blogmasboi

Simpang Amsterdam – PPI Belanda Rujakan Melulu?

Posted: June 13th 2012

Pengantar: Wawancara Masboi dengan Radio Nederland Siaran Indonesia (Ranesi) On air: 11 Mei 2012 14:35 – 16 Mei 2012 14:35 dan dipublish di sini. Karena Ranesi akan ditutup, saya amankan di blog ini 🙂

Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI Belanda, memperingati hari jadinya yang ke 90 tahun 8 Mei lalu. Simpang Amsterdam berkesempatan mengundang dua pemuda yang (sempat) berperan aktif dalam PPI dengan topik seputar peran PPI masa kini.

Walaupun berasal dari “kampung” yang sama, Yohanes Widodo yang akrab disapa Masboi (mantan sekjen PPI Belanda 2008-2009) dan Reo Paembonan (sekjen PPI Belanda 2011-2012) bisa juga berdebat seru tentang kegiatan PPI di tahun-tahun belakangan.

Masboi yang pada masa kepemimpinannya antara lain menelurkan majalah online Jong Indonesia dan Radio PPI, menyentil PPI sekarang yang sepertinya banyak senang-senang saja. Seperti istilah moderator Junito Drias: rujakan melulu. Masboi mengatakan, PPI bagaimanapun punya embel-embel kata Indonesia, dan punya muatan politis . “Kalau hanya itu pleasure, senang-senang, gak perlu pake nama Indonesia dong,” sambungnya.

Reo menangkis, anggota PPI terdiri dari pelbagai tipe mahasiswa. Ada yang senang mengikuti perkembangan politik, ada yang senang olah raga, ada yang suka bikin film. Dia mengatakan, tidak perlu memaksa semua untuk melakukan hal yang tidak disuka. Jika memang ingin melancarkan kritik melalui film pendek, silakan saja. Atau dengan diskusi, boleh juga. PPI yang seluruh cabangnya kompak ini beberapa kali mengeluarkan pernyataan sikap resmi tentang misalnya kunjungan anggota DPR ke Eropa.  Jangan lupa, PPI Belanda pimpinan Reo ini baru saja sukses menyelenggarakan Temu Eropa 2012.

Pingin dengar lebih lanjut? Klik di sini:
masboi simpang amsterdam by yohanes-masboi-widodo


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php