marchel maitimu

Electronic Commerce

Posted: December 8th 2012

E-Commerce mulai digunakan pada awal 1970 (jauh sebelum internet digunakan secara bebas), awalnya terbatas untuk perusahaan besar. Tetapi pada saat sekarang ini E-Commerce sudah banyak digunakan untuk proses jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet (untu bisnis online). E-Commerce dapat  didefinisikan  dari sudut pandang: komunikasi, proses bisnis, layanan, online, kolaborasi, komunitas.

E-Commerce terbagi 3 yaitu:

  • Traditional Commerce yaitu perdagangan masih dilakukan secara fisik dimana transaksi dilakukan dengan kontak langsung antara pembeli dan penjual.
  • Pure EC yaitu perdagangan barang dan jasa yang  dilakukan di internet, dan  pengiriman barang nya lewat jasa pengiriman barang.
  • Partial EC yaitu perpaduan  antara Traditional Commerse dan Pure EC, biasanya cara perdagangan nya dilakukan di toko nyata dan maya(media online).

E-Business adalah perluasan dari definisi E-Commerce yang tidak hanya terdiri dari pembeli dan penjual barang dan jasa, tetapi juga meliputi layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, dan melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan.

Macam-macam tipe dari E-Commerce :

  • Business to business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (C-Commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

Elektronic Marketplaces adalah perdagangan online dimana penjual dan pembeli bisa saling berkomunikasi kemudian melakukan transaksi.

2 jenis Elektronic Marketplaces:

Pasar memfasilitasi pertukaran:                                                                  Pasar menciptakan nilai ekonomi untuk:

–          Informasi                                                                                                 – Pembeli

–          Barang                                                                                                      – Penjual

–          Jasa                                                                                                           – Perantara

–          Lembaga                                                                                                  – Masyarakat

Perbedaan antara Elektronic Market dan Inter-Organization System (IOS):

Elektonic Market: pembeli dan penjual nya bertemu untuk bertukar barang, layanan, uang, informasi, sedangkan Inter-Organization System: antara dua/lebih perusahaan yang melakukan pemrosesan transaksi harian aliran informasi.

Aplikasi E-Commerce yang didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas:

  • People
  • Public Policy
  • Technical Standards and Protocols
  • Business Partners
  • Support Services

Infrastruktur E-Commerce adalah hardware, software, dan jaringan yang dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi dan kolaborasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php