mariestary

Pengantar Teknologi Informasi (UTS)

Posted: October 4th 2013

Bisnis dan Teknologi Informasi

Tujuan:

  1. Mahasiswa dapat mendiskusikan bisnis pada era Informasi
  2. Mahasiswa dapat memahami perbedaan data, informasi, pengetahuan
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik dari data yang berkualitas
  4. Mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan komponen dari system computer
  5. Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan kemampuan yang diharapkan dari system informasi di organisasi modern

Pembahasan:

 

Lingkungan bisnis saat ini memiliki karakteristik seperti berikut;

  1. Adanya perubahan yang cepat
  2. Adanya kompleksitas
  3. Ekomomi glonal dan kompetisi yang ketat
  4. Adanya focus kepada konsumen (seperti memberikan discount terhadap suatu barang)

Adanya tekanan pada bisnis dan respon dari perusahaan menyebabkan perusahaan menadi lebih proaktif dan reaktif, salah satunya Information Technology. Seperti pada kasus tertentu IT adalah solusi satu-satunya terhadap tekanan bisnis,sehingga adanya kemampuan akan IT sangatlah penting.

Contoh-contoh tekanan bisnis;

1. Kompetisi global pada area perdagangan atau tenaga kerja

2. Real time operations, seperti; penerbangan, penyiaran, telekomunikasi, marinir dll

3. Perubahan workforce (mejadi lebih mobile atau dapat berpindah-pindah, tidak kaku)

4. Berorientasi kepada konsumen

5. Information overload

6. Kebijakan pemerintah serta kewajiban sosial

Tekanan bisnis pada organisasi juga dapat menyebabkan perubahan pada;

Market (global, competitive, changing workforce, powerful consumers)

Technology (innovations, obsolence, electronic commerce, information overload)

Society (social responsibility, government regulations, deregulations, shrinking budgets, subsidies)

Apa yang dapat dikerjakan melalui IT dan konsekuensi dari penggunaannya, struktur organisasi, manajemen dan proses bisnis yang berubah seiring perkembangan IT, peluang kerja dan karier yang berlimpah di area IT, serta IT yag dapat memperngaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis adalah aasan kenapa perlunya pemahaman akan IT.

Pengertian:

  • Data adalah fakta mentah yang tidak terorganisasi
  • Informasi adalah data yang sudah terorganisasi dan memiliki arti
  • Pengetahuan adalah informasi yang digunakan untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman dan pembelajaran serta keahlian.
  • Computer Literacy adalah pengetahuan dan pemahaman mengenai computer dan penggunanya
  • Computer adalah peralatan elektronik yang beroperasi dibawah instruksi terkontrol yang tersimpan pada memory peraatan tersebut (Shelly, Cashman, Vermaat, 2004)
  • System adalah komponen-komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama.
  • Sistem informasi adalah sebuah system yang mengumpulkan, memproses dan menyimpan serta menganalisa data kemudian menyampaikan informasi untuk tujuan yang lebih spesifik.
  • Teknologi informasi adalah sebuah komponen tertentu dari sebuah computer berbasis Sistem Informasi (Turban and Rainer, 2003)

Komponen computer:

Komputer Hardware;

Input (masukan)

Output (keluaran)

Process / System Unit

Storage (penyimpanan)

Komunikasi / jaringan (network)

Input Device      : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi.

Output Device   : Perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna.

System Unit       : Tempat penyimpanan yang memiliki atau mengandung komponen elektronik dan

digunakan untuk memproses data.

Storage                 : Tempat penyimpanan data, instruksi dan juga informasi untuk penggunaan

di masa mendatang.

Jaringan               : Kumpulan dari computer dan peralatan komunikasi yang saling terhubung bersama.

Komponen utama;

1. Central Processing Unit (CPU / processor)

Menjalankan instruksi apa yang harus dikerjakan oleh computer.

2. Memory

Tempat penyimpanan data instruksi sementara.

Software Program;

Program

Aplikasi software (system software)

Sistem software

GUI

Program               : Urutan dari instruksi yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh computer.

Sistem aplikasi   : Program yang melakukan tugas spesifik bagi pengguna

(word processing, spreadsheet, data base, presentation graphics).

Sistem software               : Program yang mengendalikan operasi dari computer dan perangkatnya.

Kategori Komputer;

1)      PC dan compatibles menggunakan Windows Operating System.

2)      Apple Macintosh menggunakan Macintosh Operating System.

3)      Personal digital assistant (PDA)

4)      Smart Phone

Jenis server yang tersedia;

a)      Midrange server (kuat, computer besar yang mampu mendukung hingga beberapa ribu computer)

b)      Mainframe (sangat kuat, computer mahal yang mampu mendukung ribuan computer)

c)       Supercomputer (tercepat, terkuat dan computer yang paling mahal, digunakan untuk perhitungan matematika calculations yang complex)

Adapun yang membuat informasi menjadi berguna adalah;

1)      Akurat

2)      Lengkap

3)      Flexible dan dapat dilihat dengan berbagai cara

4)      Handal

5)      Relevan pada isu yang dipelajari

6)      Tepat waktu

7)      Dapat dilacak dasar dari informasi

8)      Bisa diakses oleh siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut

9)      Aman dari kontaminasi yang sengaja maupun yang tidak sengaja

Contoh penggunaan computer;

1. Power User

Yang dibutuhkan dari power user

Kecepatan dan ukuran penyimpanan yang besar

Tiper Power User

Engineers

Desktop publishers

Architects

Graphic artists

Contoh penerapan computer di area masyarakat;

a)      Education

b)      Finance

c)       Government

d)      Healthcare

e)      Science

f)       Publishing

g)      Travel

h)      Industry

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Tujuan :

  1. Mahasiswa dapat mendiskusikan konsep utama dari system informasi.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan struktur hirarkis organisasi dan kaitannya dengan system informasi.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan dukungan yang tersedia untuk semua level karyawan disebuah organisasi.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana informasi dikelola.

Pembahasan :

Infrastruktur dari informasi itu sendiri terdapat pada fasilitas, layanan dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi di sebuah perusahaan.

Tugas dari infrastruktur informasi;

1)      Mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan dan pengelolaan dari sumber daya komputasi.

2)      Mendefinisikan bagaimana sumber daya komputasi di atur serta di operasikan dan dikelola.

Information architecture adalah high level plan yang menjabarkan kebutuhan informasi perusahaan dan bagaimana kebutuhan bisa terpenuhi.

Tugas dari Information Architecture;

1)      Memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur yang tersedia dan yang direncanakan dan aplikasi perangkat lunak.

2)      Membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan.

Jenis system informasi :

Sistem informasi adalah sebuah system yang mengumpulkan, memproses, menyimpan da menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesfik. (Turban and Rainer, 2005)

Jenis-jenisnya;

a)      Transaction processing system

1. Mengotomatisasi transaksi bisnis harian

2. Mengumpulkan, menyimpan, memproses dan menyebarkan data transaksi bisnis

3. Menyediakan data dasar bagi system lainnya

4. Cukup kompleks dan rumit

5. Sangat penting untuk kesuksesan bisnis

b)      Management information system

1. Mendukung keputusan yang diambil secara rutin

2. Mengakses, menata, merangkum dan menampilkan informasi

3. Menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan diantisipasi

4. Menjawab permintaan dan perkiraan tren

c)       Support systems

d)      Intelligent systems

(system pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan pada system untuk pengguna biasa dan system cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan dimasa lalu)

e)      End user computing

(penggunaan atau pengembangan dari system informasi oleh pengguna utama dari output sebuah system seperti analis, manager atau professional lainnya)

f)       Knowledge management system

(mendukung proses penciptaan, pengumpulan, mengorganisasikan dan menyebarkan pengetahuan perusahaan)

g)      Data warehouse

(basis data yang di arncang untuk mendukung SDD, ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data)

h)      Mobile computing

(Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis diluar area fisik perusahaan yang menggunakan teknologi jaringan wireless)

Organisasi di strukturkan berdasarkan;

  1. Fungsionalitas dari masing-masing department
  2. Sering dalam bentuk hirarki
  3. Berdasarkan projek atau  dalam bentuk struktur matrik

Klasifikasi system informasi yang palin umum;

1)      Classification by breath of support.

2)      Classification by organizational level.

Sistem informasi dapat bersifat interorganizational, yaitu menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan umum atau kebutuhan bisnis, penting daam memfasilitasi e-commerce (penjualan atau transaksi melalui internet).

Adapun system informasi telah mendukung operasional perusahaan adalah sebagai berikut;

  1. Peran dari pengguna di dalam perusahaan

Ex: Top manager membuat keputusan strategis

Middle managers membuat keputusan taktis

Information resources mencakup;

1)      Hardware (computers, servers, other devices)

2)      Software (development tools, languages, applications)

3)      Databases

4)      Networks (local area, wide area, internet, intranet)

5)      Procedures

6)      Physical buildings

Tanggung jawab terhadap sumber daya informasi itu sendiri dipegang bersama oleh Departement Sistem Informasi dan pengguna akhir. Penentu siapa yang bertanggung jawab untuk perancangan, pembelian, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya informasi adalah perusahaan itu sendiri dan sangatlah dibutuhkan kerjasama.

Perang Departement Sistem Informasi :

1. Pergeseran orientasi dari sisi teknis ke sisi manajerial

2. Meningkatkan focus pada penambahan nilai stratefis perusahaan

3. Sistem informasi di tantang untuk meningkatkan nilai strategis yang membuat manajemen dari Sistem

Informasi itu sendiri menjadi lebih kompleks

4. Banyak perusahaan yang menjadikan Chef information officer (CIO) pimpinan dari

departemen system informasi.

Perangkat Keras Komputer

Tujuan :

  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi komponen utama perangkat keras dari computer
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan design dan fungsi dari CPU
  3. Mahasiswa dapat mendiskusikan hubungan antara design dari komponen mikroposesor dengan performa
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan primary storage dan secondary storage
  5. Mahasiswa dapat membedakan antara primary storage dan secondary storage berdasarkan kecepatan, biaya dan kapasitas
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan enterprise storage berbagai tipe dari enterprise storage
  7. Mahasiswa dapat menjelaskan hirarki dari computer berdasarkan power dan peranannya masing-masing
  8. Mahasiswa dapat memberdakan berbagai jenis teknologi input dan output dan penggunaannya

Pembahasan :

Adapun komponen perangkat keras dari system informasi adalah sebagai berikut;

1)      CPU (central processing unit)

2)      Memory (primary storage dan secondary storage)

3)      Input devices

4)      Output devices

Komputer selalu diklasifikasikan berdasarkan power atau tenaga.

Komponen utama Mainboard;

1. Central Processing Unit (processor)

Bertugas untuk menjalankan instruksi yang memberitahukan bagaimana computer harus bertindak.

2. Memory

Bertugas sebagai tempat pentimpanan sementara untuk data dan instruksi

Komponen umum didalam CPU;

1)      Processor

2)      Memory

3)      Adapter cards (sound,modem,video,network card)

4)      Ports

5)      Drive bays

6)      Power supply

Motherboard :

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit utama didalam unit system yang terdiri dari adapter cads, processor chips dan memory chips yang disebut juga sistemboard.

CPU :

Central processing unit adalah microprocessor yang mengeksekusi instruksi untuk menjalankan tugas pengolahan. Adapun komponen didalamnya adalah sebagai berikut:

1. Control unit

– Mengakses instruksi program

– Mentafsirkan decode instruksi

– Mengontrol aliran data di system

– Jalur aliran data yang disebut bus

2. Arithmetic logic unit

– Melakukan proses komputasi pada data

– Melakukan proses komparasi data

3. Registers

– Area penyimpanan berkecepatan tinggi

– Menyimpan data dan instruksi

4. Primary storage

– Tempat pentimpanan sementara yang mentimpan 3 hal;

  • Informasi yang sedang kamu kerjakan
  • Software aplikasi yang sedang kamu gunakan
  • Operating system software

– Tipe primary storage;

ü  Register (bagian dari CPU yang sangat cepat tetapi kapasistasnya sangat terbatas)

ü  Random Acces Memory (RAM) (memory chips pada mother board yang merupakan general storage dari instruksi program dan data, berjenis volatile (jika daya hilang maka data juga akan ikut hilang))

ü  Cache memory (lebih cepat dari RAM dan digunakan untuk menyediakan intermediate storage antara secondary storage dan RAM)

ü  Read only memory (ROM) (chips penyimpanan instruksi permanen yang dibutuhkan computer dan bersifat non volatile (jika daya hilang maka data tetap ada))

Primary Memory

Primary Memory adalah memory yang bersifat non volatile yang mana bila daya hilang data tidak akan ikut hilang dan bisa dihapus secara elektronik dan dapat di program ulang. Kapasitas penyimpanan besar dan harga lebih murah disbanding Primary Storage tetapi lebih lamban. Primary storage bersifat magnetic dan optical storage media.

Data yang ditampilkan pada computer dipresentasikan dalam pola bit. Bit adalah kependekan dari Binary digit. Bit itu sendiri menggunakan system Biner yang terdiri dari 2 nilai yaitu 0 dan 1.

Sebagai contoh 8bit = 1byte. Byte  adalah ukuran dasar dari penyimpanan di computer. Biasanya kode yang digunakan adalah ASCII Code yang memberikan karakter unik pada setiap pola dari 0s & 1s dalam byte.

Penulisan Bytes:

KiloBytes

MegaBytes

GigaBytes

TeraBytes

Random Access Memory (RAM)

RAM adalah memory chips yang dapat dibaca dan ditulis oleh processor dan sebagian besar RAM adalah bersifat volatile yang akan menghilangkan data ketika daya hilang. RAM juga disebut sebagai mainmemory atau primary storage. Jika ingin mempercepat respon computer makan memperbanyak RAM adalah salah satu jalan untuk repon computer menjadi semakin cepat.

Read Only Memory (ROM)

ROM merupakan memory chips yang menyimpan data dan instruksi permanent. ROM bersifat nonvolatile yang mana data tidak akan hilang saat daya hilang.

Terdapat 3 jenis ROM;

1)      FIRM WARE

2)      EEPROM

3)      PROM

Siklus Machine Instruction

Siklus machine instruction adalah instruksi di ambil dari primary storage oleh control unit, kemudian control unit memberikan decode instruksi dan diterima oleh ALU (Arithmetic Logic Unit), kemudia ALU melakkan perhitungan atau perbandingan dan hasilnya disimpan di primary storage.

Jumlah siklus Machine Instruction/detik merupakan tolak ukur kinerja sebuah computer.

Adapun factor yang mempengaruhi kinerja adalah antara lain;

  1. Clock speed
  2. Word length
  3. Bus width
  4. Line width

Machine Cycle

Machine cycle adalah 4 operasi CPU yang terdiri dari siklus machine (Fetch -> Decode -> Processor ->Store).

Tren Perangkat Keras

 

Smaller, faster, chaper, more powerful chips with each generation.

Micropocessors pada saat ini juga telah dan masih berkembang sangat pesat karena adanya miniaturisasi transitor, penurunan jarak antara transistor pada chip, pengingkatan konduktivitas atau aliran listrik dan peningkatan pemrogaman instruksi ke chip.

Hirarki Komputer

Pada umumnya computer diklasifikasikan berdasarkan kemampuannya memproses sesuatu;

1)      Supercomputers

Sangat canggih, komputasi kompleks, CPU tercepat, simulasi besar dan mahal.

2)      Mainframes

Enterprise computer terlebar, dipergunakan untuk kebutuhan military applications, scientific dan commercial, yang yang dimuat dapat sangat besar dan juga komputasi yang kompleks.

3)      Midrange

Middlerage, biasa digunakan di universitas, labor dan perusahaan-perusahaan serta digunakan sebagai front end processor untuk mainframe. networked.

4)      Workstations

5)      Microcomputers

Harga yang terjangkau, bersifat personal atau computer bisnis, komponen yang banyak tersedia, terdiri dari desktop atau portable and can be

6)      Computing appliance

Pada umumnya juga tidak terdapat batasan yang jelas untuk klasifikasi tersebut.

Input

 

Input, data atau instruksi yang dimasukkan oleh user atau pengguna ke memori computer. Sedangkan Input Devices adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data tersebut.

Input terdiri dari 2 tipe;

  1. Data (unprocessed text, numbers, images, audio and video).
  2. Instructions (programs, commands, user responses).

Input devices

Orientasi manusia   :

  • Keyboars
  • Mice or trackball
  • Touch screen
  • Stylus
  • Joystick
  • Microphone

Automatis   :

  • ATMs
  • POSs
  • Optical Scanners
  • Voice recognition
  • Sensors
  • Cameras

Stylus ???

Stylus adalah alat input devices yang berbentuk pena ballpoint yang menggunakan tekanan untuk menulis text atau menggambar garis. Biasanya stylus dignakan dengan graphics tablets, flat electronic boards.

Output Devices

Merupakan sebuah data yang telah dip roses kedalam bentuk yang bisa digunakan yang disebut informasi yang kemudian disampaikan oleh output devices itu kepada user.

 

Perangkat Lunak Komputer

 

Tujuan  :

1)      Mahasiswa dapat membedaka njenis utama dari perangkat software itu sendiri.

2)      Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dari system operasi.

3)      Mahasiswa bisa membedakan 3 metode dari pengembangan software aplikasi.

4)      Mahasiswa dapat mendeskripsikan atau menjelaskan jenis utama dari software aplikasi.

5)      Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana perkembangan software dan trend kedepannya.

6)      Mahasiswa bisa mendeskripsikan atau menerangkan dan menjelaskan enterprise software.

Pembahasan :

Aplikasi perangkat lunak tidak bisa atau tidak dapat dikembangkan dengan cepat untuk bersaing dilingkungan bisnis yang terus berubah atau dinamik dan aplikasi perangkat lunak itu sendiri juga tidak bisa mengimbangi perkembangan yang pesat dari perangkat keras. Selalu terjadi ketinggalan pengembangan software yang membatasi kemampuan dari Sistem Informasi.

Bukan hanya dikembangkan tetapu software yang usdah ada hendaknya dipelihara dan itulah kerja orang IY (pemeliharaan system). Perlu peningkatan kompleksitas yang mengarah pada potensi meningkatnya “bugs” serta testing dan “debugging” software yang sangat mahal dan dapat menghabiskan waktu.

Istilah dasar

Komputer programs untuk urutan instruksi pada computer.

Stored program concept untuk instuksi yang di tulis pada program disimpan dan di eksekusi oleh CPU saat dibutuhkan.

Progamming yaitu proses yang menulis atau coding untuk program.

Programmers adalah individu yang bekerja dan melakukan pemrograman.

Computer software,teridiri atas

1. system software

Merupakan perangkat lunak yang mengontrol dan mendukung segala aktivitas dari system computer. Mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari computer. Memfasilitasi pengembangan program, pengujian dan debugging. Independen atau beridiri sendiri.

Sistem software itu sendiri terbagi lagi atas 2;

  1. System control programs

Berfungsi sebagai pengontrol penggunaan semua sumber daya system seperti hardware, software, data dan system operasi.

  • Operating system

Bertugas mengawasi keseluruhan operasi pada computer lalu mengalokasikan CPU time dan main memory untuk program yang sedang berjalan di computer dan menyediakan antarmuka antara pengguna dengan hardware.

–          Process management

  • Bersifat multitasking atau multiprogramming (dapat mengelola dua atau lebih tugas atau program yang berjalan pada koputer pada waktu yang bersamaan).
  • Bersifat Multi threading (yaitu jenis dari multitasking yang menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan).
  • Timesharing (merupakan banyak pengguna yang menggunakan CPU secara bersama-sama dan masing-masing menggunakan input/output terminal yang berbeda).
  • Multiprocessing (adalah simultaneous processing dengan beberapa CPUs).

–          Virtual memory

  • Bertugas mensimulasikan memory utama lebih esar dari yang seharusnya pada system computer.

–          File management and security

  • Mengelola pengorganisasian dan akses ke file atau data yang terdapat di secondary storage.

–          Fault tolerance

  • Sistem dapat terus beroperasi meskipun terdapat kegagalan atau error.

–          User interface

  • Mengijinkan pengguna atau user memiliki control langsung terhadap objek atau tindakan yang terlihat ang menggantikan sintak perintah yang kompleks.

Tiper-tipe system operasi :

1)      Major desktop operating systems

Contohnya adalah Produk Microsoft (MS-DOS), UNIX, LINUX, JavaOS, MacintoshOS.

2)      Departemental server operating systems

Mendukung ratusan concurrent users seperti UNIX, LINUS, Windows XP dll.

3)      Enterprise operating system

Mendukung ribuan concurrent users dan terdapat jutaan transaksi perhari. Contohnya IBM’s OS/390, IBM’s VM (Virtual Machine) dll.

  1. System supports programs

Berfungsi sebagai pendukung khusus kemampuan dari program dan mendukung operasi, manajemen dan pengguna dari system computer itu sendiri. Sebagai contoh

  • System Utilities (Perform common tasks: sorting records, checking disk integrity, creating directories etc).
  • Memonitor performa (Memonitor proses kerja yang menghasilakan laporan statistic mengenai penggunaan sumber daya system).
  • Memonitor keamanan (Mengawasi penggunaan system computer dan sumber dayanya untuk melindunginya dari penggunaan yang tidak sah seperti penipuan atau pengerusakan).

2.aplikasi software

Aplikasi software adalah sebuah program yang menjalankan aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Tipe dari software aplikasi :

1)      Proprietary application software (u/kebutuhan bisnis yang spesifik dari perusahaan)

2)      Off the shelf application software (vendor yang mengembangkan program yang dijual  kebanyak perusahaan dan application programs yang mendukung jenis pengelolaan yang umum).

SOFTWARE ISSUES

a)      Software evaluation and selection

Faktor seleksi:

Ukuran serta lokasi dari pengguna utama

System administrasi tools

Biaya awal dan biaya selanjutnya

Kemampuan dari system pada saat ini dan kedepannya

Lingkungan komputasi yang tesedia itu bangaimana

In house technical skills

b)      Software licensing

Seperti:

ü  Coyright (hak legal ekslusif untuk memproduksi, menyebarkan lalu menjual software).

ü  Licenses (izin yang diberikan dibawah hokum yntuk terlibat pada sebuah aktivitas).

c)       Software upgrades

Adapun faktornya adalah:

  • Penawaran peningkatan yang berarti
  • Resiko akan revisi dotware mengandung bugs
  • Proses upgrade pada perusahaa besar merupakan tanggung jawab yang besar sehingga harus di pastikan nilai dan manfaat dari proses upgrade tersebut.

d)      Open system

Merupakan:

  • Model dari produk komputasi yang bekerja bersama.
  • Memberdayakan designer untuk memilih hardware computer terbaik, system operasi dan software aplikasi tanpa memikirkan kompatibilitasnya.

e)      Open soutce software

Adalah :

v  Code dari software yang ditawarkan secara gratis kepada para pengembanng.

BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa pemrograman merupakan dasar dari pengembagan aplikasi, terdapat beberapa generasi dari bahasa pemrograman itu sendiri:

  1. Bahasa mesin (1st generation)

Native language dari computer yang terdiri dari bilangan biner (0s,1s) dan bahasa satu-satunya yang dipahami computer.

  1. Bahasa assembly (2nd generation)

Merupakan korespondensi satu-satu dengan bahasa mesin, lebih user friendly dari pada bahasa mesin dan memiliki assembler yaitu program yang menterjemahkan bahasa assembly ke bahasa mesin.

  1. Bahasa procedural (3rd generation)

Merupakan stu instruksi yang diterjemahkan kedalam banyak instruksi bahasa mesin, program yang mendeskripsikan proses dari computer secaralangkah perlangkah dan mendekati natural language yang menggunakan kata umum. Bahasa procedural memiliki compiler yang menerjemahkan keseluruhan program sekaligus dan Interpreter yan menerjemahkan dan mengeksekusi satu sumber program pada satu waktu.

  1. Bahasa non procedural (4th generation)

Yaitu bahasa yang memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil. Contohnya adalah database query language (SQL) dan bahasa ini dapat digunakan oleh non technical users.

  1. Natural language programming languages (5th generation)

Dapat menerjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin. Are extremely complex and experimental.

Bahasa programan lainnya:

1)      Visual programming languages

Menggunakan graohical environment seperti Visual C++ dan popular untuk non technical users.

2)      Hypertext markup language (HTML)

Merupakan bahasa standard yang digunakan Word Wide Web (WWW) yang mengandung teks, gambar dan berbagai jenis informasi seperti file data, audio, video dan executable computer programs.

3)      Axtensible markup language (XML)

Adanya peningkatan pada funsionalitas web document.

4)      Object oriented programming language (OOP)

Berdasarkan objects atau paket daya dan instruksi mengenai apa yang harus dilakukan oleh data tersebut secara bersama-sama. Sperti Java, C++ dan C#. OOP memiliki Unified modeling language (UML) yaitu modeling tool untuk object oriented systems.

Mengelola data dan informasi organisasi

Tujuan :

1)      Mahasiswa mengetahui terminology dasar dari manajemen data.

2)      Mahasiswa dapat menyimpan data dalam file tradisional dan permasalahan pada pendekatan tersebut.

3)      Mahasiswa mengetahui pendekatan basis data untuk menyimpan file.

4)      Mahasiswa tau bagaimana data di organisasikan untuk membuat sebuah data base.

5)      Mahasiswa mampu dan mengetahui bagaimana data diorganisasikan untuk membuat sebuah data base.

6)      Mahasiswa mengerti apa saja komponen dari DBMS.

7)      Mahasiswa mengetahui bagaimana perusahaa memanfaatkan stored data mereka.

Pembahasan :

Adapun dasar penyusunan dan akses data adalah sebagai berikut;

1.data yang mengandung file

Database merupakan pengelompokan logis dari files yang terkait.

2.file mengandung records

File merupakan pengelompokan logis dari records yang terkait.

3.record mengandung fields

Record adalah pengelompokan logis dari field yang terkait.

4.Field mengandung characters

Fields adalah pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat atau angka.

Fields juga merupakan kombinasi dari satu atau lebih karakter. Unit terkecil dari data yang diakses                 pengguna.

  • Field size (jumlah maksimal dari karakter yang bisa ditampung sebuha field)
  • Field name (sebagai identifikasi dari setiap field)
  • Data type (jenis spesifik dari data yang ditampung)

1character = 1 byte = 8bits

Terminologi dari manajemen data

Entity

Orang,tempat,benda atau kejadian yang berupa informasi dari suatu hal yang dikelola.

Attribute

Karakteristik atau kualitas yang mendiskripsikan entitas tertentu.

Primary key

Field yang secara unik mengidentifikasikan record.

Secondary key

Field yang tidak unik tetapi dapat digunakan untuk membentuk grup dari records.

Menyimpan dan mengakses Records

Media sekuensial menyimpan records secara sekuensial berdasarkan key values. Direct atau random media atau disk menggunakan teknik lain seperti

1)      Indexed Sequential Acces Method (ISAM)

Menggunakan index (lists dari key field dari setiap record dan dimana letak ditempatkan secara fisik) untuk menempatkan individual records.

2)      Dirrect File Access Method

Menggunakan key field untuk menempatkan secara fisik alamat dari record atau transform algorithm dengan menerjemahkan nilai key field langsung ke lokasi penyimpanan records.

File processing system merupakan organisasi yang memiliki file data yang terelasasi. Records dari satu file bisa tidak berhubungan atau terkait dengan file yang lainnya. Adapun permasalahan dalam traditional file environment adalah sebagai berikut:

1. Data redudancy (data yang sama ditemukan di beberapa tempat)

2. Data inconsistency (salinan dari berbagai data yang tidak lagi sama)

3. Data integrity (data yang harus akurat dan benar)

4. Security (sulit membatasi akses ke berbagai data pada berbagai aplikasi)

5. Data isolation (data yang terdapat pada file data dari beberapa aplikasi sulit di akses dan integrasikan)

6. Application data dependence (aplikasi yang dikembangkan berdasarkan bagaimana data disimpan)

Data base approach

Merupakan banyak program dan pengguna bisa berbagai data di database, data aman karena hanya authorized users yang bisa mengakses data tertentu.

Perbedaan dalam menyimpan data

Member file, Training session file (duplicated data)

Member file, training session file (onli member id is duplicated)

Menempatkan data pada database

Terdapat 2 pilihan;

1.Centralized database (dimana semua file berada pada satu lokasi fisik yang sama dan menyediakan database administrators dengan kemampuan mengelola keseluruhan database pada satu lokasi, konsisteni data ditingkatkan dan leih aman serta file hanya bisa diakses melalui centralized host computer, serta proses recovery yang lebih murah tetapi rentan terhadap single point of failure, speed problem terkait transmission delays).

2.Distributed database (merupakan salinan lengkap dari basis data atau sebagian dari basis data yang berada pada lebih dari satu lokasi dekat dengan pengguna.

Cara mengembangkan databases

1.Kembangkan conceptual design dengan cara model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis.

2.Organisasikan dengan entity relationship (er) modeling dengan proses perencanaan design basis data dan entity classes kemudian instance kemudian identifiers lalu relationships.

3.Analisa struktur dari data dengan menerapkan proses normalisasi dengan metode untuk relational database menjadi lebih efisien serta helps achieve dengan minimum redudancy dan maximum data integrity kemudian dengan best processing performance.

4. Implementasikan struktur data fisik dari basis data pada database management sistem software dengan create tables, define fields and field properties, establish primary keys, define table relationships dan add actual data records to tables.

Data model

Mendefinisikan cara data distrukturkan secara konseptual.

Data definition language (DLL)

Biasa diguakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari databse. Users menjabarkan logical view atau schema dari database dengan menggunakan DDL dan mendefinisikan physical characteristics dari records dan fields.

Data manipulation language (DML)

Biasa digunakan untuk mendapatkan isi dari database, menyimpan atau mengupdate informasi pada database dan mengembangkan aplikasi database.

Data dictionary

Menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik data.

Adapun keuntunga dari DBMS adalah

a.meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan

b.mengurangi kompleksitas dari IS environment

c.mengurangi redundan dan ketidak konsistensi nya data

d.meningkatkan data integrity dan lain lain

Logical data model

Merupakan suatu kemampuan manager untuk menggunakan basis data tetapi tergantung pada bagaimana basis data di strukturkan baik secara logika maupun fisik. 3bentuk umum dari data models (hierarchical, network, relational)

Data warehouse

Merupakan suatu sistem basis data yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusa, pengekanan pada pengorganisasian data yang baik, baik dalam cara yang dipahami sehingga pengguna bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan.

Data mart

Merupakan small scale,simpler data warehouse.

Data mining

Mengekstrak pengetauhan dari data warehouse menggunakan algoritma tingkat tinggi untuk menemukan pola tersembunyi, korelasi dan relasi.

Jaringan dan telekomunikasi

Pembahasan :

Komunikasi merupaka nproses yang melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis yang saling mengirimkan data,perintah dan informasi.

Sistem telekomunikasi menggunakan hardware dan software yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Signal analog,merupakan gelombang bersifat continues dan informasi yang disampaian melalui perubahan karakter dari gelombang.

Dignal digital merupakan informasi yang disampaikan dalam bentuk biner dan mudah dipahami komputer.

Hardare devices digunakan dalam pentransmisian dan penerimaan data seperti modem yaitu perangkat yang mengubah signal analog kedigital, multiplex merupakan transmiter yang mentransmisikan sinyal melalui media tunggal dan front end processor yaitu komputer khusus yangditujukan untuk mengelola tugas komunikasi.

Telephone wire, harganya murah dan mudah dipergunakan tetapi lamban dan mudah terkena gangguan kemaanan.

Coaxial cable merupakan kabel yang membawa lebih banyak data lebih terlindungi dari gangguan interference tetapi lebih mahal dan keamanan rendah.

Operator dan Jasa telekomunikasi

Operator telekomunikasi– menyediakan teknologi komunikasi dan layanan komunikasi data.

Layanan Telekomunikasi

  1. Switched lines,transmisi di arahkan sepanjang jalur ke tujuan.
  2. Dedicated lines ,continuous connection is established.
  3. Wide-area Telecomm Service (WATS) ,layanan telpon jarak jauh  yg terjangkau biayanya.
  4. Integrated Services Digital Network (ISDN), transmisi data berkecepatan tinggi melalui saluran telpon.
  5. Digital Subscriber Lines (DSL)  ,transmisi digital berkecepatan tinggi melalui saluran telpon yang tersedia.
  6. Tmnet-Streamix.

Dasar jaringan

Network merupakan peralatan, media, dan perangkat lunak komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer

Network Environment

  1. Local Area Network (LAN)
  2. Wide Area Network (WAN)

Wide area networks (WANs) (jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. Layanan di sediakan oleh operator). Internet adalah WAN yg bersifat public. Value-added networks (VAN) (private, data-only networks, dikelola oleh pihak ketiga diakses melalu berlangganan). Virtual private network (VPN) (secure gateway antara corporate systems dan Internet).

Network Communication Software

Komponen  :

  • Network Operating System
  • Network Management Software
  • Protocols

Network Processing Strategies

Client/server processing

-Applications can be divided into presentation, applications, and data management components.

-Components can be partitioned between the server and the clients to form different implementations.

Peer-to-peer processing

-Simplified form of client/server.

– Devices attached to network have access to all other devices.

-No file server involved.

– Simple set up and maintenance.

-Implemented in many operating systems such as Windows 2000 and Windows XP.

Open Systems (belum bisa tercapai dengan ideal)

Perangkat apapun bisa terhubung dengan perangkat lain dengan baik, terlepas dari ukuran, sistem operasi atau aplikasi.

Konektivitas (Kemampuan sumber daya komputer untuk berkomunikasi tanpa campur tangan manusia)

Enterprise wide network

– Meliputi keseluruhan organisasi dikarenakan penerapan open systems dan connectivity.

Aplikasi Telekomunikasi

-Electronic Mail

– Videoconferencing

-Electronic Data Interchange

-Electronic Funds Transfer

-Facsimiles

–  Telecommuting

-Distance Learning

– Telematics.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php