Markus Blog

Sistem Gacha dalam Video Game, Populer di Kalangan Gamer Jepang

Posted: January 25th 2022

Sistem Gacha dalam video game cukup populer dan istilah awalnya adalah dari Jepang. Kemudian menyebar hingga ke seluruh Internasional. Lantas apa sebenarnya game Gacha?

Nama Gacha sebenarnya berasal dari mesin keberuntungan bernama Gashapon milik Bandai sejak tahun 1977 lalu. Mesin tersebut berisi kapsul hadiah sesuai dengan temanya. Namanya berasal dari istilah Jepang.

Kenapa disebut Gacha? Karena mesin tersebut saat mengeluarkan hadiah akan berbunyi Gacha. Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, gacha juga diadopsi ke dalam beberapa media game baik mobile atau PC.

Secara tidak langsung gacha merupakan bentuk lain dari gambling yang masih samar-samar.

Melihat Sisi Lain Sistem Gacha dari Sisi Industri

Lantas bagaimana ketika melihat sisi lain Gacha dari bidang industri? Salah satu pendiri perusahaan video game Kantan Games Inc menyatakan bahwa Gacha memiliki dua tujuan.

Pertama, membuat user ketagihan. Kedua, menjadi game sebagai boosting angka login pemain. Meski banyak menuai kritik namun keuntungan yang diperoleh perusahaan game gacha mencapai 50%. Baik untuk mesin asli maupun virtual lewat video game.

Secara budaya ini meluas tidak hanya di masyarakat Jepang saja. Namun juga menyeluruh ke berbagai belahan dunia. Ini berkat teknologi yang cepat sekali menyebar.

Apalagi saat ini, dunia situs slot online sudah menjadi primadona di hampir semua pihak seluruh dunia.

Masa Depan Game Gacha

Hingga beberapa tahun terakhir banyak sekali perusahaan Jepang seperti Square Enix, Nintendo, dan Aniplex yang telah mengubah sistem waralaba mereka. Tepatnya menjadi game Gacha untuk memanfaatkan pasar game yang sedang mengalami pertumbuhan.

Selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, tujuan lainnya adalah untuk membuat pemain tetap terlibat dengan merek game tersebut. Melihat sisi mengerikan game Gacha yang seringkali menjadi kontroversi karena dianggap gambling.

Namun file monetisasi game secara gratis membuatnya tidak terlalu mengerikan. Sehingga banyak orang masih merasakan aman saat bermain game tersebut. Berbeda dengan dampak gambling yang langsung terasa.

Nah, itulah maksud sistem Gacha dalam video game yang semakin modern saat ini. Kepopulerannya tidak hanya di Jepang, tapi juga menyeluruh hingga ke semua negara di dunia. Tertarik memainkan game Gacha?


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Sejarah Perkembangan E-Sport di Indonesia

Go to post

Sejarah Perkembangan PlayStation dari PS1 sampai PS5, Punya yang Mana?

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php