Tips Memilih Kursus Bahasa Asing, Wajib Perhatikan 5 Hal Berikut

Belajar bahasa asing memiliki banyak keuntungan seperti meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan kepercayaan diri hingga mempermudah mendapatkan pekerjaan. Oleh karenanya, banyak orang mencari kursus bahasa asing, seperti kursus mandarin atau bahasa inggris. Namun dalam proses memilih tempat kursus, Anda tidak boleh sembarang. Berikut tips memilih kursus bahasa asing.

1. Menyediakan guru berkualitas

Saat mempertimbangkan tempat kursus bahasa asing, Anda harus memastikan bahwa tempat kursus tersebut memiliki guru yang berkualitas.  Anda bisa melihatnya pada seberapa berpengalamannya guru tersebut. Lebih baik jika ada guru yang merupakan seorang native speaker atau paling tidak guru yang pernah tinggal di suatu negara dimana bahasa yang diajarkan tersebut merupakan bahasa utamanya.

Jika bukan seorang native speaker, pastikan guru tersebut mempunyai sertifikasi yang membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan untuk mengajar. Dalam proses ini, Anda juga bisa mengecek terlebih dahulu testimoni dari murid sebelumnya.

2. Menyesuaikan kebutuhan

Tips memilih kursus bahasa selanjutnya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Tempat kursus yang baik akan dengan terbuka pada kebutuhan Anda. Mereka akan terlebih dahulu bertanya mengenai kebutuhan Anda alih-alih hanya fokus pada menjual program kelasnya. Oleh karenanya, penting juga bagi Anda untuk tahu apa alasan utama Anda mengikuti kelas kursus bahasa asing.

3. Mencari metode apa yang digunakan

Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda, termasuk dalam belajar bahasa asing. Sehingga Anda perlu tahu bagaimana nantinya metode belajar yang diterapkan oleh tempat kursus tersebut. Jika Anda memiliki metode belajar khusus, sebaiknya Anda mengikuti program kelas privat. Dengan kursus privat, setidaknya guru akan lebih terbuka untuk mendiskusikan metode belajar yang cocok dengan Anda.

Dengan kelas privat, Anda juga akan lebih mudah mengatur dan menyesuaikan jadwal dengan kesibukan Anda. Terkait dengan hal ini, Anda juga bisa mencari kursus bahasa secara online sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu di jalan untuk menuju tempat kursus. Saat ini banyak tempat kursus online, seperti kursus mandarin online, dan bahasa lainnya. Itulah tips memilih kursus bahasa yang ketiga.

4. Jika untuk anak, pastikan hal ini

Anak kecil lebih mudah untuk belajar bahasa baru, sehingga tidak ada salahnya jika Anda mengikutkan sang buah hati pada kursus bahasa asing. Tips memilih kursus bahasa untuk anak adalah memastikan bahwa tempat kursus tersebut komunikatif pada Anda sebagai orang tua. Pada awal diskusi, minta tempat kursus tersebut untuk menjelaskan bagaimana pertanggungjawaban mereka terhadap Anda. Misalnya memberikan laporan dua kali sebulan.

5. Fasilitas yang mumpuni

Memiliki fasilitas yang mumpuni adalah salah satu karakteristik tempat kursus bahasa asing yang sebaiknya Anda perhatikan. Jika kelasnya merupakan kelas tatap muka, perhatikan fasilitas dan kebersihan kelas. Perkirakan apakah fasilitas tersebut sesuai dengan harga yang Anda bayar. Lihat pula fasilitas buku bahan ajar yang diberikan, hal ini juga berlaku untuk kelas online.

Kesimpulan

Nah itu lima tips memilih kursus bahasa asing. Saat ini banyak sekali penyedia jasa kursus bahasa, sehingga Anda memiliki banyak opsi. Dengan banyaknya opsi, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Kursus pada tempat yang tepat akan membuat Anda belajar dengan nyaman sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sampai di sini, apakah Anda masih ragu dalam menentukan tempat kursus bahasa? Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, yuk share ke kerabat, agar mereka tidak salah dalam memilih tempat kursus.

Leave a Reply