5 Keunggulan File Audio mp3

Lagu yang anda dengar biasa disimpan secara digital dengan format audio. Format audio yang ada saat ini sangat beragam. Namun dari banyaknya format audio, format audio mp3 adalah yang paling banyak dipilih ketika mendengarkan lagu. Hal ini karena format mp3 tidak memiliki kerumitan yang ada pada format audio digital lainnya. Kualitas audio mp3 pun sangat baik. Itulah mengapa banyak orang sering mengunduh audio yang berformat file mp3. Format audio ini punya banyak keunggulan. Dan berikut adalah keunggulan yang dimiliki format file audio mp3.

1. Hemat ruang penyimpanan

Format audio mp3 merupakan pilihan yang cocok jika anda ingin merekam lagu, percakapan dan pidato tanpa memakan banyak penyimpanan. Anda bisa menghemat ruang penyimpanan hingga 95% di dalamnya. Yang menarik dari format audio ini adalah anda bisa menyimpan rekaman dengan kualitas audio yang sebanding dengan format lain berkebutuhan ruang besar.

Penggunaan format file audio ini akan begutu berguna bagi para voice talent. Ketika merekam banyak rekaman suara, anda tidak perlu khawatir memori penuh karena ukuran audio mp3 cukup ringan.

2. Menyimpan banyak file audio

Karena format audio mp3 begitu hemat, anda bahkan bisa menyimpan lebih banyak file audio ke salam perangkat gawai. Dengan format audio ini, anda bisa menyimpan ratusan ribu file pada micro sd-card. Pada penyimpanan 700 MB, anda bisa menyimpan lebih dari 170 lagu.

Jika anda tidak suka mendengar lagu secara streaming, anda bisa mengakalinya dengan mengunduh audio mp3 untuk mendegarkan lagu secara offline. Namun ada baiknya untuk menyimpan lagu ke dalam memori eksternal. Sehingga nanti tidak membuat memori internal penuh, sebab memori internal sangat penting untuk kinerja aplikasi.

3. Tidak menghabiskan banyak bandwidth

Karena ukuran file-nya yang cukup kecil, hal ini memungkinkan anda untuk tidak menghabiskan banyak bandwidth. Meskipun anda mengunduh lagu hingga ratusan, jumlah bandwidth tetap aman. Oleh karena itulah mengapa mp3 menjadi pilihan yang tepat untuk semua jenis pengguna. Ketika anda mengunduhnya melalui browser, anda bisa banyak mengunduh tanpa takut kuota internet anda cepat habis.

4. Kualitas audio sangat baik

Hal yang memuaskan dari format audio mp3 adalah karena kualitas audionya. Kualitas audio mp3 sangat baik di antara 32kbps dan 320kbps. Anda bisa memilih antara keduanya ketika membuat file audio mp3. Semakin tinggi kecepatan bit, maka akan semakin tinggi pula ukuran file. Jadi, anda perlu putuskan dengan sebaik mungkin.

5. Kompatibel di banyak aplikasi

Kendala yang sering terjadi ketika mengunduh sebuah file audio adalah tidak bisa diputar. Hal ini bisa dikarenakan gawai anda tidak mendukung pemutaran format file audio tersebut. Untuk memutarnya, anda membutuhkan aplikasi lain yang bisa memutarnya. Jika anda tidak mau repot, ada baiknya untuk memastikan bahwa file audio tersebut audio mp3. Format file audio ini banyak digunakan pada banyak aplikasi. Sehingga mudah bagi anda untuk memutar atau membukanya. Maka jika anda tidak mau merasa kesulitan, gunakan file format mp3 demi kenyamanan.

Nah, demikian itu adalah beberapa keunggulan yang bisa anda dapatkan dari file audio mp3. Meskipun terdengar jadul, tetapi format file audio mp3 masih banyak digunakan. Anda tidak membutuhkan banyak aplikasi atau konverter agar bisa memutar lagu yang anda inginkan. Mau mendengarkan lagu secara offline atau online, file audio mp3 selalu ada di dalamnya.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.