BIOLOGI

Tolong!!! Tolong!! Tolong Aku

Posted: December 1st 2016

Pohon ulin (Eusideroxylon zwageri)

Nama lain dari pohon ulin adalah pohon kayu besi. Pohon ulin (Eusideroxylon zwageri) adalah salah satu pohon yang terkenal dari hutan Kalimantan Timur dengan ciri kayu yang keras dan kuat, warna gelap, dan tahan terhadap air laut. Tinggi pohon ulin mencapai 50 meter dengan diameter hingga 120 cm. Selain itu, pohon ini banyak ditemukan di dataran rendah.

pohon-ulin

Kayu ulin sangat kuat dan awet, dengan kelas kuat I dan kelas awet I, berat jenis 1,04. Kayu ulin tahan akan serangan rayap dan serangga penggerek batang, tahan akan perubahan kelembaban dan suhu serta tahan pula terhadap air laut. Kayu ini sangat sulit dipaku dan digergaji tetapi mudah dibelah. Ulin dapat digunakan sebagai bahan konstruksi berat, rumah, lantai, tiang listrik dan telpon, perkapalan, sirap. Di Kalimantan, kayu Ulin sudah di pakai sebagai bahan utama untuk membuat rumah, khususnya dikalangan suku Dayak. Kayu Ulin yang bagus untuk dijadikan bahan baku rumah ialah kayu Ulin yang sudah tua. Semakin tua umur kayu Ulin, semakin keras kayunya.

Dalam hubungannya dengan manfaat ekologi, pohon Ulin merupakan tempat bersarang orang utan.  Orang utan juga memakan daun-daun ulin yang masih muda. Pohon Ulin memiliki peranan ekologi yang penting diantaranya menghasilkan oksigen yang menyerap karbondioksida melalui proses fotosintesis, mempertahankan air tanah, menahan air dan tanah, serta mempengaruhi iklim mikro, dan lain sebagainya.

Manfaat bagi kepentingan sosial budaya merupakan manfaat yang juga bersifat ekstraktif namun pemanenan dilakukan tidak dengan cara menebang. Manfaat ini diperoleh dengan mengambil bagian yang tidak mematikan dari jenis ini. Manfaat sosial budaya dari pohon ulin adalah sebagai obat tradisional dan sebagai bahan kerajinan dan ukiran tradisional dengan memanfaatkan tunggak ulin yang telah mati sehingga tidak mengancam kelestariannya.

Pohon Ulin (Eusideroxylon zwageri ) merupakan salah satu jenis yang hampir punah sebagai akibat dari tingginya laju penebangan yang dilakukan secara legal oleh masyarakat maupun perusahaan, bahkan telah terancam punah. Sedang berdasarkan data IUCN, pohon Ulin dikategorikan dalam kelompok yang rentan (vulnerable) yaitu populasi mengalami penurunan lebih dari 20% selama 10 tahun. Penyebab utama keterancaman kepunahan adalah karena kerusakan habitat dan pemanfaatan yang tidak terkendali.

Sementara itu, proses pemuliaan alami di hutan bekas tebangan umumnya kurang berjalan dengan baik. Perkecambahan biji ulin membutuhkan waktu cukup lama sekitar 6-12 bulan dengan persentase keberhasilan relatif rendah. Apalagi, produksi buah tiap pohon umumnya juga sedikit. Biji ulin lebih suka ditiriskan baik tanah, tanah liat berpasir ke tanah liat, kadang-kadang batu kapur. Hal ini umumnya ditemukan di sepanjang sungai dan bukit-bukit yang berdekatan. Hal ini membutuhkan rata-rata curah hujan tahunan 2500-4000 mm.

biji-ulin

Pohon Ulin dikenal memiliki pertumbuhan yang lambat, sehingga untuk usaha komersial jenis ini kurang diminati, sementara besarnya minat masyarakat terhadap jenis ini sangat besar, sehingga dikhawatirkan jenis ini akan musnah, dengan demikian diperlukan usaha-usaha penanaman untuk pelestarian jenis ini.

bibit-tanaman-ulin-kayu-khas-kalimantan

Upaya aksi untuk pelestarian tanaman ulin adalah melakukan kerjasama berbagai pihak masyarakat Desa Tanjung Harapan Kalimantan Timur dengan cara menanam tanaman ulin sebagai naungan pada tanaman kopi PT Kiani Hutani Lestari Kalimantan Timur sehingga tanaman ulin dapat dibudidayakan. Cara budidaya tanaman ulin dilakukan membuat bibit ulin dan ditanam sebagai naungan pada tanaman kopi. Tanaman ulin sebagai naungan pada tanaman kopi akan hidup berdampingan ssehingga memberikan keanekaragaman kebun kopi. Selain dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan saya akan melakukan kerjasama dengan pemerintahan dalam kegiatan rehabilitasi dan restorasi dengan penanaman pohon ulin di kawasan TN Kutai dengan pihak Balai TN Kutai dan perusahaan sebagai Mitra TN Kutai. Kegiatan rehabilitasi dan restorasi bertujuan untuk upaya pelestarian tanaman ulin yang rusak akibat dari kerusakan vegetasi ulin dari perambahan dan illegal loging oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Upaya yang lain yang dapat saya lakukan dirumah saya dengan kultur jaringan dapat dilakukan pada tamanan ulin sehingga dapat melestarikan tanaman ulin dengan cepat karena biji ulin sulit untuk ditumbuhkan. Upaya aksi untuk pelestarian tanaman ulin dapat terlaksana dengan cara membuat proposal rencana aksi untuk perusahaan dan pemerintah. Membuat blog upaya pelestarian tanaman ulin yang semakin terancam punah  dan mempublikasikan upaya riset atau karya ilmiah kultur jaringan tanaman ulin sehingga memberikan informasi pentingnya melestarikan tanaman ulin di Kalimantan.


One response to “Tolong!!! Tolong!! Tolong Aku”

  1. agnestriffanys says:

    Menurut saya, rencana upaya penyelamatan tanaman ulin sudah cukup bagus dengan mengadakan berbagai kerjasama dengan beberapa pihak apalagi jika memungkinkan dilakukan kultur jaringan dalam menyelamatkan spesies ini dari kepunahan terlebih spesies ini sudah “Vulnerable”, karena cukup sulit juga dalam melakukan kultur jaringan. Semoga dapat direalisasikan di kemudian hari 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php