blogmasboi

Detikcom ke Kebun Cabe Wageningen

Posted: August 6th 2008

Aktivitas jualan cabe atau lombok yang dilakukan oleh PPI Wageningen pada bazar sepak bola Piala Poklamasi yang digelar di Hilversum, Sabtu (2/8/2008) lalu menarik minat kontibutor Detik.com di Belanda Edi Santosa untuk melihat langsung lokasi pembudidayaan dan penelitian cabe oleh Wahyuni dan tomat oleh Syarifin Firdaus , keduanya mahasiswa doktor di Wageningen Uniersity.

Kunjungan Edi yang ditemani oleh keluarganya Kamis (6/8/2008) disambut oleh Wakil Ketua PPIW Yohanes Widodo (Masboi) dan dua mahasiswa doktor yakni Muhammad Zainy (Pak Jay)dan Putu Wardana (Pak Putu) dan mahasiswi Van Hall Larenstein Zharifah Eliyana (Eva).

Edi memawancarai Yuni dan Firdaus serta mengambil gambar cabe dan tomat di Unifarm atau green house Wageningen University. Pada kesempatan itu Firdaus juga mendemokan cara melakukan persilangan dengan menempelkan serbuk sari ke putik bunga cabe yang berbeda.

Menarik sekali karena di green house itu ada berbagai macam bentuk dan jenis cabe hasil persilangan yang tingginya rata-rata sekitar dua meter. Bentuknya ada yang panjang, bulat, bahkan ada yang seperti jambu air dan ada yang bentuknya bulat seperti tomat atau paprika.

Karena tidak bergabung pada panen sebelumnya, kali ini giliran Masboi dan Eva yang sibuk memetik cabe yang segar dan beraneka ragam itu. Memanen cabe di Belanda, sangat menyenangkan.

Bonus: Foto-foto saat di Panen Cabe di Green House Unifarm


4 responses to “Detikcom ke Kebun Cabe Wageningen”

  1. Dari hasil tanaman cabe Habanero saya sudah memetik hasilnya dan menyiapkan bibitnya, tidak terlalu banyak, namun kalau ada yang butuh saya akan kirimkan, tentu saya tidak bisa memenuhi semua permintaan. Tingkat tumbuhnya saya tidak tahu pasti karena belum menegtahui proses akan itu, Bagi pecinta cabe silakan memberitahu. Terimakasih

  2. Saya termasuk pecinta tanaman cabe dan ingin menegetahui lebih dalam dari berbagai varietas cabe. Dilihat dari tingkat kepedasannya bahwa Trinidad Scorpion Chilly adalah yang terpedas diikuti oleh Habanero. Saya sudah mencoba menanam Habanero dan berhasil, namun Trinidad Scorpion belum pernah saya tanam bahkan bibitnyapun belum pernah saya lihat dan bagi siapa yang punya bibit Trinidan Scorpion, sangat berterimakasih kalau dapat mengirimkannya untuk saya cobakan. Kalau bentuk dan gambarnya saya sudah pernah lihat.
    Saya juga ingin mengetahui mengenai technik persilanagan dari cabe dan kepada siapa yang menguasai saya sangat sangat berterimakasih bilamana dapat memberitahu saya. Hornat Saya

  3. bejo sumidi says:

    aq salah satu petani utun yg ingin ngasuh kaweruh tentang budi daya lombok yg tingginya bisa lebih dr 2 meter. tolong bila diijinkan….

  4. Mantaaaap…..laporan pandangan matanya

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php