Marco Simamora

E-Commerce

Posted: December 10th 2012

Pengertian E-Commerce yaitu proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet. Ruang lingkup E-Commerce saat ini yaitu iklan, perbankan, jual beli alat elektronik, jual beli saham, pencarian pekerjaan, lelang, kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia, dan menyediakan layanan konsumen.

Konsep E-Commerce dibagi menjadi tiga yaitu Traditional commerce, Pure E-Commerce, dan Partian E-Commerce.

Traditional Commerce

Traditional commerce merupakan semua dimensi terkait fisik. Contohnya yiatu Brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada). Traditional commerce menganut Old-economy organizations (corporations) dimana bisnis dijalankan secara offline dan menjual produk melalui physical agents.

Pure EC

Pure EC merupakan semua dimensi adalah digital. Pure EC ini menjual barang dan jasa secara on line. New-economy organization.

Partial EC
Partial EC merupakan perpaduan antara dimensi digital dan fisik. Click-and-mortar organizations.
E-Business
E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliputi layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, dan melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php