Tips Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan

Makanan Sumber Vitamin C
Tips Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan – Buah dan sayuran tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga mengandung banyak antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi kuman penyebab sakit tenggorokan dan juga tentunnya bisa Menghilangkan Dahak. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C kaya akan antioksidan.

Oleh karena itu, mengonsumsi sumber vitamin C dapat membantu Anda meredakan peradangan yang menyebabkan dahak berlebih, seperti buah jeruk, melon, kiwi, dan berbagai sayuran hijau.

Air Garam Berkumur

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam bisa membantu mengeluarkan dahak yang menempel di belakang tenggorokan. Tindakan ini juga bisa meredakan beberapa gejala gangguan pernapasan yang sering dialami saat batuk.
Caranya, tambahkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Aduk sampai garam benar-benar larut lalu berkumurlah selama beberapa menit. Setelah dirasa cukup, buang air bekas kumur yang mungkin sudah tercampur dengan lendir. Ulangi hingga beberapa kali.

Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit terutama pada saluran pernafasan. Minum air jahe akan membantu Anda menghilangkan dahak di tenggorokan serta menyembuhkan batuk. Caranya, siapkan dua ruas jahe yang sudah dicuci bersih lalu dihaluskan agar aroma segarnya keluar.

Rebus jahe dalam dua gelas air dan tambahkan sedikit gula untuk mempermanisnya. Biarkan airnya sampai hanya satu gelas. Diamkan beberapa saat hingga airnya tidak terlalu panas dan minum ramuan jahe ini selagi hangat. Minum secara teratur 2 kali sehari maka dahak di tenggorokan akan cepat hilang. Demikianlah ulasan tentang tips menghilangkan dahak di tenggorokan semoga bermanfaat.

Sumber: Thepucuk

Leave a Reply