Keutamaan Menuntut Ilmu Menurut Islam

Keutamaan menuntut ilmu menurut Islam sebagai manusia hukumnya wajib. Mulai dari menuntut ilmu untuk urusan dunia maupun akhirat sangat banyak untuk kita pelajari.

Menuntut ilmu tidak bisa kita abaikan terutama umat muslim. Mungkin Anda pernah mendengar istilah “carilah ilmu sampai ke negeri seberang” pada saat sekolah atau mengaji di TPQ.

Ini menunjukkan bahwa pentingnya untuk selalu mempelajari ilmu karena ini menjadi pegangan hidup umat manusia dalam kehidupan masyarakat dan akhirat.

Keutamaan menuntut ilmu menurut islam

Keutamaan Menuntut Ilmu

Amalan yang Tidak Akan Terputus

Menuntut ilmu dan memberikan ilmu kepada orang lain sama halnya mengamalkan ilmu. Dengan mengamalkan ilmu maka amalan Anda tidak akan terputus sampai ke akhirat nanti.

Jadi amalkan ilmu baik anda kepada siapapun dan jangan memberikan ilmu yang mengarah pada ada dosa. Ini akan menjadikan anda masuk ke neraka jika mengamalkan ilmu yang tidak baik.

Hal ini berdasarkan dalam hadits berikut yang pada intinya ketika manusia meninggal terputuslah amalnya kecuali 3 perkara. Ada tiga perkara tersebut adalah sedekah jariyah, ilmu yang memiliki manfaat dan doa dari anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya. (HR Bukhori dan Muslim.

Menjadi Saksi Atas Kebenaran

Keutamaan menuntut ilmu adalah atas kebenaran suatu perkara. Hal ini berdasarkan Quran surat Ali Imron ayat 18 menjelaskan tentang tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah. Yang menegakkan keadilan melalui badan orang yang berilmu.

Keutamaan Menuntut Ilmu dengan Menjalankan Perintah Allah SWT

Melaksanakan perintah Allah sesuai ajaran agama Islam merupakan hal yang sangat penting terutama umat muslim. Hari ini sebagaimana dalam Quran surat at Thaha 114 tentang menambahkan ilmu menuntut ilmu.

Menjalankan Kewajiban Manusia Terhadap Allah

Selain mengikuti perintah Allah manusia juga harus menjalankan kewajiban terhadap Allah Al alaq 1-5. Menjelaskan bahwa ini di manapun sama ada di dunia adalah keutamaan umat manusia.

Bacalah Dengan menyebut nama Allah yang menciptakan manusia dari darah. Muhammad suka manusia untuk selalu menjalankan kewajiban allah termasuk perintah Allah.

Orang Berilmu Derajatnya akan Meningkat

Pentingnya memahami keutamaan menuntut ilmu adalah derajat manusia akan meningkat di mata Allah. Mungkin dimata manusia rasanya tidak terlihat namun Allah akan memuliakan orang yang menuntut ilmu dengan jalan Allah.

Bagaimana Quran surat al-mujadilah ayat 11 menjelaskan bahwa Allah akan mengangkat orang yang terkenal dan menuntut ilmu.

Keberadaan Ilmu Sebagai Anugerah

Ilmu merupakan anugerah yang termasuk dasar hukum Islam dalam karunia-nya Allah. Ilmu mencari ilmu adalah hal yang sangat luar biasa.

Quran surat al-baqarah ayat 269 menjelaskan tentang menganugerahkan adalah hukmah kepada siapapun yang menghendakinya. Hanya orang yang berakal atau berilmu dan bisa mengambil pelajarannya.

Jalan Menuju Surga

Menurut agama Islam keutamaan menuntut ilmu adalah salah satu jalan menuju surga. Ilmu pengetahuan sangat bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

Hadits riwayat Muslim menyampaikan siapapun yang menempuh dengan menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan siapapun jalan menuju surga.

Mendapatkan Pahala Jika Mengajarkannya

Hadits riwayat Muslim dan abu Hurairah menyampaikan bahwa siapa saja yang mengajak orang lain untuk menuntut ilmu berdasarkan agama Islam maka pahala yang sama dari orang tersebut kepada anda.

Malaikat Membentangkan Sayap Kepada yang tahu Keutamaan Menuntut Ilmu

Anda yang menuntut ilmu berdasarkan ajaran Islam adalah keutamaan dan bar malaikat akan membentangkan sayapnya apa sih insya Allah kepada anda. Hal tersebut disampaikan oleh hadis riwayat Ahmad dan Ibnu Majah terkait malaikat membentangkan sayap pada yang menuntut ilmu.

Semoga dengan kita menuntut ilmu sebanyak mungkin seperti yang di sampaikan pada laman Xschoolpedia.com, kita jadi manusia yang mulia.

Leave a Reply