Markus Blog

Sejarah Perkembangan PlayStation dari PS1 sampai PS5, Punya yang Mana?

Posted: January 31st 2022

Sejarah perkembangan PlayStation dari masa ke masa merupakan sesuatu yang unik dan menarik. Merupakan game konsol di dunia milik Sony yang pertama kali rilis di tahun 1994 lalu di Jepang dengan nama PlayStation atau PS1.

Hingga saat ini sudah lebih dari 20 tahun perkembangannya, evolusi PlayStation cukup banyak peminatnya. Saat ini seri produk milik perusahaan daftar slot online Sony tersebut sudah sampai di seri PS5.

Yang mana kemunculan PS5 cukup menggemparkan dan membuat daya tarik tersendiri di hati para pecinta game konsol.

Sejarah Perkembangan PlayStation dari PS1 Sampai PS5

Apakah Anda termasuk pecinta game konsol satu ini? Sudah punya atau pernah main menggunakan seri yang mana? Kami akan bahas satu per satu perkembangan PlayStation dari produk pertamanya hingga terakhir yakni PS5.

1. PlayStation 1

PS1 merupakan sebutan PlayStation 1 yang pertama kali rilis di tahun 1994 lalu. Game konsol ini langsung meledak dan booming pada zamannya. Hingga 11 bulan setelah perilisan di jepang, PS1 rilis ulang di Amerika Utara dan Eropa.

2. PlayStation 2

Tahun 2000 lahirlah PS2 dengan standar baru bagi para pemain dan pengembang. Terdapat berbagai fitur lengkap yang mendukung permainan dengan desain premium.

Penyimpanannya juga semakin besar, yakni 8 MP. Meraih penjualan tertinggi dan banyak orang mainkan sepanjang masanya.

3. PlayStation 3

Rilis di tahun 2006 dengan menghadirkan berbagai teknologi baru yang lebih mumpuni. Mengadopsi kabel HDMI yang bisa hasilkan resolusi tinggi High Definition. Perangkatnya juga lengkap yang mendukung permainan semakin seru.

4. PlayStation 4

Menjadi seri pengganti PS3 yang rilis tahun 2013 lalu di Amerika Utara yang semakin canggih. Menggunakan prosesor APU x86-64 AMD mampu menghasilkan grafis cepat pada generasinya.

Menariknya saat itu ada dua versi PS4, yakni PlayStation 4 Slim dan PlayStation 4 Pro. Seri yang pro memiliki versi lebih tinggi dengan peningkatan pada CPUnya.

5. PlayStation 5

Tahun 2020 lalu heboh perilisan PS5 sebagai suatu game konsol generasi ke lima dari Sony. Lengkap dengan prosesor dan GPU dari AMD. Mampu menghasilkan hasil komputasi mencapai 10.28 TFLOPS.

Nah, itulah sejarah perkembangan PlayStation dari PS1 hingga ke PS5. Dari semua generasi tersebut, sudah punya yang mana?


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Sistem Gacha dalam Video Game, Populer di Kalangan Gamer Jepang

Go to post

Nintendo Hentikan Penjualan e-Shop 3DS, Masih Nanti di Tahun 2023 

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php