Kampus Merdeka

Just another Free Blogsite

Simak Jurusan Terbaik dengan Masa Depan Cerah!

Tahun ajaran baru perguruan tinggi sudah mulai dibuka. Banyak sekali Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta menawarkan jurusan baru. Di era globalisasi dengan perkembangan teknologi yang pesat semakin membuka peluang baru bagi dunia kerja dan usaha, sehingga pemilihan jurusan yang tepat menjadi kunci keberhasilan calon mahasiswa untuk meraih cita-cita dan masa depan yang cerah. Simak daftar jurusan terbaik yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

1. ECONOMICS AND BUSINESS (BISNIS DAN ILMU EKONOMI)

Semakin pesatnya perkembangan bisnis modern dan kreatif, membuat jurusan Economics and Business sangat diminati oleh generasi saat ini. Pada jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan tentang kreativitas dalam berbisnis, peluang memaksimalkan produk dan pelayanan jasa yang ditawarkan kepada konsumen, serta mengembangkan platform bisnis (e-commerce). Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana cara menciptakan produk yang inovatif agar selalu diminati oleh para konsumen.

Lulusan dari jurusan ini tidak hanya siap bersaing dalam dunia kerja tetapi juga membuka dan menciptakan lapangan perkerjaan baru sehingga lulusan pada jurusan ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara kita. Banyak perguruan tinggi baik swasta maupun negeri memiliki program studi atau jurusan bisnis dan ekonomi. Lima perguruan tinggi berikut bisa dijadikan destinasi lanjut studi untuk mengambil jurusan ini, antara lain Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Teknokrat Indonesia.

2. TEKNOLOGI INFORMASI (INFORMATION TECHNOLOGY)

Jurusan Teknologi Informasi menjadi salah satu jurusan yang digandrungi generasi muda saat ini. Tidak dapat dipungkiri pesatnya inovasi di bidang teknologi saat ini menjadikan jurusan ini semakin relevan dengan perkembangan zaman. Kuliah di jurusan Teknologi informasi akan dilatih dan dididik untuk menguasai pemrograman, mengembangkan aplikasi berbasis web dan mobile, mengembangkan desain user interface, dan pengusaan internet of things.

Hampir semua perusahaan baik perusahaan besar maupun startup lokal mengandalkan lulusan Teknologi Informasi untuk mengurus aplikasi mobile, sistem data, situs web, sampai media sosial. Dari banyaknya pilihan karier bagi lulusan Teknologi Informasi, di antaranya adalah Konsultan IT, Arsitek ‘Cloud’, Ahli digital forensik, Pengembang Aplikasi Mobile, Pengembang Situs Web, Software Engineer. dan Ahli sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Lima perguruan tinggi berikut bisa dijadikan destinasi lanjut studi untuk mengambil jurusan ini, antara lain Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Teknokrat Indonesia.

3. PENDIDIKAN (EDUCATION)

Saat ini Jurusan Pendidikan merupakan salah satu jurusan yang penting dan masih menjadi tujuan favorit untuk lanjut studi. Sejalan dengan pesatnya teknologi, Indonesia juga diharapkan dapat memiliki Sumber Daya Manusia yang mumpuni dan kompeten. Jurusan Pendidikan merupakan institusi pencetak kader guru-guru yang handal nan terampil dalam penggunaan teknologi. Dengan kuliah di jurusan pendidikan mahasiswa akan menimba ilmu pedagogi disertai ilmu mata pelajaran yang dibutuhkan untuk mengajar jenjang SD sampai dengan SMA.

Pendidik atau guru yang handal akan teknologi saat ini menjadi banyak permintaan Sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta, dari jenjang SD sampai dengan SMA. Jurusan Pendidikan yang paling banyak diminati adalah Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Geoggrafi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Lima perguruan tinggi berikut bisa dijadikan destinasi lanjut studi untuk mengambil jurusan ini, antara lain Universitas pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, dan Universitas Teknokrat Indonesia.

4. KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

Jurusan Kesehatan memiliki tempat tersendiri bagi generasi muda saat ini. Calon mahasiswa yang berminat lanjut studi pada jurusan ini karena mereka ingin berkecimpung pada dunia kesehatan. Dengan adanya COVID-19 saat ini, mengikuti jurusan kesehatan merupakan suatu tantangan dan panggilan jiwa bagi mereka yang ingin mengabdikan diri kepada masyarakat. Jenjang pada jurusan kesehatan beragam dibuka untuk program D2 D3 sampai dengan S1 bagi para siswa yang baru saja lulus SMA/SMK/ atau MA.

Selain Jurusan Kesehatan, Jurusan Kedokteran merupakan jurusan favorit mengingat jurusan ini merupakan jurusan yang paling stabil peminatnya dari sejak dulu hingga sekarang. Tenaga medis yang handal masih sangat menjadi kebutuhan di setiap daerah di Indonesia. Jurusan Kedokteran juga menjadi salah satu jurusan yang paling ketat dan juga terbilang jurusan “mahal” yang bisa diraih oleh mereka yang mampu saja. Namun calon mahasiswa tidak perlu takut karena pemerintah saat ini telah memiliki program beasiswa yang ditujukan untuk membantu seluruh anak Indonesaia yang berhak dan membutuhkan. Lima perguruan tinggi berikut bisa dijadikan destinasi lanjut studi untuk mengambil jurusan ini, antara lain Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Hasanudin.

Setiap calon mahasiswa pasti memiliki mimpi dan cita-cita masing-masing. Artikel dalam blog ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada para calon mahasiswa untuk memilih jurusan atau program studi yang sesuai dengan poteni, minat, bakat dan keahlian masing-masing. Ikutilah passion dan jangan berhenti mencoba untuk terus bercita-cita melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments:
css.php