blog maria

Manggarai jadi Surganya Pecinta Kopi

Posted: February 21st 2017

 

 

Kopi berperan penting bagi setiap sendi kehidupan masyarakat Flores khususnya Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Karenanya potensi ini menjadi salah satu ungggulan di wilayah tersebut. Hampir setiap rumah membudidayakan tanaman tersebut. Komoditas ”mutiara hitam” ini juga menjadi gantungan hidup umum masyarakat setempat sehingga mereka dapat menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Manggarai Timur  merupakan wilayah yang cukup banyak menghasilkan kopi tiap tahunnya.  Hingga saat ini, luas lahan tanaman Kopi di Kabupaten Manggarai Timur adalah 22.673.17 ha, dengan luas areal kopi jenis Arabika mencapai 7.071 ha dan kopi jenis Robusta yang mencapai 15.602.27 ha. Angka akselesari kenaikan jumlah produksi komoditi Kopi Manggarai Timur, terus didorong oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur, melalui program perluasan lahan, intensifikasi perbaikan mutu dan pengembangan industri hilir.

Tahun 2015  yang lalu,  kontes Kopi terbaik Indonesia kembali dilakukan, untuk menemukan Kopi terbaik milik Indonesia. Kontes yang diselenggarakan di Banyuwangi, Jawa Timur ini pada akhirnya memutuskan Kopi Manggarai Timur, sebagai Kopi terbaik Indonesia 2015.  Hal ini dikarenakan wilayah Manggarai yang terletak di perbukitan (1.000 m diatas permukaan laut) serta tata cara penanaman yang yang diselingi jenis tanaman lain sehingga kopi Manggarai memiliki cita rasa dan keasaman yang sesuai.

Kopi yang berkualitas biasanya di ekspor ke negara Amerika, Australia, dan beberapa di bagian Timur Tengah. Hingga saat ini, harga kopi di Manggarai terus ditingkatkan. Namun tetap ditentukan musim yang  akan mempengaruhi kualitas dan nilai jualnya.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php