Tips Mengatasi HP Android Lemot

Tips Mengatasi HP Android Lemot – Bagi sebagian pengguna HP tidak jarang mereka merasa emosional, apalagi saat membutuhkannya dalam keadaan darurat. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari masalah memori hingga RAM.

Bagaimana Mengatasi Hp Android Lambat?

Perhatikan Spesifikasi Memori HP Android

Anda perlu memperhatikan kembali spesifikasi memori HP Android. Jangan hanya fokus pada jumlah RAM yang tersedia, tetapi juga kapasitas penyimpanannya. Sebagian besar ponsel ini berakhir lambat karena pemiliknya juga kurang peka.

Jadi Anda perlu menghindari penyimpanan yang berlebihan atau bahkan melebihi spesifikasi yang ada. Lakukan secara rutin untuk membersihkannya apalagi jika file tersebut sudah tidak digunakan lagi. Keberadaannya hanya membuat memori penuh dan menyebabkan ponsel Android melambat.

Menggunakan Satu Antivirus Saja

Wajar jika setiap pemilik HP Android ini ingin memberikan perlindungan tambahan pada ponselnya masing-masing. Sayangnya, mereka malah merasa mubazir saat menggunakan lebih dari satu apk antivirus. Hal ini tanpa disadari hanya dapat memenuhi kapasitas RAM saja.

Semakin banyak apk antivirus yang terpasang di hp tentunya akan membuat RAM menjadi penuh dan menyebabkan perangkat menjadi lambat. Jadi akan lebih baik jika Anda hanya menggunakan satu aplikasi dan terbukti efektif untuk menghindari pengalaman Android terhambat.

Rutin Melakukan Update Software

Bagi Anda yang sudah mendapatkan notifikasi bahwa perlu dilakukan update software, maka lakukan update sesuai petunjuk. Biasanya, hal ini mampu meningkatkan kinerja ponsel secara signifikan. Sederhananya, masalah di sistem sebelumnya bisa diselesaikan dengan lebih baik.

Sekali lagi, pastikan untuk memperhatikan kapasitas memori internal masing-masing HP. Biasanya update ini tidak bisa dilakukan jika storage sudah penuh. Jadi jangan hanya update terus menerus tapi juga harus memastikan apakah RAM-nya masih cukup.

Menghapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang muncul di PlayStore, seringkali membuat pengguna Android tergiur untuk menginstalnya. Anda juga tidak boleh bertindak seperti ini, karena menggunakan apk yang tidak digunakan hanya akan membuat memori penyimpanan semakin penuh.

Ruang penyimpanan ponsel Anda bisa tersita karena aplikasi yang belum tentu digunakan. Belum lagi jumlah cache apk. Hal ini membuat kinerja ponsel Android akan menurun dan menyebabkan sering terjadi kelambatan. Demikianlah ulasan tentang tips mengatasi hp android lemot semoga bermanfaat.

Baca Juga: berita terkini

Sumber: Wartaoce.com

Leave a Reply