Mengetahui Harga Pasar Biosafety Cabinet Ditinjau dari Jenisnya

biosafety cabinet

Mengetahui Harga Pasar Biosafety Cabinet Ditinjau dari Jenisnya. Umumnya penggunaan cabinet biosafety ini sangatlah beragam, mulai dari industry farmasi, penelitian klinis, pendidikan, kedokteran atau medis, dan lain sebagainya. Kehadiran alat ini tentu sangat membantu kehidupan manusia dalam kesehariannya, karena pola kerja nya yaitu menyaring aliran udara sehingga udara yang dihasilkan menjadi lebih steril dan bersih.

biosafety cabinet
biosafety cabinet

Berapa Kisaran Harga Biosafety dan Seperti Apa Kerjanya?

Secara mendasar, sistem kerja alat ini sama seperti lemari asam bekerja. Namun yang membedakannya adalah jika pada lemari asam tidak ada penyaringan setara HEPA filter, namun pada alat ini dilengkapi dengan alat tersebut. disamping itu juga, pada biosafety ini terdapat beberapa kelas dengan masing-masing tujuan yang berbeda satu sama lainnya. simak juga biosafety cabinet level 2

Bagi Anda yang belum mengetahui, mulanya biosafety cabinet ini ditujukan kepada tempat kerja yang memiliki resiko mikrobiologi. Hal ini dikarenakana pada tempat kerja tersebut, banyak potensi aliran udarav yang terkontaminasi oleh bakteri jahat dan lain sebagainya. Dengan demikian, diperlukan alat ini untuk melindungi seluruh lingkungan laboratorium termasuk orang didalamnya dari hal yang tidak diinginkan.

Mengenai harga sendiri, biosafety dipasarkan dengan harga yang beragam tergantung jenis dan kebutuhan Anda. namun, setelah dilakukan beberapa survey, harga pasaran cabinet biosafety ini berkisar di harga Rp 25 juta hinga Rp 100 juta. Dengan kata lain, semakin tinggi harga yang ditawarkan semakin bagus pula kualitas dan kegunaan biosafety.

Seperti Apa Saja Jenis Biosafety Cabinet yang Ada di Pasaran?

Sempat disinggung sebelumnya secara mendasar, cara kerja biosafety cabinet ini mrnggunakan air flow yang digunakan untuk menghalangi airbone desease. Selain itu, dalam biosafety ini juga digunakan High Effeciency Particulate Air atau yang akrab disebut HEPA yang berperan penting dalam membersihkan udara dari abkteri jahat dan mikroba lainnya. Terdapat beberapa jenis biosafety yang perlu Anda ketahui, antara lain ialah

Biosafety cabinet Level 1

Jenis yang pertama adalah biosafety level keselamatan 1. Biosafety ini ditujukan untuk agen yang tidak menyebabkan penyakit pada manusia. Disamping itu digunakan pada lingkungan kerja dengan potensial bahaya yang minimal bagi lingkungan dan para pekerjanya.

Biosafety Level 2

Secara umum, kegunaan biosafety cabinet level keselamatan 2 ini dama halnya dengan biosafety level keselamatan 1. Namun, yang membedakan adalah dari jenis pekerjanya. Dalam penggunaan biosafety ini, pekerja yang ada sudah diberi pelatihan khusus terkait segala hal yang ada di lingkungan kerja. Mulai dari penanganan alat, akse ke laboratorium, penanganan pekerja dan penanganan kecelakaan lainnya yang berpotensi terjadi.

Biosafety Level 3

Biosafety level keselamatan level 3 ini sudah sedikit kompleks dalam penangananya. Jenis yang satu ini digunakan oleh fasilitas riset, diagnostik, klinis dan juga lingkungan kerja lain yang memiliki potensi tinggi dalam menimbulkan penyakit yang sangat beresiko. Sama seperti level sebelumnya, pada biosafety level 4 para pekerja diberi pelatihan khusus . tak sampai disitu, lingkungan kerja pun biasanya berdesain khusus sebagai bentuk antisipasi.

Biosafety Level 4

Biosafety cabinet level keselataman 4 ini ditujukan untuk pekerjaan ektream dan lingkungan yan berpotensi menyebarkan mikroba berbahaya pada saluran udaranya. Dalam menggunakan biosafety jenis ini, biasanya tempat lingkungan kerja bersifat tertutup dan pekerja pun memakai baju pelingung khusus.

Bagi Anda yang tengah mencari alternative tempat membeli biosafety, maka biosafetylab bisa menjadi alternative terbaik bagi Anda. pasalnya mereka menjual barang yang terpercaya dan sudah terbukti klinis. simak juga tentang Bimbel PKN Stan

Itu dia beberapa ulasan mengenai biosafety cabinet dan jenisnya yang penting Anda ketahui bersama. Semoga tulisan ini bisa memberikan infomasi dan pemahaman bagi Anda semua yang tengah mencari tahu tentang hal tersebut.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *