau di seluruh dunia. Jaringan WAN biasanya lebih mengarah pada jaringan internet, karena internet sendiri merupakan contoh jaringan WAN yang paling sering digunakan pada saat ini.

Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.

Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jarngan Komputer

Jaringan WAN berfungsi untuk menghubungkan komputer, router, modem, jaringan LAN, jaringan MAN, dan jaringan lain diseluruh dunia. kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan saudara yang ada diluar negeri sehingga sangat memudahkan kita dalam melakukan komunikasi dengan kerabat, teman ataupun saudara.

Disamping itu pengiriman paket secara datagram, dalam jaringan IP juga dikenal pengiriman paket secara connection oriented dimana sebelum paket dikirim, dilakukan setup koneksi logika dari tempat asal ke tujuan oleh proses packet control dengan request logical connection agar paket suatu informasi menempuh rute yang sama. Mode koneksi ini disebut virtual circuit, tetapi tidak seperti pada jaringan circuit switched yang menduduki kanal (bandwidth/resources) secara monopoli, dalam virtual circuit penggunaan resources masih dalam pola sharing. Dengan cara demikian urutan paket bisa dijamin, tetapi tingkat kontinuitas real time tidak dijamin, sangat bergantung pada kapasitas dan tingkat kepadatan trafik dalam jaringan. Dengan mode virtual circuit ini memungkinkan suatu kelompok organisasi/perusahaan memiliki jaringan privat (semacam jaringan PBX) secara virtual (disebut IP VPN / Virtual Private Network),atau semacam jaringan PBX (Private Branch Exchange) tetapi lingkup area tidak terbatas seperti PABX karena jaringan yang dibangun dalam IP VPN bukan secara fisik melainkan secara logika dan pembentukan jaringan hanya saat diperlukan saja sehingga lingkup jaringan pribadi IP VPN dapat mencakup area nasional bahkan internasional.

Jaringan berbasis packet switched lain yang banyak dikembangkan di AS adalah jaringan ATM (Asynchronus Transfer Mode). Perbedaannya dengan jaringan IP, bahwa pada jaringan ATM mode koneksi secara keseluruhan menggunakan virtual circuit, sedangkan pada jaringan IP, virtual circuit hanya bersifat option. Perbedaan lain, paket pada jaringan ATM disebut cell selalu tetap yakni 53 oktet (Byte) yang terdiri dari 48 oktet payload, 5 oktet header. Sedangkan dalam jaringan IP, ukuran paket tidak tetap.Satu hal lagi, bahwa jaringan ATM dirancang berbasis layanan broadband dan dapat mengakomodasi layanan VBR (Variable Bit Rate) selain CBR (Constant Bit Rate).Sedangkan rancangan awal jaringan IP berbasis Narrow Band dan layanan CBR. (Sumber: Ebook Jaringan Komputer)

beranda

Pengertian Proses Encapsulation pada Komunikasi Data dalam Jaringan Komputer

Pengertian Proses Encapsulation pada Komunikasi Data dalam Jaringan Komputer

Pengertian Proses Encapsulation pada Komunikasi Data dalam Jaringan Komputer

Pengertian Proses Encapsulation

Proses Encapsulation adalah sebuah proses pemecahan suatu pesan ke dalam paket-paket, penambahan control, dan informasi lainnya kemudian pesan-pesan tersebut ditransmisikan melalui media transmisi. Ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam proses encapsulation dalam jaringan komputer.

Berikut adalah 5 tahapan / step proses data encapsulation:

  1. Layer yang terdapat pada bagian atas akan menyiapkan data / pesan yang akan dikirimkan melalui jaringan
  2. Layer transport akan bertugas untuk memecah data kedalam potongan-potongan kecil yang disebut segmen, menambah informasi urutan dan juga informasi control.
  3. Layer network bertugas untuk mengkonversikan segmen kedalam paket-paket, menambah logical jaringan, dan menambah address piranti.
  4. Layer Data link akan bertugas mengkonversikan paket-paket kedalam frame-frame, menambahkan informasi address phisik dari perangkat keras.
  5. Layer physical membuat konversi frame-frame kedalam bit-bit untuk ditransmisikan melalui media transmisi.

Untuk memudahkan memahami tentang proses encapsulation perhatikan ringakasan dibawah ini:

1. Layer bagian atas – Data
2. Layer Transport – Segment
3. Layer Network – paket yang mengandung address logical
4. Layer Data link – frame yang mengandung address physical
5. Layer Physical – bits

beranda

Topologi Jaringan Extended Star – Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Beserta Karakteristinya

Topologi Jaringan Extended Star – Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Beserta Karakteristinya

Topologi Jaringan Extended Star – Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Beserta Karakteristinya

Pengertian Topologi Jaringan Extended Star

Topologi Jaringan Extended Star adalah sebuah topologi jaringan yang sama dengan topologi jaringan star, Akan tetapi pada Topologi Jaringan Extended Star memiliki lebih banyak repeater dalam satu node pusat sehingga jangkauannya lebih panjang dibandingkan dengan topologi jaringan star biasa.

Topologi Jaringan Extended Star sendiri merupakan perkembangan dari topologi jaringan star dimana konsep dasar dari topologi jaringan ini adalah sama dengan topologi star hanya saja topologi ini memiliki jangkauan dan jumlah host lebih besar dibandingkan topologi star biasa.

Fungsi Topologi Jaringan Extended Star

Topologi Jaringan Extended Star berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jumlah yang besar sehingga komputer-komputer tersebut dan perangkat jaringan lain dapat saling berkomunikasi untuk bertukar informasi dan data.

Kelebihan dan Kelemahan Topologi Jaringan Extended Star
Kelebihan Topologi Jaringan Extended Star

Kelebihan dari topologi ini sama dengan topologi jaringan star yaitu:

  1. Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan, bahkan jika kita ingin menambah jaringan baru kita bisa menambahkan repeater.
  2. Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan mengganggu aktivitas jaringan yang lain.
  3. Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.

Kelemahan Topologi Jaringan Extended Star

  1. Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub atau switch. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
  2. Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.
  3. Membutuhkan lebih banyak repeater jika ingin menambah jaringan baru dengan jangkauan yang lebih luas
  4. Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat.

Karakteristik Topologi Jaringan Extended Star

Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star yaitu :

  • Setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node, sedangkan sub node berkomunikasi dengan central node. traffic data mengalir dari node ke sub node lalu diteruskan ke central node dan kembali lagi.
  • Digunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak atau melebihi dari kapasitas maksimal penghubung.

beranda

Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Topologi Hierarchy

Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Topologi Hierarchy

Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Topologi Hierarchy

Pengertian Topologi Jaringan Hierarchy

Topologi Jaringan Hierarchy adalah sebuah topologi jaringan yang mempunyai susunan jaringan yang bisa dibilang hampir sama dengan pohon yang bercabang. Topologi ini juga sebenarnya “versi luas” topologi star. Pada topologi ini setiap node memiliki tingkat masing – masing. Node yang memiliki tingkat tinggi diletakkan di atas sedangkan untuk yang memiliki tingkat rendah diletakkan di bawah. Dalam topologi ini sebuah node bisa mempunyai cabang layaknya pohon yang memiliki cabang yang mempunyai cabang lagi. Data yang dikirim oleh node tertentu harus melewati node pusat (node pusat cabang) untuk sampai pada tujuan. Jadi pada suatu kesempatan, jika node pusat tersebut rusak, maka node tertentu akan kesulitan untuk mengirim data ke node yang letaknya lebih jauh.

Kelebihan dan kelemahan Topologi Jaringan Hierarchy

Setiap topologi jaringan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga untuk menentukan toologi jaringan untuk membangun jaringan maka tentunya akan lebih baik kita bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing topologi sehingga akan lebih mudah untuk disesuaikan dengan model jaringan yang akan dibangun, juga kebutuhan dan kemampuan finansial yang dimiliki. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan menggunakan topologi jairngan hierarchy:

Kelebihan Topologi Jaringan Hierarchy

  1. Topologi jaringan hierarchy dalam implementasinya lebih mudah dimanajemen karena adanya pusat node dalam tingkatan masing – masing.
  2. Dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dengan adanya sifat repeater sebagai penguat sinyal yang dimiliki hub.

Kekurangann Topologi Jaringan Hierarchy

  1. Jika ada node yang rusak, maka node yang berada dilevel di bawahnya akan terganggu.
  2. Harus memikirkan secara matang dalam mendesainnya. Karena membutuhkan banyak kabel untuk menerapkannya.
  3. Sering terjadinya collision atau tabarakan data.

beranda

Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Media Transmisi Jaringan

css.php