mariaFTB11

sayangilah satwa burung indonesia!!!

Posted: September 8th 2014

Casuarius casuarius atau biasa di kenal dengan burung kasuari adalah salah satu jenis satwa burung yang dapat dijumpai di kawasan hutan Papua. Burung jenis ini hidup di lantai hutan untuk mencari makan maupun beraktifitas lainnya.

index

Keberadaan satwa ini selalu menjadi incaran para pemburu untuk diambil telur, daging maupun bulunya sebagai pelengkap aksesoris pakaian adat. Tidak semua suku yang ada di Papua memanfaatkan burung sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani maupun sebagai pelengkap aseksoris pakaian adat.
Burung kasuari merupakan salah satu jenis burung yang rentan kepunahan karena selalu diburu untuk diambil bagian-bagian tubuhnya. Hal ini dipercepat lagi dengan rusaknya habitat alami, sebagai dampak dari pembalakan liar, kebakaran hutan, bencana alam dan konversi hutan menjadi areal untuk pemanfaatan lain seperti perkebunan, pertambangan, transmigrasi dan pemukiman penduduk.
Dengan melihat kenyataan ini maka perlu dilakukan upaya-upaya konservasi bagi kehidupan satwa yang ada didalamnya. Bentuk kegiatan konservasi yang dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan penangkaran, yaitu suatu kegiatan pengembang-biakan satwa di luar habitat aslinya (eksitu). Keberhasilan kegiatan penangkaran dipengaruhi oleh beberapa aspek, antara lain bentuk kandang, kesehatan satwa dan pemberian jenis pakan. Burung kasuari yang hidup di tempat penangkaran tidak dapat mencari makan sendiri, namun sangat tergantung pada penangkar/pemeliharanya.

sumber:
Shanaz, J. P. Jepson dan Rudyanto. 1995. Burung-burung terancam punah di Indonesia. PHPA Birdlife Internasional Indonesia Programme. Bogor.
Nandika, D. 2005. Hutan bagi ketahanan nasional. Cetakan pertama Universitas
Muhammadiyah Surakarta.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php