Lee Lucky

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Posted: September 23rd 2012

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Infrastruktur dari informasi:

Fasilitas, layanan, dan pengelolaan yang mendukung  semua sumber daya komputasi di sebuah perusahaan
  • Perangkat keras komputer
  • Perangkat lunak
  • Fasilitas komunikasi dan jaringan
  • Basis data
  • Information management personnel

Konsep Dasar:

  • Infrastructure, mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan dari sumber daya komputasi serta bagaimana sumber daya komputasi diatur, dioperasikan dan dikelola.
  • Architecture, memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan yang direncanakan, dan aplikasi perangkat lunak. Memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan.

Sistem Informasi (SI)

Menurut Turban & Rainer (2003) Sistem infomasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk  tujuan yg spesifik.
Gambaran Umum:
  • Transaction Processing System
Mengotomatisasi transaksi bisinis harian
Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data transaksi bisnis
Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya
Cukup kompleks , rumit
Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini
  • Management Information System
Mendukung keputusan yang di ambil secara rutin
Mengakses, menata, merangkum, dan menampilkan informasi.
Menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan di antisipasi
Menjawab permintaan dan perkiraan tren
  • Office Automatic System
Semacam sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor/administrasi
  • Decision Support System
Mendukung pengambil keputusan yang bersifat komplek, non-routine dan manajerial.
Executive Information Systems – Mendukung pekerjaan dari Higher-level managers
Group Support Systems –  Mendukung pekerjaan dari orang orang yang bekerja dalam kelompok
  • Intelligent Support System
Termasuk didalamnya sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa (non-experts), dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan di masa lalu
  • End- User Computing
Penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh  pengguna utama dari output sebuah sistem seperti analis, manager, atau profesional lainnya
  • Knowledge Management System
Mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan perusahaan
  • Data Warehouse
data warehouse adalah basis data yang di rancang untuk mendukung DSS, ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data.
  • Mobile Computing

Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis di luar area fisik perusahaan. Menggunakan teknologi jaringan wireless

Sistem Informasi di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan,
  • Berdasarkan fungsionalitas dari departemen
  • Sering dalam bentuk hirarki
  • Mungkin berdasarkan projek atau dalam bentuk struktur matrik
Dua klasifikasi Sistem Informasi yang paling umum:
  1. Classification by breath of support
  2. Classification by organizational level
Sistem informasi juga bisa bersifat inter-organizational: Menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan umum atau kebutuhan bisnis, Penting dalam menfasilitasi e-commerce.
Dukungan SI yang dibutuhkan tergantung peran dari pengguna di dalam perusahaan.
  • Top manager ,membuat keputusan strategis
  • Middle managers ,membuat keputusan taktis
  • Line managers  ,membuat keputusan operasional
  • Knowledge workers ,membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
  • Pekerja administrasi ,menggunakan dan memanipulasi informasi

Sumber daya (Resources) sangatlah mahal sehingga dibutuhkan manajemen yang tepat,

Information resources mencakup banyak hal di antaranya
  • Hardware (computers, servers, other devices)
  • Software (development tools, languages, applications)
  • Databases
  • Networks (local area, wide area, Internet, intranet)
  • Procedures
  • Physical buildings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php