Marco Simamora

Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce

Posted: December 10th 2012

Wireless merupakan transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik. Jarak bisa pendek, seperti beberapa meter untuk remote control televisi, atau sejauh ribuan atau bahkan jutaan kilometer untuk ruang-dalam komunikasi radio. Ini meliputi berbagai jenis tetap, mobile, dan portabel radio dua arah, telepon seluler, personal digital assistant (PDA), dan jaringan nirkabel.

  • Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.
  • Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.
  • Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.
  • Microwave transmission systems banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point. Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), Dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima.
  • Satellite transmission Sistem menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:
    Geostationary (GEO) : mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.
    Medium-earth-orbit (MEO) : yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.
    Low-earth-orbit (LEO)  : adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.
GPS
GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia.
Internet over Satellite (IOS)
IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka.
Radio Transmission menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php