Lee Lucky

Computer Software

Posted: September 30th 2012

Computer Software

Sistem Perangkat Lunak ( System Software ) adalah perangkat lunak yang mengontrol dan mendukung kegiatan sistem komputer, aplikasi perangkat lunak dengan mengarahkan fungsi dasar komputer, dan memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging. Sistem perangkat lunak ini bersifat independen dari setiap jenis aplikasinya.

Sistem Operasi merupakan program sistem kontrol utama yang mengawasi keseluruhan oprasi komputer, mengalokasikan waktu CPU dan memori utama untuk program yang berjalan pada komputer, dan menyediakan antarmuka antara pengguna dan perangkat keras.

Sistem Operasi service:

1. Process Management, mengelola program pada prosesor. Jenis pengelolaan Sistem Operasi:

  • Multitasking atau multiprogramming, mengelola dua atau lebih tugas / program yang berjalan pada sistem komputer pada saat yang sama
  • Multireading, jenis dari multitasking yang menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan.
  • Timesharing, banyak pengguna berbagi CPU yang sama, masing-masing menggunakan terminal input/output yang berbeda.
  • Multiprocessing, pengolahan simultan dengan beberapa CPU

2. Virtual memory, mensimulasikan lebih memori utama daripada memori yang ada didalam sistem komputer

3. Manajemen file dan keamanan, mengelola pengaturan,dan akses.

4. Fault Tolerance, sistem dapat menghasilkan hasil yang benar dan terus beroprasi bahkan dihadapan kesalahan atau eror.

5. User Interface, memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrl langsung dari objek yang terlihat /icon dan tindakan yang mengganti sintaks perintah yang kompleks.

Aplikasi Software

Program yang melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna.

Jenis Software Aplikasi:

  • Proprietary Aplication software, alamat kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik bagi perusahaan
  • Off-the-shelf application software, Penjual program yang dikembangkan, dijual ke banyak organisasi mungkin paket standar atau disesuaikan kebutuhan pengguna.

Software Issues

Software evaluasi dan seleksi

Seleksi faktor

  • Size and location of the user base
  • System administration tools
  • Initial and subsequent costs
  • Current and future system capabilities
  • Existing computing environment
  • In-house technical skills

Software Licensing

  • Copyright / Hak Cipta , hak hukup eksklusif untuk mereproduksi, mempublikasikan, dan menjual perangkat lunak.
  • Licenses , Izin yang diberikan dibawah hukum untuk terlibat dalam kegiatan lain yang melanggar hukum.

Software Upgrade

  • Beresiko bahwa perangkat lunak revisi mungkin mengandung bug
  • Upgrade dalam sebuah organisasi besar merupakan tanggung jawab utama, sehingga harus menilai manfaat dari sistem baru.

Open System

  • Memberdayakan desainer untuk memilih perangkat keras komputer terbaik, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasi tanpa kekhawatiran kompatibilitas.

Open Source Software

  • Kode software yang ditawarkan secara bebas kepada pengembang.

Generasi Bahasa Pemograman:

1. Machine Language (first generation of programming languages)

2. Assembly Language (second generation of programming languages),

3. Procedural Languages (third generation languages)

4. Nonprocedural Language (fourth generation languages)

5. Natural Language Programming Languages (fifth generation (intelligent) languages)

Bahasa Pemograman yang sekarang digunakan:

  • Visual Programming Languages

Digunakan dalam lingkungan grafis, serta populer digunakan pengguna non teknis.

  • Hypertext Markup Language (HTML)

Standar bahasa yang digunakan dalam World Wide Web (WWW), berisi teks, gambar, dan jenis-jenis informasi seperti file data, audio, video, dan program komputer yang dieksekusi.

  • Extensible Markup Language (XML)

Peningkatan pada fungsi dokumen didalam web.

  • Component-ware

Software komponen yang dapat dirakit oleh pengembang yang diperlukan. “Plug and Play” pengembangan perangkat lunak

  • Virtual Reality Modeling Language (VRML)

Format file untuk menggambarkan tiga dimensi dunia interaktif dan benda-benda dapat digunakan dengan World Wide Web

  • Object-Oriented Programming Languages (OOP)

Berdasarkan pada objek , data kemasan dan instruksi tentang apa yang harus dilakukan dengan data bersama-sama
Unified Modeling Language (UML) – alat untuk pemodelan sistem berorientasi objek


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php