Markus Blog

Sejarah Perkembangan E-Sport di Indonesia

Posted: January 22nd 2022

Sejarah Perkembangan Dunia E-Sport di Indonesia Hingga Turnamen Yang Pernah Diselenggarakan

Perkembangan dunia digital begitu cepat, bisa dibilang era industri 4.0 ini benar-benar menjadi dunia digital yang seolah nyata. Termasuk perkembangan esport di Indonesia sebagai pilihan game yang lebih seru dan tidak membosankan. 

Kemajuan esport di Indonesia semakin terlihat di kala pandemi melanda Indonesia, masyarakat yang berada di Rumah jadi bermain game untuk menghilangkan kebosanan. Di luar itu juga memang esport memperlihatkan perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. 

Sejarah Singkat Perkembangan Esport di Indonesia

Perkembangan esport dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan sisi positif dan terus menanjak. Saat ini, Esport bisa dibilang sebagai olahraga sekaligus game yang sangat populer di kalangan anak muda, khususnya para gamers. 

Sebelum Esport ada seperti sekarang, Anda perlu flashback terlebih dahulu ke tahun 1989 dimana ada turnamen Super Mario Bros. Kota Surabaya menjadi tempat pertandingan kompetitif pertama yang ada di Indonesia. 

Kemudian masuk ke era tahun 1999, Esport mulai muncul setelah Eddy Lim (Ketua Umum Indonesia eSport Association) membentuk Liga Game, termasuk Game DOTA dan Counter Strike. Di dalamnya ada wakil Indonesia meskipun belum mampu menorehkan prestasi di turnamen kompetitif pertamanya. 

Akses internet semakin meluas ke seluruh pelosok negara, termasuk di Indonesia sehingga memperkuat perkembangan esport di Indonesia. Kini masyarakat Indonesia sudah mengenal game Esport seperti DOTA 2, FreeFire dan Mobile Legends. 

Turnamen Esport di Indonesia

Perkembangan yang sukses dari Esport tidak terlepas dari peran Pemerintah yang mendukung sepenuhnya, game developer dan para player. 

Puncaknya esport dijadikan sebagai salah satu cabang eksibisi PON XX Papua yang mendapat antusiasme para player. Pemerintah cukup serius memberikan dukungan terhadap esport karena bisa termasuk ke dalam industri ekonomi kreatif. 

Selain PON XX, Pemerintah juga menyelenggarakan Piala Menpora Esports dan Piala Presiden Esports yang mendapatkan respon positif. Anak muda milenial bisa menjadikan esport tidak sekedar sebagai game slot online biasa, melainkan bisa berkarir dan menciptakan peluang bisnis. 

Pastikan memiliki skill yang mumpuni di dunia esport karena perkembangan esport di Indonesia terus menanjak. Bisa jadi beberapa tahun ke depan akan terus tumbuh dan berkembang lebih besar lagi untuk bersaing di dunia. 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Sistem Gacha dalam Video Game, Populer di Kalangan Gamer Jepang

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php