blogmasboi

1 Maret 2013: Selamat Ulang Tahun Ketiga, Anjelie :)

Posted: March 1st 2013

Anjelie sayang!

Melalui tulisan ini, ayah ingin ‘membayar hutang’. Ingat kan? Tahun 2010 lalu ayah berjanji akan menulis surat atau jurnal untukmu, sebulan sekali. Nyatanya itu tak bisa terwujud. Kini janji itu ayah direvisi: tidak sebulan sekali, tapi (minimal) setahun sekali – pas Utah Anjelie 🙂 Setuju?

Hari ini, Jumat 1 Maret 2013 ini Anjelie berulang tahun ketiga. Ulang tahun Anjelie dirayakan di sekolah, PAUD Warna-Warni. Ulang tahun ketiga ini tentu merupakan hari bahagia bagi Anjelie. Di usia ketiga ini Anjelie sudah mulai paham, apa itu ulang tahun. Setengah tahun terakhir ini memang Anjelie beberapa kali mengikuti perayaan ulang tahun teman-teman di sekolah. Ketika tiba di rumah Anjelie bercerita panjang ke ayah dan bunda, siapa yang ulang tahun dan apa yang Anjelie lakukan.

Di rumah, Anjelie juga sering menyanyikan lagu Selamat ulang tahun meski sering kali salah lirik. Masa, lagu pada Panjang Umur, pada bagian “tiup lilinnya, tiup lilinnya… serta mulia, serta mulia…” Harusnya, “sekarang juga.. sekarang juga… sekarang juga….” Terkait lilin ini, suatu hari listrik di rumah mati sehingga ayah harus menghidupkan lilin. Pada saat lilin dihidupkan, Anjelie langsung bilang,”Ayah, tiup lilin ulang tahun dong… ”. Anjelie langsung tiup dan rumah jadi gelap!

Anjelie sayang!

Beberapa bulan ini, Anjelie rutin sekolah di PAUD Warna-Warni, sebuah PAUD sederhana di Gang Amarta, Seturan, Yogyakarta. Bangunannya bermotif joglo berdinding kayu. Jumlah siswanya sekitar 15 orang. Selain belajar dan bermain, sekolah ini mengajarkan pendidikan iman bagi murid sesuai agama masing-masing. Bagi murid muslim diajari berdoa oleh guru muslim, yang Kristen atau Katolik diajari berdoa oleh guru Kristen/Katolik.

Di sekolah ini Anjelie juga belajar membuat tanda salib, berdoa makan, dan doa Bapa Kami. Namun, mungkin karena sering memperhatikan teman-teman Muslim yang berdoa, suatu hari Anjelie tiba-tiba bilang “allahuma… dst” sehingga bunda pun kaget, dan ayah pun tersenyum-senyum 🙂

Anjelie sayang!

Kini setiap pagi ayah mengantar Anjelie berangkat ke sekolah. Ini hal yang paling membahagiakan bagi ayah. Anjelie biasanya duduk di bagian depan motor ayah. Namun akhir-akhir ini Anjelie minta duduk di belakang sehingga harus diikat kain. Di perjalanan Anjelie biasanya ngoceh dan bertanya apa saja, atau mengajak ayahnya menyanyi. Anjelie memang cepat sekali menghafal lagu-lagu.

Hal lain yang membahagiakan Ayah, ketika Anjelie berinteraksi dengan adik Anjani yang sering kamu panggil ‘si gundul’. Ya, berbeda dengan Anjelie berambut lebat sejak lahir, adik memang minim rambut. Maksud hati, setelah dipotong rambut adik akan tumbuh lebat. Apa daya, hampir setahun umurnya, rambut adik justeru gundul. Paling sering, Anjelie mengelus-elus rambut adik. Adik sekarang memang mulai bisa diajak bermain, namun kadang-kadang justru adik jadi bahan permainan 🙂 Kamu sering menggigit-gigit rambut adik yang minim itu, kamu timpa badannya atau kamu gigit jempolnya. Harapan ayah, makin hari, kalian berdua makin akur!

Anjelie sayang,

Pagi tadi, bangun tidur, Bunda langsung menyambut Anjelie dengan kue dan lilin ulang tahun serta tas pink hadiah untuk Anjelie. Tas ini menggantikan tas Angry Bird pemberian Om Enggar dan Tante Dena yang sudah mulai rusak. Mbak Dika juga member hadiah baju berwarna merah dan pink. Dari ayah? Cukup tulisan ini, ya, hehehe….

Sekali lagi, selamat ulang tahun ketiga Anjelie. Cepat besar, cepat terbang! Bawalah dan sebarkanlah cinta dalam hari-harimu.

Salam sayang,
Ayah


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php