blogmasboi

Selamat Ulang Tahun ke-8, Anjelie!

Posted: March 1st 2018

Hari ini, 1 Maret 2018,  Nathanaella Rarkiara Anjelie Maitiri puteri sulungku berulang tahunmu ke delapan. Nama panggilannya Anjelie atau ‘mbak i’.

Sejak ulang tahunmu pertama, ayah pernah janji untuk membuat satu tulisan sederhana untukmu. Meski tak mudah, kadang sibuk, lupa, sehingga sempat bolong.  Siang ini, ayah menyempatkan menuliskan sesuatu untukmu.

Entah kenapa, ayah selalu excited ketika kamu ulang tahun. Bulan lalu, menurut surat babtis, ayah juga ulang tahun. Tapi rasanya biasa-biasa saja. Mungkin ini karena sejak kecil ayah jarang merayakan ulang tahun. Sehingga kalau ulang tahun malah malu.

Pagi tadi ayah sempat menyanyikan lagu ulang tahun pakai gitar. Tapi kamu juga sepertinya malu, sehingga meminta ayah berhenti bernyanyi.

Setahun ini ayah mengamati perkembanganmu yang luar biasa, terutama dalam hal sekolah.

Kalau melihat nilai-nilaimu sejak kelas 1 hingga sekarang kelas 2, ayah geleng-geleng, terutama ketika membandingkan nilai raport ayah kelas 1 dan 2 dulu. Dulu ayah kelas 1 dan 2 belum bisa membaca, dan nilai rapor beberapa berwarna merah.

Mungkin karena itu ayah tidak terlalu banyak menuntutmu—sedikit berbeda dengan bunda. Yang penting, kamu mau belajar dan semangat belajar, bukan karena terpaksa atau dipaksa.

Diam-diam ayah juga mengamati kemampuanmu bernyanyi. Ayah kagum saat kamu menjadi solis pada vocal grup kelasmu saat tampil di Ambarukmo hotel. Suaramu keras dan jernih.  Semoga kamu makin percaya diri.

Tenang aja, Njel. Kamu boleh kok pakai handphone ayah untuk mendengarkan lagu-lagu di Youtube, Joox, atau di Tiktok. Bernyanyilah. Bergoyanglah. Ekspresikan keceriaan di hatimu.

Ayah berharap kamu juga bisa bermain musik—apapun itu. Karena seni bisa membuat hidupmu menjadi lengkap dan bermakna.

Tekunilah kursus biola di sekolah. Mudah-mudahan ayah bisa segera membelikan biola. Yang penting kamu semangat untuk belajar dan bermain biola.

Selamat ulang tahun ya ‘mbak i’. Bernyanyilah dan terus tertawa. Jadilah pribadi yang penuh cinta…

 

Mbabarsari, 1 Maret 2018; 13.25

Ayah

 

 

 

 

 


Comments are closed.

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php