Menurut Turban & Rainer (2003) Sistem infomasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yg spesifik.
- Transaction Processing System
Mengotomatisasi transaksi bisinis harian
Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data transaksi bisnis
Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya
Cukup kompleks , rumit
Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini
- Management Information System
Mendukung keputusan yang di ambil secara rutin
Mengakses, menata, merangkum, dan menampilkan informasi.
Menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan di antisipasi
Menjawab permintaan dan perkiraan tren
Semacam sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor/administrasi
Mendukung pengambil keputusan yang bersifat komplek, non-routine dan manajerial.
Executive Information Systems – Mendukung pekerjaan dari Higher-level managers
Group Support Systems – Mendukung pekerjaan dari orang orang yang bekerja dalam kelompok
- Intelligent Support System
Termasuk didalamnya sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa (non-experts), dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan di masa lalu
Penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh pengguna utama dari output sebuah sistem seperti analis, manager, atau profesional lainnya
- Knowledge Management System
Mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan perusahaan
data warehouse adalah basis data yang di rancang untuk mendukung DSS, ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data.
Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis di luar area fisik perusahaan. Menggunakan teknologi jaringan wireless
Sistem Informasi di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan,
- Berdasarkan fungsionalitas dari departemen
- Sering dalam bentuk hirarki
- Mungkin berdasarkan projek atau dalam bentuk struktur matrik
Dua klasifikasi Sistem Informasi yang paling umum:
- Classification by breath of support
- Classification by organizational level
Sistem informasi juga bisa bersifat inter-organizational: Menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan umum atau kebutuhan bisnis, Penting dalam menfasilitasi e-commerce.
Dukungan SI yang dibutuhkan tergantung peran dari pengguna di dalam perusahaan.
- Top manager ,membuat keputusan strategis
- Middle managers ,membuat keputusan taktis
- Line managers ,membuat keputusan operasional
- Knowledge workers ,membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
- Pekerja administrasi ,menggunakan dan memanipulasi informasi
Sumber daya (Resources) sangatlah mahal sehingga dibutuhkan manajemen yang tepat,
Information resources mencakup banyak hal di antaranya
- Hardware (computers, servers, other devices)
- Software (development tools, languages, applications)
- Databases
- Networks (local area, wide area, Internet, intranet)
- Procedures
- Physical buildings