mariestary

Pengantar Teknologi Informasi part.2

Posted: December 7th 2013

INTERNET – INTRANETS – EXTRANETS

Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standard system global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian terbesar dinamakan Internet.

Layanan populer Internet yang menggunakan protokol di atas :

  • email/surat elektronik
  • Usenet
  • Newsgroup
  • berbagi berkas (File Sharing)
  • WWW (World Wide Web)
  • Gopher
  • akses sesi (Session Access)
  • WAIS
  • Finger
  • IRC
  • MUD
  • MUSH

Internet hari ini

  • Internet Internasional
  • Jaringan besar
  • Biaya internet pengguna pribadi masih belum merata
  • Regulasi, budaya, politik menghambat tingkat adopsi dari internet secara internasional
  • Sebgaian besar situs menggunakan bahasa inggris
  • Sebagian konten yg dihasilkan berasal dari United States

Infrastruktur Internet

  • Perusahaan komunikasi komersial
  • Kontribusi dana dari Pemerintah US untuk proses administrasi primer
  • Infrastruktur Internet di sediakan oleh penyedia layanan jaringan
  • Koneksi antara aliran informasi dan backbone providers

Layanan pada internet :

  • Communications (Internet fax, Streaming audio and video,Internet telephony, Telnet, Instant messaging, Chatting, LISTSERV, USENET, E-mail)
  • Information Retrieval (File Transfer Protocol (FTP), Archie, Gophers, Veronica Wide Area Information Servers, Layanan internet– World Wide Web)

Intranets

Intranets adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet untuk membuat informasi bisa diakses oleh karyawan dan biasanya terkoneksi dengan internet.

Internet (Intranet) Transaction Processing meliputi :

  • mengijinkan multimedia data transfer
  • fast response time
  • storage of large databases of graphics and videos
  • real time
  • low cost

Extranet

Ekstranet adalah perluasan dari intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers Security,Benefits include.

Sistem Informasi Fungsional, Enterprise, dan Interorganizational

  • Sistem Informasi Fungsional
  1. Aplikasi yg benar benar independen
  2. Terintegrasi membentuk suatu sistem fungsional departemen yang koheren
  3. Di integrasikan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yg lebih luas
  • Transaction Processing Systems
  1. Setiap peristiwa / event yang terjadi selama  proses operasi bisnis
  2. Business events (transactions) bisa memicu business events lainnya
  3. TPSs (automated, berulang, konsisten, high-volume tasks)

TPS Today

1)     TPS di implementasikan pada sistem main frame menggunakan batch processing

2)     Online Transaction Processing (OLTP)

3)     Dapat dibangun menggunakan client/server architecture, hemat

4)     Internet (Intranet) Transaction Processing

5)     Mengijinkan multimedia data transfer

6)     Fast response time

7)     Storage of large databases of graphics and videos

8)     Real time

9)     Low cost

  • Accounting and Finance Systems

-Financial Planning and Budgeting

Prediksi financial dan economic

Penganggaran biaya (Budgeting)

-Investment Management

Akses ke laporan ekonomi dan finansial

Analisa finansial

-Financial Controls

Kontrol anggaran

Auditing

Analisa kesehatan finansial

Analisa Profitability dan kontrol biaya (cost)

  • Marketing & Sales Systems

a)     Distribution Channel (menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan, diperluas melalui perantara seperti grosis maupun pengecer)

b)     Other Channel Systems (Mendukung semua yg terkait dengan pemasaran seperti after-sales customer support)

c)     Customer Service (Analisa  profil dan preferensi konsumen, mass customization – high volume production of specialized product, targeted advertising, customer inquiry systems dan automated Help Desk)

d)     Telemarketing (advertisement and reaching customers, order processing, customer service, sales support, account management)

e)     Distribution Channels (Manajemen pengiriman, Improve retail stores)

f)      Marketing Management (Memonitor harga dari produk dan layanan, Memonitor dan mengevaluasi produktivitas dari salesperson, Evaluasi keuntungan dari products / customers, Menilai trend penjualan, Analyze new products, services, and markets)

g)     Ethical and Social Issues in IT-supported Sales Activities Pengumpulan dan penggunaan informasi yang concern kepada masalah privasi

h)     Customer Relationship Management (CRM) (concern kepada pengembangan relasi one-to-one kepada konsumen)

  • Human Resources Management Systems
    • Melacak semua lowongan yg terbuka
    • Mengiklankan lowongan melalui internet
    • Seleksi karyawan

Electronic Commerce

Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas), awalnya terbatas untuk perusaahn besar, Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI).

E-commerce melingkupi : Iklan, perbankan, Jual beli alat elektronik, Jual beli saham, Pencarian pekerjaan, lelang, Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia, dan Menyediakan layanan konsumen.

Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet

Pure Electronic Commerce :

a)     Perusahaan Online (virtual)

b)     Semua dimensi adalah digital

c)     New-economy organization

d)     Menjual barang dan jasa secara Online

Tipe E-Commerce

ü  Business-to-business (B2B) : Anggota E-market, Fuel, Fuel services, Light maintenance service, Catering, Pembelian barang dan jasa secara elektronik, Perlengkapan


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php