5 Jenis Racikan Kopi Espresso

Apakah Anda adalah salah satu orang yang menyukai kopi? Bila ya, maka jenis kopi espresso adalah pilihan yang tidak asing lagi untuk Anda. Kopi jenis ini memang sangat populer di Indonesia. Kopi yang berasal dari bahasa Italia yang artinya cepat ini memiliki kriteria kopi berkualitas tinggi. Banyak orang yang mengatakan dan membuktikan bahwa espresso adalah jenis kopi dasar yang digunakan untuk membuat beragam jenis kopi lainnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis racikan kopi espresso based yang bisa Anda cicipi. Berikut ini 5 diantaranya:

  1. Long Macchiato

Long macchiato adalah jenis kopi racikan espresso yang akan dibahas pertama kali. Long macchiato adalah jenis kopi yang menggunakan double shot espresso dalam proses pembuatannya. Hal ini membuat long macchiato memiliki rasa yang cenderung lebih berat dibandingkan kopi espresso lainnya.

  • Short Macchiato

Apabila Anda adalah seseorang yang lebih suka jenis kopi ringan dibandingkan berat seperti long macchiato, short macchiato adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Short macchiato memiliki rasa yang kurang lebih sama dengan bahan dasarnya yakni espresso. Perbedaannya terletak antara tambahan bahan yang ditambahkan.

Dalam proses pembuatannya, short macchiato ditambahkan dengan sedikit susu panas dan busa. Hal inilah yang membuat rasa dari short macchiato lebih ringan dibandingkan long macchiato. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meracik short macchiato, tergantung kepada siapa peraciknya. Apabila Anda ingin mencoba sendiri, Anda bisa menggunakan resep tradisional. Anda bisa mencampurkan satu shot espresso dengan busa susu. Satu shot memiliki takaran kurang lebih 25 sampai 35 ml.

  • Latte

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan latte ini. Café latte adalah minuman yang memiliki basis espresso dengan rasa manis. Latte merupakan percampuran antara susu panas, busa mikro dan espresso sebagai basisnya. Susu dalam bahasa Italia adalah adalah latte, maka dari itulah nama Latte dikenal di seluruh dunia.

Biasanya, campuran latte menggunakan satu shot espresso ditambah dengan susu panas dan satu sentimeter busa susu yang disemprotkan di bagian atas. Latte memiliki rasa manis dan pahit yang bergabung menjadi satu karena perpaduan antara susu bersama espresso.

  • Americano

Jenis racikan kopi yang berikutnya adalah Americano. Cara membuat americano bisa dibilang jauh lebih mudah dibandingkan membuat kopi racikan espresso lainnya. Americano merupakan kombinasi antara espresso dan air hangat. Perbandingan umum yang digunakan untuk membuat americano adalah sepertiga gelas diisi dengan espresso dan sisa volumenya diisi dengan air hangat. Sebagai contoh, Anda bisa mengisi gelas 150 ml dengnan 50 ml espresso dan 100 ml air hangat. Karena americano tidak dicampur dengan susu atau tambahan lainnya, rasa dari espresso tetap khas meskipun tidak berat dan pekat.

  • Piccolo

Tipe racikan kopi espresso yang berikutnya adalah Piccolo. Piccolo latte adalah sebuah café latte yang diracik dalam cangkir espresso. Campuran yang digunakan untuk membuat piccolo adalah susu dan busa. Rasa espresso yang dimiliki oleh Piccolo masih tetap pekat dan sangat kuat. Meski demikian, tetap ada kesan sedikit halus dikarenakan ada busa di dalamnya.

Diantara kelima kopi espresso diatas, manakah yang menjadi favorit Anda? Anda bisa membuat atau mencoba kelima jenis kopi ini apabila menyukai atau memiliki kopi espresso sebagai dasarnya. Tertarik untuk mencoba salah satu diantaranya?

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.