UAJY

Review Materi Setelah UTS

Posted: December 10th 2013

Pengantar Teknologi Informasi

Week 8

Pengertian Internet dan Intranet

Internet adalah hasil pengembangan dari intranet yang sekarang di artikan sebagai jaringan komputer terbesar yang dapat mengirim informasi dengan sangat mudah menggunakan standart dan protokol yang terbuka, tidak eklusif, dalam jaringan yang saling berhubungan dengan jaringan. Sedangkan Intranet adalah ide awal sebelum dikembangkan menjadi internet , atau jaringan internal yang menggunakan sambungan internet.

Layanan secara umum yang tersedia dalam Internet :

  1. Email
  2. Web
  3. File Transfer
  4. Chat
  5. Message Board
  6. Instant Messaging

Internet sekarang ini menjadi jaringan terbesar yang menghubungkan jaringan komputer baik dalam dunia bisnis, organisasi, lembaga pemerintah, maupun sekolah di seluruh dunia dengan cepat, mudah, dan murah. Internet dimasa yang akan datang akan dikembangkan lagi, dengan bantuan 180 universitas di US untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi terdepan daan tercanggih untuk riset dan pembelajaran dengan kerjasama yang baik dengan pemerintah untuk melancarkan pengembangan dunia internet.

 

Layanan Internet– Web Services

-Pengiriman komponen perangkat lunak melalui website dari pada melalui cara tradisional (disks, CDs)

-.NET – Microsoft’s new platform for XML Web services.  Integrates web sites and programs to deliver applications.

-Aplikasi yg menggunakan fungsi  Internet transport

-Sistem dengan standart universal  untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via  client/server architecture

-Based on HTML – standard hypertext language yg digunakan di Web

-menangani text, hypermedia, graphics, dan sound

Internet Challenges

*Teknologi baru

-Adopted by vendors more rapidly than users and customers can implement them

-Web developers cannot assume that users can run their innovations successfully

*Regulasi Internet

-Organisasi teknis(e.g., World Wide Web Consortium) mengembangkan standart untuk mengatur fungsionalitas internet

-Organisasi tersebut  tidak dikenai tanggung jawab baik secara hukum atau operasional terkait penggunaan internet

-Bagaimana mengontrol konten yg kontroversial di Web?

*Internet Expansion

>Pertumbuhan lalu lintas internet yg luar biasa telah mempengaruhin beberapa elemen dari jaringan

•Slower retrieval times

•Unreliable data transmission

•Penolakan layanan karena overloaded servers

>Pendekatan untuk mengatasi permasalahan tsb

•Improved hardware technology

•Improved Web management software

*Internet Privacy – Web sites  mengumpulkan informasih dengan atau tanpa sepengetahuan pengguna

>Cookie – file data yang ditempatkan di hard drive pengguna saat mengunjungi site pertama kali. Mengumpulkan data  pada halaman yg dikunjungi atau konten yg dilihat.

>Tiga pendekatan potensial mengenai isu privasi

•Pemerintah mengijinkan grup mengembangkan standart privasi; does not take any action now unless real problems arise

•Pemerintah merekomendasikan standart privasi untuk internet; does not pass laws at this time

•Pemerintah meloloskan hukum yg mengatur bagaimana informasi  personal bisa dikumpulkan dan digunakan di internet

 

Week 9

Sistem Informasi Fungsional

Terdiri dari beberapa SI kecil yang fokus pada tugas yang spesifik. Secara spesifik aplikasi SI bisa diwujudkan dalam :

  1. aplikasi yang benar independen
  2. terintegrasi membentuk suatu sistem fungsional departement yang koheren
  3. di integrasikan lintas departement untuk mendukung proses bisnis yang lebih luas

Di dalam sistem informasi fungsional ada transaction processing system. Yang dimaksud dengan transaksi adalah setiap peristiwa/event yang terjadi selama proses operasi bisnis.

 

Management Information Systems

-Menyediakan informasi rutin kepada manajer pada area fungsional

Apa yg dimaksud transaksi?

-Setiap peristiwa / event yang terjadi selama  proses operasi bisnis

-Business events (transactions) bisa memicu business events lainnya

-setiap event (transaction) bisa di deskripsikan oleh  sejumlah item data

-Transaction processing systems (TPS) di rancang untuk mencatat dan menyimpan data yg menjabarkan setiap business event yg terjadi

-TPSs : automated, berulang, konsisten, high-volume tasks

-TPSs menyediakan fondasi untuk sistem informasi lainnya

-TPS memberikan impresi/kesan kepada konsumen mengenai kualitas dari sebuah bisnis

Karakteristik dari TPSs

-Data yg diproses dalam volume yg besar

-Sumber data sebagian eksternal, dan output sebagian besar untuk pengguna internal

-TPS beroperasi secara regular (on demand, daily, weekly, etc.)

-Membutuhkan kapasitas penyimpanan (database) besar

-Memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi (due to the high volume)

-Data Input dan output dikenali dan mudah dipahami (highly structured)

-Melibatkan level detil yg tinggi tetapi low computation complexity

-Membutuhkan level accuracy, data integrity, dan security yang tinggi

-Membutuhkan kehandalan pengolahan yg tinggi;  organizations cannot function for long without TPSs

-Mendukung  Inquiry processing

Methods of Processing Transactions

Online Processing: kompleks, mahal

Hybrid Processing: ringkas,tidak mahal,lebi akurat

Production & Operations Management Systems

*Logistics and Material Management

>Logistics Management

•Pemesanan, pembelian, pengiriman keluar dan kedalam

>Inventory Management

•Menentukan banyaknya persediaan

>Quality Control

•Memonitor dan melaporkan kualitas dari bahan dasar, pemrosesan, hingga jadi barang jadi

*Planning Production/Operations

-Material Requirements Planning; MRP II

-Just-In-Time

-Project Management  (PERT &  CPM)

-Short-term scheduling

*Automatic Design Work and Manufacturing

-Computer Aided Design (CAD)

-Computer Aided Manufacturing (CAM)

-Computer Integrated Manufacturing (CIM)

Human Resources Management Systems

*Recruitment

-Melacak semua lowongan yg terbuka

-Mengiklankan lowongan melalui internet

-Seleksi karyawan

*Human Resources Maintenance and Development

-Pelatihan karyawan

-Penilaian performa

-Analisa Turnover (omset), keterlambatan, absensi

*Human Resources Management and Planning

-Mengelola  personnel files dan skills inventory

-Mengelola tunjangan

-Menyesuaikan dengan government reporting

-Personnel planning

-Succession planning

-Labor negotiations

Integrated Information Systems

*Kekurangan dari SI berbasis fungsional:

•Tidak bisa memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh karyawan

•Tidak mengijinkan departemen yg berbeda berkomunikasi dengan efektif

•Data penjualan, inventory, dan produksi sering di inputkan secara manual ke sistem komputer yg terpisah

vAlasan integrasi

*Kekurangan dari SI berbasis fungsional:

•Tidak bisa memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh karyawan

•Tidak mengijinkan departemen yg berbeda berkomunikasi dengan efektif

•Data penjualan, inventory, dan produksi sering di inputkan secara manual ke sistem komputer yg terpisah

*Bagaimana mengintegrasikan SI

>Menghubungkan sistem yg ada

•Memaksimalkan penggunaan sistem yg ada dan mengijinkan adanya penambahan aplikasi baru

>Menggunakan aplikasi supply chain management

•Mengatasi isolasi dari struktur departemen tradisional dengan mengintegrasikan pengelolaan pada beberapa area fungsional

>Menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning

•Mengelola semua proses bisnis utama menggunakan  arsitektur aplikasi tunggal  secara real time

•Meningkatkan efisiensi untuk meningkatkan kualitas, produktifitas dan profitibilitas

 

Week 10

Electronic Commerce

Sejarah

Dimulai pada awal 1970 jauh sebelum internet berkembang dan dipergunakan secara luas.  Pada awalnya digunakan untuk perusahaan besar dalam pengembanan bisnis luar. Dengan fasilitas Electronic Fund Transfer (EFT), dan Electronic Data Interchange (EDI). Ruang lingkup dari E-Commerce berupa iklan, perbankan, jual beli alat elektronik, jual beli saham, pencarian pekerjaan, lelang, kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia dan dapat menyediakan layanan konsumen. Jadi, E-Commerce adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer dengan internet. Tipe dari E-Commerce adalah :

  1. Business to Business EC (B2B)
  2. Collaborative Commerce (c-commerce)
  3. Business to Consumer EC (B2C)
  4. Consumer to Business (C2B)
  5. Consumer to Consumer (C2C)
  6. Intrabusiness (Intraorganizational) Commerce
  7. Goverment to Citizens (G2C) and other
  8. Mobile Commerce (M-Commerce)

 

 

Sejarah

–Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas)

–Awalnya terbatas untuk perusaahn besar

–Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

•Ruang lingkup EC saat ini

–Iklan

–perbankan

–Jual beli alat elektronik

–Jual beli saham

–Pencarian pekerjaan

–lelang

–Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia

–Menyediakan layanan konsumen

Definisi dan konsep EC

•Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet

•Definisi EC di ambil dari sudut pandang

–komunikasi

–Proses bisnis

–layanan

–Online

–kolaborasi

-komunitas

>Traditional commerce : semua dimensi terkait fisik

•Brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada)

•Old-economy organizations (corporations)

•Bisnis dijalankan secara offline

•Menjual produk melalui physical agents

>E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput:

–Layanan konsumen

–Kolaborasi dengan rekan bisnis

–Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan

Pure vs. Partial EC: berdasarkan tingkat digitalisasi dari produk , proses bisnis, dan delivery agent

Electronic Commerce Requirements

•Infrastructure – hardware, software, dan jaringan yg dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi

•Mekanisme Pembayaran Electronic

–Electronic checks

•Konsumen membuka rekening di bank

•Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital

•Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual

–Electronic credit cards

•Unencrypted payments – Pembeli meng email kan nomer CC ke penjual di internet

•Encrypted payments – detil credit card di enkripsi untuk keamanan

–Electronic cash in PC

•bank menyediakan aplikasi khusus kepada konsumen

•Konsumen membeli “uang elektronik” dari bank melalui aplikasi

•Bank mengirim  catatan uang elektronik ke konsumen, disertai tanda tangan digital

•Uang  disimpan pada PC pembeli dan bisa digunakan pada setiap electronic store yg menerima e-cash

•Aplikasi juga digunakan untuk mentransfer e-cash dari komputer pembeli kekomputer penjual seller’s

•Penjualan bisa menabung e-cash di bank atau  menggunakannya untuk melakukan trnasaksi lainnya

 

Week 11

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Perangkat Wireless cukup kecil sehingga mudah di bawa atau digunakan, memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas produktif dan bisa berkomunikasi secara nirkabel dengan internet ataupun perangkat lainnya. Terdiri dari Microbrowsers yang artinya adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang bisa bekerja di perangkat wireless dengan memory dan bandwith internet terbatas. Dan Pager yang artinya adalah wireless messaging system satu arah untuk mengingatkan pengguna ketika menerima pesan yang masuk. Kemudian ada Wireless Transmission Media terdiri dari Microwave transmission systems digunakan secara luas untuk komunikasi yang bervolume tinggi, kemudian ada Satellite transmission yang menggunaka satelit komunikasi, kemudian yang ketiga ada Footprint yang artinya adalah area permukaan bumi yang dijangkau oleh transmisi satelit yang mengatasi keterbatasan dari microwave data relay stations, lalu ada Broadcast transmission yang mengijinkan satelit untuk megirimkan sinyal kebanyak receivers sekaligus dan yang terakhir Propagation delay adalah jeda sesaat pada transmisi dari satelit GEO(Geostationary Earth Orbit)  yang mengganggu pembicaraan pada two-way telephone. Ada Wireless Telemedicine yang artinya adalah penggunaan telekomunnikasi modern dan IT untuk menyediakan perawatan klinis bagi individu yang jauh dan untuk mengirimkan informasi terkait dengan perawatan klinis tersebut.

 

Teknologi Wireless

  •   Perangkat Wireless  cukup kecil sehingga mudah di bawa atau digunakan, memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas produktif dan bisa berkomunikasi secara nirkabel dengan internet ataupun perangkat lainnya Contoh: PDA, cellular phones, smart phones.
  • Wireless Application Protocol (WAP) Sebuah standart yg mengijinkan perangkat wireless dengan layar yg kecil, koneksi  bandwidth rendah dan memory terbatas bisa mengakses informasi dan layanan berbasis Web
  • Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang bisa bekerja di perangkat wireless dengan memory dan bandwith internet terbatas
  • Pager adalah wirelessa messaging system satu arah; mengingatkan pengguna ketika menerima pesan yang masuk

Wireless Transmission Media

  • Microwave transmission systems digunakan secara luas untuk komunikasi yang bervolume tinggi, jarak jauh dan point-to-point

–  Point-to-point  memiliki 2 karakteristik : pertama, transmitter dan receiver harus berada pada line-of-sight ; kedua, transmisi harus diarahkah langsung dari transmitter ke receiver.

  •   Satellite transmission : menggunakan satelit komunikasi; terdiri dari 3 tipe satelit dengan orbit berbeda sbb :

– Geostationary (GEO)

– Medium-earth-orbit (MEO)

–  Low-earth-orbit (LEO)

Global Positioning Systems

  •   GPS adalah sistem wireless yang menggunakan satelit yg memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka di mana saja di bumi; didukung oleh 24 shared satellites di seluruh dunia.

Internet over Satellite (IOS)

  •  IOS mengijinkan user Internet melalui GEO satellites dari antena yg terpasang di rumah/lokasi user.

Radio

w  Radio transmission menggunakan gelombang frekuensi radio untuk mengirim data langsung antara transmitters dan receivers.

w  Satellite radio (digital radio) menawarkan uninterrupted, near CD-quality music yang dikirim ke radio pengguna. (XM satellite radio uses GEO; Sirius uses MEO)

w  Infrared light adalah cahaya merah yang tidak terlihat oleh mata manusia, sering digunakan untuk pada remote control units untuk TVs, VCRs, DVDs, CD players.

Bluetooth

w  Bluetooth digunakan untuk membuat PANs kecil:

n  Menghubungkan hingga 8 devices dengan jarak area 10-meter;

n  low-power, radio-based communications;

Zigbee

w  Zigbee ditujukan pada aplikasi yang membutuhkan transmisi data dan konsumsi daya yg rendah:

n  Memindahkan data dengan kecepatan ¼ dari Bluetooth;

n  Bisa menangani ratusan perangkat sekaligus

 

Week 12

Data, Pengetahuan dan Pendukung Keputusan

Sumber data  internal, personal dan eksternal. Teknik untuk mengumpulkan data bisa dengan cara manual, dengan sensor dan peralatan atau dengan scanning atau electronic transfer. data juga harus memiliki kualitas yang baik, terutama pada isi dari data tersebut lalu data yang akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap dan konsisten.

Decision Support System yang artinya adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasi data yang digunakan untuk membuat pengambilan keputusan pada situasi yang semitekstruktur dan situasi yang tidak terstruktur dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.

Keputusan terstuktur adalah keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan berifat rutin.

Keputusan semiterstruktur adalah keputusan yang mmpunyai sifat yakni sebagian keputusan dapat ditangani oleh komputer dan yang lain tetap harus dilakuSumber Data dapat diperoleh dari faktor internal, faktor personal dan faktor eksternal.

Teknik pengumpulan data terdiri dari 3 jenis manual, dengan sensor dan peralatan dan scanning atau electronic transfer.

Kualitas Data ditentukan dari:

  • Kualitas menentukan kegunaan data dan keputusan yg diambil dari data tsb
  • Isu utama
  • Karakteristik high quality data: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten

Penyimpanan Data

  • Basis Data, data warehouse, data mart

Permasalahan dalam manajemen data

  • Volume data terus meningkat
  • Banyak metode dan alat mengumpulkan data
  • Data mentah terletak di banyak tempat
  • Hanya sebagian data yg dibutuhkan
  • Lebih banyak data eksternal
  • requirements yg berbeda beda terkait data
  • Kesulitan memilih data management tools
  • Keamanan, kualitas, dan integritas data

Tujuan mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis. Semua data yg dibutuhkan untuk mengambil keputusan. Data ditarik dari data warehouses atau data marts. Menggunakan tools analisis data. Penentuan pengambil keputusan diperkuat dengan fakta, analisa, dan prakiraan

Decision Support Systems (DSS)

Sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.

Keputusan terstruktur (structured decision), adalah keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan bersifat rutin. Prosedur untuk pengambilan keputusan sangat jelas. Keputusan ini terutama dilakukan pada manajemen tingkat bawah. Keputusan pemesanan barang dan keputusan penagihan piutang merupakan contoh keputusan yang terstruktur.

Keputusan semiterstruktur (semistructured decision) adalah keputusan yang mempunyai sifat yakni sebagian keputusan dapat ditangani oleh komputer dan yang lain tetap harus dilakukan oleh pengambil keputusan. Pengevaluasian kredit, penjadwalan produksi, pengendalian ketersediaan merupakan beberapa contoh keputusan ini.

Keputusan tak terstruktur (unstructured decision) adalah keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi. Keputusan ini menuntut pengalaman dan berbagai sumber yang bersifat eksternal Keputusan ini umumnya terjadi pada manajemen tingkat atas. Pengembangan teknologi baru, keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain,  dan perekrutan eksekutif merupakan contoh keputusan yang tak terstruktur.

Enterprise Decision Support (EIS)

Executive Information Systems

  • Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif
    • Perlu untuk memonitor tren permasalahan
    • Membutuhkan informasi dari internal dan eksternal
  • Akses data yg cepat dibutuhkan oleh executives
  • user interface yg mudah dipahami
  • Berbasis tampilan grafik
  • Sering terkoneksi dengan layanan informasi online
  • Terintegrasi dengan email
  • Kemampuan EIS
    • Drill down
    • Critical success factors and key performance indicators
    • Analisa stren
    • Analisa ad hoc (permasalahan spesifik)
    • Exception reporting
    • Intelligent EIS
    • Integrasi dengan DSS;
    • web accessibility

Group Decision Support Systems (GDSS)

  • Menfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
  • Mendukung pekerjaan kelompok dengan mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, penerapan tools analisa yg dibutuhkan

Implementasi GDSS

  • Pertemuan Face-to-face meetings – menggunakan komputer  dan aplikasi GDSS yang saling terhubung,
  • Corporate ‘war room’ – Informasi di analisa dan tampilkan secara grafis kepada semua anggoyta
  • Support for virtual teams – mendukung proses kolaborasi untuk team yg terpisah secara geografis

Yang bisa dilakukan dengan stored data:

Analytical Processing – kegiatan menganalisa data yg sudah terakumulasi

Online analytical processing (OLAP) :

  • Dilakukan oleh end-user
  • Melibatkan kumpul data besar dengan relasi yg kompleks
  • Analisa oleh end users dari aplikasi desktop, online, menggunakan tools seperti spreadsheets
  • Menganalisa relasi  dari berbagai jenis elemen bisnis
  • Melibatkan aggregated data (ringkasan dari berbagai kumpulan data)
  • Menampilkan data dari berbagai sudut pandang
  • Melibatkan perhitungan kompleks antara elemen
  • Merespon permintaan user dgn cepat

Data mining – Pencarian cerdas pada data yg tersimpan di data marts/ warehouses

  • menemukan predictive information
  • Menemukan pola baru (unknown patterns)

Visualisasi data

Hasil analisa data bisa lebih berguna jika ditampilkan menggunakan teknik Data Visualization

  • Visual Interactive Modeling – berbasis grafik
  • Visual Interactive Simulation – menggunakan simulasi/animasi
  • Geographic Information Systems – menampilkan data mengunakan peta digital

Knowledge Management

  • Knowledge assets – terkait pasar, products, teknologi, dan organisasi yg dimiliki atau perlu dimiliki oleh bisnis
  • Best practices – koleksi dari solusi /studi kasus sukses
  • Intellectual capital – koleksi pengetahuan yg dikumpulkan perusahaan
  • Knowledge system –  mengumpulkan pengetahuan, menyimpan di basis data, memelihara db, dan menyampaikan pengetahuan ke pengguna
  • Competitive intelligence – koleksi dari informasi kompetitif
  • Knowledge identification – what is important?
  • Knowledge discovery and analysis – menemukan & mengorganisir pengetahuan
  • Knowledge acquisition – mengumpulkan pengetahuan yg dibutuhkan
  • Establishment of organizational knowledge bases – menyimpan dan mengorganisasikan pengetahuan perusahaan
  • Knowledge distribution and use – memastikan siapa saja yg membutuhkan pengetahuan bisa mengaksesnya

Implementing Knowledge Management

Me regorganisasi menjadi perusahaan berbasis pengetahuan, Membuat jabatan baru, chief knowledge officer (CKO) :

  • Menciptakan infrastruktur dari knowledge management
  • Membangun  knowledge culture
  • Membuat sistem baru ini menjadi berguna/ making it pay off

Memfasilitasi  pembelajaran organizational

  • Belajar dari pengalaman sebelumnya untuk digunakan di masa depan.

kan oleh pengambil keputusan.

dan yang terakhir Keputusan tak terstruktur adalah keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi beulang-ulang.

 

 

Week 14

Etika, Dampak, dan Keamanan

Etika dalam dunia IT adalah kepercayaan tentang hal yang benar dan salah atau yang baik dan buruk. Etika terbagi lagi menjadi Privasi, Accuracy, Property, dan Accessibility. Dampaknya bisa menimbulkan banyak ancaman yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Ancaman yang tidak disengaja diantaranya adalah Human Error, Environmental Hazards, dan Computer System Failures. Yang disengaja diantaranya Sistem menjadi subyek dari serangan kriminal. Ada pula kejahatan komputer yaitu komputer sering menjadi target dari aktivitas kriminal. Maka itu perusahaan dan individu harus aktif membangun mekanisme perlindungan seperti mencegah kerusakan, mendeteksi ancaman sebelum kerusakan menyebar, membatasi kerugian dari ancaman, merencanakan tahap recovery bila terjadi serangan dan memperbaiki sistem agar tidak terulang lagi.

Strategi Proteksi yang umum juga kita dapat menambahkan keamanan fisik pada fasilitas dan sumber daya, mengontrol akses ke sistem, atau melindungi data dari akses tidak sah.

Pencegahan bencana dan Recovery Plans

  1. Organisasi harus memikirkan bagaimana penanganan terhadap bencana
  2. Key people hharus mengetahui tindakan yang harus diambil bila terjadi bencana
  3. Disaster Plans harus diuji melalui pelatihan
  4. Prosedure back-up adalah komponen utama
  5. Disiplin menjadi kunci utama dalam implementasi protection plans
  6. Harus ada yang menjaga dan mengontrol sistem

 

 

Electronic surveillance – Penggunaan komputer oleh user bisa di monitor tanpa diketahuin baik dikantor atau dirumah

Penyimpanan informasi pribadi di db:

  • Apa yg disimpan?  Bagaimana memastikan keakurasiannya?  Siapa yg akan memperoleh informasi tersebut?  Bagaimana informasi tsb akan digunakan?

Banyak perusahaan membuat dan menerapkan kebijakan terkait privasi

Secara umum, perusahaan seharusnya

  • Hanya mengumpulkan data yg diperoleh secara legal
  • Memastikan data akurat,lengkap dan tepat waktu
  • Memastikan data digunakan untuk tujuan yg sesuai
  • Mengetahui mengapa mengumpulkan data dan memastikan ada alasan dibalik tindakan tsb
  • Menjaga kualitas data
  • Memastikan sumber data mengetahui apa yg akan kita lakukan terhadap data dan bisa mencek keakurasian data

Hak kekayaan intelektual

Properti intangible yg diciptakan seseorang/perusahaan, dilindungi oleh hukum

  • Trade secret – intellectual work – tidak public  (coca cola, kfc)
  • Patent –hak eksklusif untuk penemuan (inovasi teknologi) yang diberikan kepada penemu selama 20 tahun
  • Copyright /hak cipta– Pecipta dari kekayaan intelektual diberikan hak kepemilikan seumur hidup + 50 tahun terkait dengan penggunaanya.  Software secara umum memiliki copyrighted.

IT dan organisasi

IT memiliki potensi untuk mengubah sebuah organisasi.

  • Perubahan Structures organisasi
  • Bekerja jarak jauh (remote)

IT dan pekerjaan

  • Beberapa pekerjaan akan tereliminasi, khususnya perantara (e.g., travel agents)
  • Banyak diskripsi pekerjaan yg harus didefinisikan ulang
  • Kemampuan IT menjadi persyaratan

IT dan individu

  • Dehumanisasi, kehilangan kontak sosial
  • Peningkatan beban kerja dan permintaan akan kemampuan komputer
  • Penggunaan komputer berlebihan tidak baik untuk kesehatan

IT dan masyarakat

Beberapa berpendapat IT meningkatkan kualitas hidup :

  • Membantu penyandang cacat
  • Meningkatkan health care system
  • Meningkatkan informasi konsumen
  • Robots berperan pada situasi berbahaya
  • Menekan angka kejahatan

Fokus pada kesenjangan antara masyarakat yg menggunakan IT dan tidak. Komunitas Internet menyediakan kontak sosial untuk orang dengan ketertarikan yg sama

Telecommuting menambah fleksibiltas bagi karyawan dan perusahaan

Urusan keamanan

Sistem informasi menjadi subjek dari banyak ancaman

  • Ancaman tidak disengaja
    • Human error – in design or use of system
    • Environmental hazards – acts of God and other
    • Computer system failures – faulty products
  • Ancaman disengaja
    • Sistem menjadi subjek dari serangan kriminal

Kejahatan Komputer

Computer sering menjadi target dari aktivitas kriminal

Metode serangan:

  • Gangguan terhadap data
  • Program yg menipu
    • Viruses
    • denial-of-service attack (DoS attack)  banyak menyerang  e-commerce web sites.

Perlindungan pada IT

Perusahaan dan individu harus aktif membangun mekanisme perlindungan

  • Mencegah kerusakan
  • Mendeteksi ancaman sebelum kerusakan menyebar
  • Membatasi kerugian dari ancaman
  • Merencanakan tahap recovery bila terjadi serangan
  • Memperbaiki sistem agar tidak terulang lagi

Strategi proteksi umum:

  • Menambah keamanan fisik pada fasilitas dan sumber daya
  • Mengontrol akses ke sistem
  • Melindungi data dari akses tidak sah

Application control strategies:

  • Memastikan kualitas input
  • Verifikasi kualitas processing
  • Memastikan kualitas dan aksesbilitas dari output

Network control strategies:

  • Mengontrol akses ke network resources
  • melindungi data di jaringan dengan encryption
  • Memonitor dan mendeteksi penyusup
  • Protect with firewalls

Verifying quality through audits

  • Melakukan evaluasi secara reguler records dan procedures
  • Bisa dilakukan oleh internal atau eksternal auditor

Pencegahan bencana dan Recovery Plans

  • Organisasi harus memikir bagaimana penanganan terhadap bencana
  • Key people harus mengetahui tindakan yg harus diambil bila terjadi bencana
  • Disaster plans harus diuji melalui pelatihan
  • Prosedure back-up adalah komponen utama
  • Disiplin menjadi kunci utama dalam implementasi protection plans (how often do you back up your hard drive?)

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php